Mie Ongklok Instan

Jangan Lupa Membawa 8 Oleh-Oleh Khas Wonosobo Ini Pulang!

Pencinta alam pasti sudah tidak asing dengan Kabupaten Wonosobo. Yup, Wonosobo merupakan rumah dari Dataran Tinggi Dieng, kawasan yang menawarkan pemandangan pegunungan hijau nan memanjakan mata dan sejarah yang kaya.

Wonosobo memang destinasi liburan yang cocok bagi siapa pun yang ingin melepaskan penat. Dengan suasana yang asri dan udara yang sejuk, Wonosobo dapat memberimu sensasi healing dan membuat otak segar kembali!

Tertarik untuk lebih mengenal Wonosobo? Yuk, cari tahu sekilas mengenai kabupaten ini, dan kulik juga daftar oleh-oleh yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung!

Sekilas Mengenai Wonosobo

Sekilas Mengenai Wonosobo

Foto: Pintulangit_skyview via Instagram

Memiliki julukan Kota di Atas Awan, Wonosobo adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terletak pada ketinggian 250 mdpl.

Berkat letaknya yang berada di dataran tinggi, kabut yang menyerupai awan pun menyelimuti sebagian besar daerah Wonosobo, dan dari sinilah Wonosobo memperoleh julukannya.

Sebagian besar area Wonosobo meliputi pegunungan dan perbukitan, jadi kamu dapat melihat panorama spektakuler ke mana pun kamu memandang. Selain itu, udaranya juga cenderung dingin dibandingkan dengan kota-kota Jawa Tengah lainnya.

Selain Dataran Tinggi Dieng—yang cocok dijadikan spot sunrise—Wonosobo juga menawarkan berbagai destinasi wisata lain yang tak kalah menarik, seperti Kebun Teh Tambi yang hijau, berbagai curug yang menenteramkan, serta Bukit Mbeser dan sajian gemerlap lampu kotanya.

Baca Juga: Jangan Lupa, 20 Oleh-Oleh Khas Indonesia untuk Orang Asing dan Wisatawan Mancanegara

Bobocabin Bobobox

8 Oleh-Oleh Khas Wonosobo

Nah, tentunya sekarang Wonosobo sudah masuk ke dalam bucket list wisata milikmu, dong. Saat mampir nanti, jangan lupa membawa oleh-oleh untuk teman-teman dan keluarga, supaya kenangan liburan terasa semakin hangat.

Berikut delapan rekomendasi oleh-oleh khas Wonosobo yang tak boleh kamu lewatkan:

1. Buah Carica

Buah Carica

Foto: yayimage via pngtree.com

Carica mungkin masih asing di telinga banyak orang. Pasalnya, buah ini merupakan buah khas Wonosobo yang jarang bisa ditemukan di tempat lain.

Buah carica adalah jenis buah yang bentuknya mirip pepaya, tapi dengan ukuran yang lebih kecil. Banyak orang menyebutnya pepaya gunung atau pepaya dieng karena sering ditemukan di Dataran Tinggi Dieng.

Buah berwarna kuning ini memiliki rasa manis yang menggugah selera. Umumnya, buah carica dijual dalam bentuk manisan yang lezat dinikmati dalam keadaan dingin.

2. Kacang Dieng

Oleh-oleh selanjutnya masih banyak dapat kamu temukan di Dataran Tinggi Dieng, nih! Kacang dieng adalah salah satu jenis kacang yang juga tumbuh di sekitar area tersebut.

Berbeda dengan jenis kacang lainnya, kacang dieng memiliki ukuran yang lebih besar. Camilan gurih ini juga dikemas dengan praktis dan cocok untuk dilahap di mana saja.

3. Mie Ongklok Instan

Mie Ongklok Instan

Foto: Tantri Setyorini via cookpad.com

 

Kalau kuliner yang satu ini, jangan sampai kelewatan saat kamu liburan di Wonosobo. Mie ongklok mendapat namanya dari alat masak yang digunakan dalam proses merebus mie, yaitu ongklok, semacam keranjang anyaman bambu kecil yang berfungsi untuk menaruh mie.

Mie rebus khas Wonosobo ini memiliki bahan dasar kol, daun kucai, serta kuah kental berkanji atau loh. Menu pendampingnya yang populer biasanya meliputi sate sapi, tempe kemul, serta keripik tahu.

Bagi kamu yang ketagihan dan ingin membawa mie ongklok pulang tanpa takut basi, kamu bisa membeli mie ongklok instan yang banyak dijual di toko oleh-oleh, lho. Dengan demikian, kamu juga bisa memberikan kehangatan mie rebus spesial ini kepada orang-orang terdekat.

Baca Juga: 15 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Paling Terkenal

4. Tempe Kemul

Oleh-oleh selanjutnya yang tak boleh kamu lewatkan adalah tempe kemul. Meski berbentuk mirip dengan tempe mendoan, ternyata keduanya memiliki cara pembuatan yang berbeda.

Tempe kemul memiliki lapisan tepung yang lebih tipis seperti selimut atau kemul, memberikan tekstur renyah seperti rempeyek. Tak hanya itu, tambahan daun kucai dalam adonan tepung juga memberikan cita rasa tambahan yang membuat nagih.

Kamu dapat mendapatkan tempe ini di berbagai pusat oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp1.000 per buah.

5. Keripik Jamur

Penggemar camilan gurih wajib coba! Wonosobo menawarkan keripik jamur yang terbuat dari berbagai jenis jamur, mulai dari jamur kancing, jamur kuping, hingga jenis lainnya.

Setiap jamur memiliki rasa yang berbeda dan pastinya bikin nagih. Terlebih lagi, keripik jamur dapat dengan mudah kamu konsumsi di mana saja. Soal harga, kamu hanya perlu membayar sekitar Rp10.000–50.000 per bungkus tergantung pada jenisnya.

6. Kue Pepe

Kue Pepe

Foto: House of Talam via pinterest.com

Mungkin kamu sudah familier dengan kue lapis sagu atau kue pepe, tapi rupanya kue pepe Wonosobo berbeda dengan kue lapis asal Jakarta.

Kue pepe Wonosobo memiliki bahan yang lebih sederhana, dengan variasi warna yang lebih warna-warni. Kamu dapat menemukan kue pepe berwarna hijau, merah, putih, cokelat, dan masih banyak lagi.

Dengan tekstur yang legit dan rasa yang manis, kue pepe enak dinikmati sebagai kudapan sore hari. Kamu dapat menemukannya di berbagai pasar tradisional dan pedagang dengan harga mulai dari Rp1.500 saja.

Baca Juga: 25 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Solo yang Tahan Lama dan Wajib Dicoba

7. Geblek

Kalau di Jawa Barat kamu dapat menemukan cireng, di Wonosobo kamu dapat menemukan geblek. Gorengan ini memiliki tekstur kenyal yang sama, tapi dilengkapi dengan daun kucai yang memberinya aroma khas. Tentunya tambah nikmat dengan saus kacang.

Karena enak dikonsumsi saat panas, sebaiknya kamu membeli geblek dalam bentuk frozen food sebagai oleh-oleh. Tiap bungkusnya dibanderol dengan harga Rp25.000 saja, lengkap dengan sausnya.

8. Teh Tambi

Teh Tambi

Foto: jadesta.kemenparekraf.go.id

Cocok untuk para pencinta teh, teh tambi adalah teh khas Wonosobo yang tanamannya tumbuh di ketinggian 1.400 mdpl.

Terdapat beberapa jenis teh yang dapat kamu pilih, seperti teh hijau, teh hitam, atau teh putih. Semuanya menawarkan cita rasa yang berbeda, tapi dengan aroma yang sama sedapnya.

Harga tiap bungkusnya bervariasi, mulai dari Rp10.000–95.000 tergantung pada jenis dan ukuran kemasan.

Nikmati Asrinya Pegunungan Prau di Bobocabin Dieng

Serunya Vibe Luxurious Camping Dieng bersama Bobocabin

Menginap di tengah alam kini tak lagi harus repot. Kamu dapat menikmati kecantikan dan sejuknya udara pegunungan dengan mudah di Bobocabin Dieng.

Berbekal konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin siap menemani tidurmu di tengah asrinya alam dengan cita rasa modern.

Kabin-kabin yang tersedia sudah dilengkapi fasilitas khas Bobocabin, seperti Smart Window dan B-Pad. Tersedia pula fasilitas campfire, BBQ, dan Wi-Fi untuk menunjang pengalaman menginapmu.

Tunggu apa lagi? Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

 

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: Tantri Setyorini via cookpad.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles