oleh oleh khas solo yang tahan lama

25 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Solo yang Tahan Lama dan Wajib Dicoba

Surakarta atau yang dikenal dengan Solo merupakan salah satu kota di Indonesia yang kaya akan budaya dan sejarah. Tidak hanya itu, Solo juga punya berbagai macam oleh-oleh khas yang wajib kamu coba. Dijamin cocok untuk diberikan kepada keluarga atau kolega!

Dalam ulasan ini, Bob akan kasih kamu rekomendasi oleh-oleh khas Solo yang tahan lama, terjangkau, dan pastinya wajib kamu coba. Simak selengkapnya di ulasan berikut ini, ya!

25 Oleh-Oleh Khas Solo yang Tahan Lama

1. Mata Maling

Mata Maling

Sumber: ichang via Cookpad

Terbuat dari kulit melinjo, mata maling merupakan salah satu camilan keripik khas Solo. Bagian luar yang lembut dengan rasa yang gurih cocok untuk kamu jadikan sebagai oleh-oleh. Kamu bisa membeli kudapan ini dengan harga mulai dari Rp12.000-an saja, lho!

2. Batik Solo

Batik Solo

Sumber: Ria Batik Solo Indonesia via Gmaps

Oleh-oleh khas Solo lainnya yang wajib kamu beli adalah batik. Desain dari pakaian batik ini menggunakan motif batik keraton sehingga tampilannya jadi elegan dan indah. 

Kamu bisa menemukan batik Solo di berbagai pusat oleh-oleh. Harganya bervariasi mulai dari Rp50.000-an.

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Rambak Petis

Rambak Petis

Sumber: E. Dewi Ambarwati via Shutterstock

Rambak petis adalah oleh-oleh khas Solo berikutnya. Makanan ini merupakan kerupuk yang terbuat dari kulit sapi. Tekstur renyah dan rasa gurih dari rambak petis membuatnya cocok dijadikan camilan dan oleh-oleh.

4. Solo Prabu

Solo Prabu

Sumber: Soloprabu via Shopee

Jika kamu mencari oleh-oleh yang lezat dan kekinian, Solo Prabu bisa kamu lirik. Toko  oleh-oleh satu ini dibuka oleh atlet bola basket, Febri Utomo. Tempat ini menjajakan berbagai macam kue seperti kue red velvet, donat kentang, dan masih banyak lagi.

5. Ampyang

Ampyang

Sumber: Yessi Frenda via Shutterstock

Manis, gurih, dan awet, ampyang adalah salah satu oleh-oleh khas Solo dan Magelang yang harus kamu coba. Berbahan dasar kacang tanah, ampyang merupakan kudapan berbentuk lembaran dengan tekstur yang keras. 

Selain itu, rasa manis ampyang juga didapat dari gula merah dan jahe yang dicampurkan ke kacang.

6. Pukis Badran

Pukis Badran

Sumber: pukisbadran.com

Salah satu oleh-oleh atau jajanan khas Solo yang populer sejak dulu adalah pukis. Salah satu tempat menemukan pukis lezat dengan berbagai macam varian ada di Pukis Badran.

Kamu bisa memilih pukis dengan cita rasa modern seperti rasa meses, cappuccino, tiramisu, kacang, gula aren, hingga yang asin seperti abon sapi dan daging sapi. Harganya juga terjangkau, mulai dari Rp15.000 saja!

7. Barang Antik

Barang Antik

Sumber: Pariwisata Kota Surakarta

Pilihan oleh-oleh khas Solo lainnya adalah barang antik. Bagi kamu yang suka dengan benda bergaya vintage, ini adalah pilihan yang cocok. Barang antik bisa kamu temukan di Pasar Triwindu Ngarsopuro. 

Pasar tersebut berlokasi di Jl. Diponegoro, Keprabon, Surakarta. Kamu bisa menemukan berbagai benda seperti topeng, patung, lampu hias, hingga radio.

8. Solo Floss Roll

Solo Floss Roll

Sumber: Soloflossroll via Shopee

Rekomendasi oleh-oleh khas Solo lainnya adalah Solo Floss Roll. Seperti namanya, makanan ini merupakan modifikasi roti abon yang kekinian. 

Berbeda dari roti abon biasa, Solo Floss Roll merupakan roti gulung dengan isian abon. Harganya juga cukup terjangkau sekitar Rp53.000–62.000-an saja!

9. Brem

Brem

Sumber: Ika Rahma via Freepik

Brem sebenarnya merupakan makanan khas dari Madiun, tapi kamu juga bisa banyak menemukannya di Solo. 

Berbentuk lempengan, brem merupakan makan yang diolah dari ketan hitam fermentasi. Makanan ini memiliki tekstur padat tapi ketika disantap akan langsung meleleh di mulut.

10. Kremes Ayam Malioboro

Kremes Ayam Malioboro

Sumber: Kremesan Ayam Malioboro via Instagram

Meskipun namanya Malioboro, gerai ayam goreng satu ini berada di Solo, lho! Kremesan ayam juga merupakan salah satu rekomendasi oleh-oleh yang banyak dibeli. Makanan ini terbuat dari air kaldu ayam kampung yang lezat dan dicampur dengan rempah. Dijamin nagih!

11. Klengkam Solo

Klengkam Solo

Sumber: Wike Wulandari via Cookpad

Berbahan dasar kentang, klengkam solo bisa jadi opsi oleh-oleh bagi kamu yang sedang berkunjung ke Solo.

Klengkam solo biasanya merupakan lauk pelengkap di nasi kuning. Dengan tekstur yang garing dan lembut, kudapan ini memiliki rasa pedas manis yang sedap. Tidak heran, makanan satu ini sangat populer sebagai oleh-oleh.

12. Serundeng

Serundeng

Sumber: Tyas Indayanti via iStock

Mirip dengan abon, serundeng merupakan produk olahan kelapa yang dicampur dengan rempah. Biasanya, serundeng digoreng dan dimakan sebagai pelengkap. Karena cita rasanya lezat, serundeng juga sering dibeli sebagai oleh-oleh khas Solo.

13. Emping Melinjo

Emping Melinjo

Sumber: Oen Michael via Shutterstock

Rekomendasi oleh-oleh lain yang bisa kamu temukan di Solo adalah emping melinjo. Seperti namanya, makanan ini berbahan dasar dari melinjo. Tekstur dari emping ini garing dengan cita rasa gurih dan agak pahit.

14. Abon Mesran

Abon Mesran

Sumber: Ika Rahma via Shutterstock

Kuliner khas Solo satu ini tentu tidak boleh kamu lewatkan. Selain enak rasanya, abon mesran juga nikmat dinikmati sebagai pelengkap makanan. Nama “Mesran” berasal dari pemiliknya, Mesran Mistopawiro. Kamu bisa membeli dua macam varian abon, yaitu abon sapi dan ayam. 

15. Rengginang

Rengginang

Sumber: Ika Rahma via Shutterstock

Rengginang adalah salah satu kudapan yang banyak dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Solo. Camilan ini berbentuk seperti kerupuk dan terbuat dari beras ketan yang dikeringkan.

16. Intip Solo

Intip Solo

Sumber: Eka Fitriani via Tribunsolo

Mirip dengan rengginang, intip merupakan camilan yang terbuat dari kerak nasi yang dikeringkan kemudian digoreng. Oleh-oleh khas Solo memiliki dua varian, yaitu polos dan manis disiram gula jawa. Harganya juga terjangkau, yaitu Rp25.000-an saja.

17. Solo Pluffy

Solo Pluffy

Sumber: @solopluffy via Instagram

Rekomendasi oleh-oleh dari Solo tidak melulu harus santapan tradisional. Solo Pluffy adalah salah satu contoh buah tangan khas Solo yang kekinian. 

Dirintis oleh selebriti Jessica Mila, Solo Pluffy menyediakan berbagai macam kue seperti red velvet, kue keju, cokelat, dan masih banyak lagi. Kamu bisa membeli kue-kue ini dengan harga mulai dari Rp58.000-an.

18. Balung Kethek

Balung Kethek

Sumber: Ummu Aqim via Cookpad

Oleh-oleh satu ini punya nama yang berarti “tulang monyet”, tapi jangan khawatir, karena ini bukan tulang monyet sungguhan. Balung kethek merupakan camilan yang berasal dari singkong, memiliki tekstur keras, dan bentuk yang memanjang. 

Balung kethek disebut sebagai tulang monyet karena keras bagai tulang dan membuatmu meringis saat memakannya, layaknya monyet.

19. Roti Kecik Ganep

Roti Kecik Ganep

Sumber: Salsa Wisata

Terbuat dari beras ketan, roti kecik adalah salah satu jajanan legendaris Solo yang banyak dijadikan oleh-oleh. Berbeda dengan roti biasanya, roti kecik memiliki tekstur keras dan rasa manis sehingga awet.

20. Serbat Jahe

Serbat Jahe

Sumber: Ika Dianawati via Shutterstock

Ketika badan gusar dan cuaca dingin, meminum minuman hangat rasanya nikmat sekali. Kalau kamu setuju, maka serbat jahe adalah oleh-oleh khas Solo yang cocok untukmu. Terbuat dari racikan rempah dan jahe, serbat jahe dapat kamu konsumsi dengan cara diseduh.

21. Kue Mandarijn Solo

Kue Mandarijn Solo

Sumber: @boladeli via Cookpad

Rekomendasi oleh-oleh khas Solo lainnya adalah kue mandarijn. Kue satu ini memiliki karakteristik layaknya kue bolu lapis atau spiku, mirip kue lapis Surabaya. 

Kamu bisa memilih antara beberapa varian seperti orisinal, spesial, dan kismis. Harganya bervariasi tergantung ukuran loyang, sekitar Rp95.000–220.000-an.

22. Bakpia Balong

Bakpia Balong

Sumber: Bakpia Balong Solo via Instagram

Bakpia balong adalah salah satu camilan yang populer dan banyak dijadikan oleh-oleh. Berbeda dengan bakpia biasa, ukuran bakpia balong sedikit lebih besar dengan varian rasa yang beragam. Kamu bisa memilih antara cokelat, kacang merah, keju, hingga isian daging.

23. Blangkon

Blangkon

Sumber: Dheni P. Hadi via Shutterstock

Solo merupakan kota dengan nilai budaya dan sejarah yang kental. Oleh sebab itu, tidak jarang ada orang-orang yang menjual pakaian adat Solo sebagai oleh-oleh.

Jika kamu tertarik, kamu bisa membeli blangkon ini untuk dibawa pulang, lho! Untuk wanita, biasanya kamu juga bisa membeli baju kebaya yang cantik. Unik sekali, ya!

24. Kerupuk Karak

Kerupuk Karak

Sumber: Dinda Rizky Tan via Cookpad

Yang satu ini cukup mirip dengan intip dan rengginang. Kerupuk karak terbuat dari nasi yang sudah dibumbui. Nasi tersebut lalu ditumbuk hingga tipis dan dijemur hingga kering. Rasanya gurih dan lezat!

25. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman

Sumber: solonyaman via Instagram

Jalan-jalan ke Solo tentu belum lengkap tanpa mencicipi hidangan satu ini. Serabi merupakan salah satu kuliner terkenal di Solo dan populer hingga ke luar daerah. Salah satu yang terkenal adalah serabi Notosuman. Kamu bisa memilih antara dua varian, orisinal dan coklat.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Solo yang tahan lama dan wajib dicoba. Semoga ulasan ini bisa memberimu ide saat akan membeli oleh-oleh di Solo, ya!

Jadikan Bobobox Sahabat Perjalananmu

bobobox

Jalan-jalan ke Solo memang mengasyikkan. Namun, tentunya petualangan serumu perlu dibarengi dengan akomodasi yang berkualitas, seperti Bobobox Slamet Riyadi Solo.

Hotel kapsul ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan teknologi mutakhir. Pesan via aplikasi dan jadikan Bobobox sahabat perjalananmu!

 

Penulis artikel: Bryan Dharmanta

Foto header: Fala Syam via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles