Cara ke Mojokerto dari Semarang, Harga dan Jadwal Tiket

Cara ke Mojokerto dari Semarang, Harga, dan Jadwal Tiket

Mau liburan tapi males kena macet? Atau ogah ngantri demi bisa duduk manis bareng orang tersayang, ditemani oleh secangkir kopi di kedai viral? Kalau gitu, jangan pilih kota-kota besar, Sahabat Bob! Saatnya jelajahi kota lain di Indonesia yang sama-sama kaya akan tempat wisata atau kulinernya, seperti kota Mojokerto.

Terkenal sebagai Kota Onde-Onde, Mojokerto menawarkan sejarah dan keindahan alam yang memukau. Belum lagi kulinernya yang siap menggoyang lidah para foodie!

Nah, bagi Sahabat Bob yang berdomisili di Semarang dan ingin tahu bagaimana cara ke Mojokerto dari Semarang, ada nih panduan transportasi yang bisa kamu ikuti. Baca sampe akhir untuk tips selengkapnya!

Keindahan dan Sejarah Singkat Mojokerto

Air Terjun Watu Lumpang mojokerto

Photo: https://sinyoureh.blogspot.com/

Sudah tidak diragukan lagi, Mojokerto adalah salah satu kota di Indonesia yang populer akan keelokan alamnya. Terletak di Jawa Timur, kota kecil ini dianugerahi oleh perbukitan hijau dan wisata air terjun yang terkenal di seluruh Pulau Jawa. Beberapa yang wajib kamu kunjungi adalah Air Terjun Dlundung, Air Terjun Duyung Trawas, Air Terjun Watu Lumpang, dan Air Terjun Tunjung Biru. 

Tidak hanya tersohor akan panoramanya yang memesona, Mojokerto juga lahir dari sejarah yang mendalam. Kota ini terkait dengan era Majapahit. Sejarahnya bahkan bisa ditelusuri sampai masa keemasan Raja Ketiga saat itu, Tribhuwana Tunggadewi yang berkuasa dari 1328-1350 M.

Banyak peninggalan sejarah dari masa itu, seperti Candi Bajang Ratu yang menjadi saksi bisu kemegahan masa lalu atau Museum Trowulan yang menggambarkan kejayaan peradaban Jawa tempo dulu.

Jenis Transportasi dari Semarang ke Mojokerto: Mana yang Paling Nyaman?

Cara ke Mojokerto dari Semarang

Photo: Google Maps

Bagaimana cara ke Mojokerto dari Semarang? Ada banyak jenis transportasi yang bisa kamu pilih, seperti bus, travel, kereta api, dan kendaraan pribadi. Yuk, kita telusuri mana yang paling nyaman dipakai untuk solo travel, bareng teman, atau keluarga!

1. Bus

bus rosalia indah Cara ke Mojokerto dari Semarang

Photo: Kompas.com

Ini dia cara ke Mojokerto dari Semarang yang pertama, yakni dengan memilih bus. Ini merupakan pilihan yang cocok bagi kamu yang ingin menyaksikan indahnya panorama Jawa Timur. Jarak tempuh dari Semarang ke Mojokerto menggunakan bus kurang lebih 300 km, atau sekitar 6-7 jam.

Baca juga: 20 Tempat Wisata di Mojokerto yang Lagi Hits Tahun 2023

Rute Bus dari Semarang ke Mojokerto

Rute bus dari semarang ke Mojokerto beragam, tergantung area keberangkatan yang dipilih. Berikut penjelasannya:

  • Rute Utara
    Perjalanan dimulai dari Terminal Terboyo atau Penggaron, melewati daerah-daerah dengan pemandangan indah seperti Demak dan Pati, kemudian melewati jalan raya besar Tuban, Lamongan, dan Gresik. Rute ini merupakan jalur yang paling populer.
  • Rute Selatan
    Butuh rute dengan keberangkatan terbanyak? Rute selatan jawabannya! Rute bus ke Mojokerto ini melewati Solo, Ngawi, Madiun, dan Jombang sebelum akhirnya sampai di Mojokerto.
  • Rute Lintas Tengah
    Rute lintas tengah melalui jalan Jawa Timur yang lebih sejuk, seperti Kudus, Bojonegoro, dan Nganjuk. Sayangnya, belum banyak perusahaan bus yang menggunakan jalur ini
  • Rute Lintas Timur
    Untuk rute lintas timur bisa berangkat dari Terminal Terboyo. Rute ini melintasi Pati, Blora, dan Ngawi. Sama seperti rute Utara dan Selatan, jalurnya banyak dipilih karena melewati pemandangan alam Jawa Timur yang hijau dan lapang.

Harga Tiket Bus dan Jadwal Keberangkatan

bus rosalia indah

Photo: jadwalbis.com

Enggak usah khawatir dompet kebobolan, harga tiket bus dari Semarang ke Mojokerto tidak semahal yang kamu pikir! Cuma dengan merogoh kocek mulai dari Rp150.000 saja, kamu sudah bisa memilih bus ber-AC dengan kursi jenis 2-2 yang nyaman.

Soal jadwal keberangkatan, kamu bisa memilih jam subuh mulai dari 05.00 WIB atau malam hari pada pukul 01.00 WIB.

Adapun jadwal keberangkatan bus Semarang – Mojokerto adalah sebagai berikut:

  • Bus Rosalia Indah
    05.00 WIB
    07.00 WIB
    08.00 WIB
    09.00 WIB
    19.30 WIB
    21.00 WIB
    20.30 WIB
  • Bus Sugeng Rahayu Cepat
    05.00 WIB
    07.25 WIB
    18.50 WIB
    15.00 WIB
    18.00 WIB
    19.30 WIB
    20.25 WIB
    22.00 WIB

Perlu diketahui, untuk jadwal keberangkatan bus perusahaan bisa berganti setiap saat, tergantung kedatangan dan kepergian. Pastikan kamu sudah menghubungi perusahaan bus atau terminal sebelum booking tiket, ya!

  1. Travel
Cara ke Mojokerto dari Semarang naik mobil travel

Photo: mitratrans.co.id

Jenis transportasi travel memang sedikit lebih mahal dibanding bus, ini karena kualitas kendaraannya sesuai dengan harga. Sahabat Bob bisa beristirahat dengan nyaman di kursi empuk sambil menikmati pemandangan sekitar. Jumlah orang di dalam travel pun cenderung lebih sedikit, memberikan privasi dan kesunyian bagi kamu para introvert.

Rute dan Harga Tiket Travel Semarang ke Mojokerto 

Tidak cuma kualitas mobil travel yang lebih nyaman, kamu juga tidak perlu pergi ke terminal bis tertentu untuk keberangkatan. Beberapa perusahaan travel memiliki pool lebih banyak dan tersebar di seluruh Semarang, dengan rute perjalanan yang umumnya melintasi Surabaya. 

Harga tiket travel dari Semarang ke Mojokerto adalah sekitar Rp200.000 – Rp400.000, tergantung jenis travel dan perusahaan travel yang kamu pilih.

3. Kereta

kereta mojokerto semarang - Cara ke Mojokerto dari Semarang

Photo Wanda Fathoni Putra via Flickr

Sampai di Mojokerto lebih awal dengan menggunakan kereta! Ini pilihan paling cocok untuk keluarga besar karena kursi yang lebih banyak dan level kenyamanan beragam, mulai dari ekonomi, bisnis, sampai first class!

Waktu tempuh dari Semarang ke Mojokerto pakai kereta adalah 5-6 jam, satu jam lebih awal dibanding moda transportasi lainnya. 

Baca juga: Liburan 24 Jam di Pacet Mojokerto, Cocok buat Healing!

Rute Kereta Semarang ke Mojokerto

Rute kereta dari Semarang ke Mojokerto tidak berbeda dari jenis transportasi lainnya, yaitu melewati Surabaya, dengan jarak tempuh sekitar 306 km. Siap-siap menyaksikan panorama indah di sisi kanan atau kiri karena rel keretanya terbentang memotong pegunungan, sawah, dan kebun hijau!

Stasiun yang melayani rute ini adalah Stasiun Semarangtawang (SMT), salah satu stasiun terbesar di Semarang tipe A yang berada di Tanjung Mas.

Harga Tiket Kereta Semarang Mojokerto dan Jadwal Keberangkatannya

Harga tiket kereta Semarang Mojokerto berkisar di Rp200.000 – Rp400.000.

Sementara itu, jadwal tiket kereta Semarang Mojokerto dimulai pada jam 01.21 WIB dan jadwal terakhir pada 21.43 WIB.

Untuk lebih jelas, berikut adalah jadwal keberangkatan kereta Semarang – Mojokerto:

  • Kereta Harina: 01.21 WIB
  • Kereta Matarmaja: 17:52 WIB
  • Kereta Bangunkarta: 21.43 WIB

Liburan di Mojokerto Lebih Memorable Bersama Bobobox

Bobocabin Pacet, Mojokerto (1)

Apapun moda transportasinya, pastikan pilih yang terbaik dari sisi kenyamanan, jarak tempuh, harga, dan fasilitas yang ditawarkan.

Tidak usah khawatir capai di jalan, karena Bobocabin Pacet siap menyambut kamu dengan akomodasi nyaman dan fasilitas penginapan terbaik! Dijamin, tujuh jam di perjalanan tidak akan terasa begitu kamu beristirahat di Bobocabin.

Tunggu apa lagi? Download aplikasi Bobobox dan booking cabin pilihanmu sebelum kehabisan!

 

Penulis: Samala Mahadi

Foto header: Gema Media

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles