Oleh Khas Semarang Terkenal

15 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Paling Terkenal

Semarang terkenal dengan beragam pilihan oleh-olehnya, sehingga para pengunjung tidak perlu bingung dalam memilih cendera mata untuk dibawa pulang.

Selain rasa yang lezat, harga oleh-oleh khas Semarang juga terjangkau. Kamu dapat menemukannya di berbagai toko oleh-oleh khas Semarang terkenal, yang terletak dekat pusat kota atau di sekitar terminal, bandara, stasiun, serta destinasi wisata.

15 Oleh-oleh Khas Semarang Terkenal

Berikut Bob sajikan sejumlah rekomendasi buah tangan khas Semarang yang bisa kamu bawa pulang untuk orang terkasih di rumah.

Baca Juga: 17 Tempat Ngopi Di Semarang Yang Paling Cocok Untuk Berbuka Bareng Teman

1. Wingko Babat

Wingko Babat

Sumber: sajian sedap via Kompas

Oleh-oleh khas Semarang terkenal yang wajib dibawa pulang adalah wingko babat. Camilan ini adalah sejenis kue bundar yang terbuat dari kelapa parut, gula pasir, ketan, santan.  Campuran tersebut lalu dipanggang dan dipotong kecil-kecil. Cocok jadi pengganjal perut!

2. Lumpia Semarang

Selanjutnya, ada lumpia yang sudah jadi oleh-oleh ikonis dari Semarang. Isinya terdiri dari berbagai bahan seperti rebung, daging ayam, telur, atau daging kepiting, yang dibungkus dengan kulit tipis dari tepung beras.

Ada dua variasi lumpia yang bisa kamu cicipi, yaitu lumpia basah dan lumpia kering.

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Bandeng Presto

Bandeng Presto

Sumber: Facebook BANDENG JUWANA ELRINA – PAMULARSIH via Kompas

Bandeng presto adalah bandeng tulang lunak yang dimasak dalam daun pisang dan disajikan dengan bumbu kunyit, bawang putih, serta garam. Kamu akan merasakan daging ikan yang lembut dan duri yang lunak sehingga aman dan enak disantap.

4. Ayam Tulang Lunak

Ayam tulang lunak dapat menjadi opsi oleh-oleh kuliner dari Semarang. Untuk memperoleh tekstur tulang ayam yang empuk, ayam yang telah dibumbui dimasak menggunakan panci presto hingga matang. Kamu dapat menikmati hampir seluruh bagian ayam tanpa sisa. 

5. Tahu Petis

Tahu Petis

Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Para penggemar kuliner Semarang mungkin sudah familiar dengan tahu petis. Tahu pong ini memiliki tekstur lembut dan disajikan dengan sambal petis dari udang dan bumbu khusus. Gabungan manis-pedas petis dan tahu pong yang padat dan tebal ini pasti bikin nagih.

6. Tahu Bakso Unggaran

Tahu bakso khas Ungaran juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh untuk dibawa dari Semarang. Berbeda dengan tahu bakso konvensional, tahu bakso yang saty ini menggunakan daging sapi asli sehingga memberikan cita rasa yang lebih nikmat.

Jika berniat membawanya sebagai oleh-oleh, kamu bisa membeli tahu bakso mentah yang sudah dikemas vakum untuk menjaga keawetannya.

7. Kopi Banaran

Kopi Banaran

Sumber: banaran9.com

Oleh-oleh berikutnya bisa kamu dapatkan dengn mengunjungi Kampoeng Kopi Banaran. Selain menikmati kopi langsung di dekat kebunnya, kamu bisa membeli biji atau bubuk kopi secara langsung dan menjadikannya oleh-oleh untuk keluarga.

Baca Juga: 16 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Tahan Lama, Cocok untuk Keluarga Tercinta di Rumah!

8. Kue Mochi

Oleh-oleh khas Semarang terkenal berikutnya adalah kue mochi. Kue yang terinspirasi dari Jepang ini berbentuk bola-bola kecil dan terbuat dari tepung ketan, serta diisi gula aren serta kacang lembut di dalamnya. Salah satu merek yang populer adalah Moaci Gemini.

9. Kue Sarang Madu

Kue Sarang Madu

Sumber: sonora.id

Kue sarang madu merupakan salah satu oleh-oleh khas Semarang yang terbuat dari campuran santan, tepung beras, dan lapisan gula merah. Kue khas Semarang ini memiliki rasa gurih dan manis, serta sering dijadikan teman minum kopi atau teh. 

10. Kaos Semarang

Kamu bisa membawa pulang kaos khas Semarang yang tersedia di toko oleh-oleh. Agar khas, kamu bisa membeli kaus dengan desain gambar-gambar destinasi wisata Semarang, seperti Lawang Sewu, Simpang Lima, dan lainnya.

11. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel

Sumber: bintara.id

Nama “ganjel rel” berasal dari bentuknya yang menyerupai kayu pengganjal rel kereta api. Oleh-oleh Semarang kekinian ini memiliki rasa kayu manis dan tekstur agak bantat. Uniknya, roti ini pernah masuk dalam daftar 50 roti terbaik di dunia versi CNN tahun 2019.

12. Rempeyek Tumpi

Kalau umumnya peyek menggunakan kacang tanah, beda halnya dengan rempeyek tumpi yang menggunakan kacang hijau. Teksturnya pun renyah karena kacang hijau tersebut direndam dulu semalaman sebelum dicampur dengan adonan tepung beras.

13. Waiki Lapis Legit

Waiki Lapis Legit

Sumber: hollifood.com

Ingin membeli oleh-oleh khas Semarang kekinian berupa kue? Coba saja kunjungi toko Waiki Lapis Legit dan pesan menu uniknya, yaitu Waiki Lontong Spekkoek. Bentuknya menyerupai lontong karena digulung, dengan berbagai varian rasa seperti cokelat dan cappuccino.

14. Brillian Super Cake

Brilian Super Cake adalah salah satu menu dari toko kue Istana Brilian. Kue lapis ini dilapisi krim dan cokelat, dengan berbagai isian seperti cokelat, keju, kismis, almon, cappuccino, hingga enting-enting cokelat dan KitKat crunchy.

Baca Juga: Liburan Belum Lengkap Kalau Belum Beli 25 Oleh-Oleh Khas Jawa Tengah Ini

15. Chiffon Cake Pelangi Cafe

Chiffon Cake Pelangi Cafe

Sumber: paxelmarket.co

Ini dia oleh-oleh Semarang kekinian yang banyak diburu wisatawan. Chiffon Cake dari Pelangi Cafe menawarkan kue bolu dengan tekstur ekstra lembut serta taburan dan isian keju yang melimpah.

Baca Juga: Berkunjung ke Kota Lama Semarang, Wisata Keluarga Sekaligus Nostalgia

Butuh tempat menginap yang nyaman di Semarang? Datang saja ke Bobobox Kota Lama!

Butuh tempat menginap yang nyaman di Semarang? Datang saja ke Bobobox Kota Lama!

Saat berlibur ke Semarang, kamu tentu butuh tempat menginap yang nyaman untuk beristirahat. Salah satu hotel yang bisa kamu jajal adalah Bobobox Kota Lama.

Tempat ini bakal memanjakanmu dengan fasilitas-fasilitas yang mumpuni, seperti kasur empuk, Wi-Fi super cepat, dan pengeras suara Bluetooth. Harga inap yang ditawarkan Bobobox pun ramah di kantong.

Yuk, pesan podnya di aplikasi Bobobox!

 

Penulis artikel: Emier

Foto header: Freepik via grid.id

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles