Daya Tarik Pantai Penganak

Daya Tarik Pantai Penganak, Ini Dia Rute dan HTM-nya!

Sejak dirilisnya film Laskar Pelangi lebih dari 10 tahun lalu, nama Bangka Belitung perlahan ikut terangkat. Didukung dengan banyaknya wisata menarik di sana, kepulauan ini pun menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia.

Selain mengunjungi wisata populernya, kamu juga bisa menjajal wisata-wisata yang masih asing di telinga banyak orang, seperti Pantai Penganak.

Penasaran apa saja yang ditawarkan pantai ini? Yuk, ketahui daya tarik hingga tiket masuknya berikut!   

Lokasi Pantai Penganak

Lokasi Pantai Penganak

Foto: direktoripariwisata.id

Pantai Penganak berlokasi di Jalan Penganak, Desa Air Gantang, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Dari Parittiga, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 14 km atau 25 menit naik kendaraan pribadi.

Sementara itu, jaraknya dari Kota Pangkalpinang mencapai 118 km. Jika berangkat dari sana, kamu akan memerlukan waktu sekitar 2,5 jam untuk sampai di Penganak.

Akses jalannya terbilang sudah cukup bagus dan bisa dilalui oleh motor maupun mobil. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan ngos-ngosan akibat jalur yang ekstrem.

Selain itu, jalur menuju pantai juga telah dilengkapi dengan petunjuk jalan. Dengan begitu, kamu tidak akan kebingungan harus mengambil arah ke mana.

Baca Juga: 9 Oleh-Oleh Bangka Belitung yang Pasti Diburu Wisatawan

Bobocabin Bobobox

Daya Tarik Pantai Penganak

1. Batuan Eksotis

Batuan Eksotis

Foto: delli gunarsa via Google Maps

Saat bertandang ke Pantai Penganak, hamparan pasir putih bersih yang berpadu dengan jernihnya air akan menjadi sajian utama yang menyambut kedatanganmu.

Di samping itu, pantai ini juga memiliki banyak batuan granit yang tercecer di sekitar bibir pantai dan membuat pemandangan semakin eksotis.

Dengan ukurannya yang besar, bebatuan itu bisa kamu manfaatkan untuk bersantai sambil menikmati keindahan yang terpampang di depan mata. Selain air laut yang biru jernih, kamu juga bisa melihat pulau-pulau kecil di kejauhan yang menghiasi Pantai Penganak.

Namun, keindahan ini sebenarnya sangat terancam dengan kehadiran para penambang di sekitar pantai. Dengan eksploitasi yang membabi buta, mereka berisiko merusak dan membahayakan ekosistem di sekitar pantai Penganak.

2. Memiliki Dermaga Kayu

Pantai Penganak memiliki dermaga kayu yang berfungsi sebagai tempat merapatnya kapal. Namun, bagi para wisatawan, dermaga kayu ini menjadi tempat asyik untuk nongkrong bersama teman sambil menikmati siliran angin dan pemandangan sekitar.

Kamu juga bisa menghabiskan waktu di sore hari untuk menunggu dan menyaksikan indahnya momen matahari terbenam di Penganak.

Selain itu, kawasan di sekitar dermaga juga merupakan spot favorit untuk memancing, baik bagi warga setempat maupun wisatawan.

Jika kamu berencana memancing, sebaiknya bawa peralatan memancing sendiri dari rumah karena Penganak belum menyediakan fasilitas penyewaan.

3. Bisa untuk Berenang

Kawasan Penganak yang terhampar luas menjadikan pantai ini tempat yang cocok untuk liburan bersama keluarga dan teman. Kamu pun bebas menyusuri area sepanjang pantai, berfoto, hingga bermain pasir bersama anak.

Selain itu, ombaknya juga terbilang tenang sehingga para wisatawan juga memiliki pilihan untuk berenang saat berkunjung ke Pantai Penganak.

Baca Juga: 4 Minuman Khas Bangka Belitung yang Legendaris, Nggak Ada di Tempat Lain!

4. Ada Sirkuit

Ada Sirkuit

Foto: Bobby Putra via Google Maps

Bukan cuma menawarkan keindahan alam, Pantai Penganak belum lama ini telah dilengkapi dengan sirkuit olahraga motor cross atau grass track.

Fasilitas ini cocok banget buat kamu yang ingin melihat langsung aksi para pembalap motor yang bersaing menjajal sirkuit tersebut.

Selain sebagai atraksi tambahan, grass track Penganak juga dibangun sebagai wadah bagi para generasi muda untuk menyalurkan hobi balapan mereka. Dengan begitu, tidak ada alasan lagi kebut-kebutan liar meresahkan di jalan raya.

5. Dekat Pulau Perut

Dari Pantai Penganak, kamu bisa berkunjung ke Pulau Perut dalam waktu 10–15 menit naik perahu motor. Di pulau tersebut, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan pasir putih yang bersanding dengan birunya laut dan bebatuan besar yang eksotis.

Tidak cuma itu. Dengan luas pulaunya yang kecil, kamu juga bisa berkeliling ditemani pemandu menyusuri area pulau yang dipenuhi vegetasi hijau.  

6. Bisa Piknik dan Camping

Pantai Penganak terbilang cukup luas sehingga wisatawan pun bisa melakukan beragam kegiatan menarik di sekitarnya. Salah satunya adalah untuk piknik.

Agar lebih nyaman dan terencana, sebaiknya bawa sendiri bekal serta tikar sebagai alas duduk di pantai. Kamu bisa menggelarnya di atas pasir atau di bawah rimbunnya pepohonan hijau agar tidak kepanasan.

Di samping itu, pantai satu ini juga kerap dijadikan tempat untuk berkumpul hingga berkemah oleh para pemuda. Jika kamu ingin menikmati keindahan pantai lebih lama, maka berkemah juga bisa menjadi pilihan. Jangan lupa untuk membawa serta peralatan sendiri dari rumah, ya!

7. Sunset yang Indah

Sunset yang Indah

Foto: Stanislaus Ariyanto via Google Maps

Pantai Penganak menghadap ke barat sehingga sangat cocok menjadi tujuan para pemburu sunset. Jika kamu adalah salah satunya, kamu bisa menyaksikan keindahan ini dari dermaga, pinggir pantai, maupun dari atas bebatuan pantai.

Apa pun spot pilihanmu nantinya, kamu akan menyaksikan indahnya matahari yang terbenam di cakrawala. Kehadiran warna oranye, merah jambu, hingga ungu yang terpancar di langit tentunya menjadi pemandangan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga: 5 Wisata Alam Bangka Belitung, Rekreasi Bahari yang Nggak Tanggung-Tanggung!

Harga Tiket Pantai Penganak

Harga tiket masuk Pantai Penganak cukup terjangkau. Kamu hanya perlu membayar Rp10.000 per orang untuk menikmati keindahan pantai pasir putih di Bangka Belitung ini.

Jam Buka Pantai Penganak

Jam Buka Pantai Penganak

Foto: Pantai Penganak via Google Maps

Pantai Penganak terbuka 24 jam setiap harinya, jadi kamu bisa datang kapan saja kamu mau. Kebanyakan wisatawan biasanya datang menjelang sore untuk sekalian menyaksikan indahnya sunset Pantai Penganak.

Selain itu, kawasan pantai juga akan lebih ramai saat hari libur tiba. Jika kamu ingin menghindari hal ini, sebaiknya datang pada hari biasa.

Fasilitas Pantai Penganak

Fasilitas Pantai Penganak

Foto: Andi Behonk via Google Maps

Fasilitas di Pantai Penganak tidak bisa dibilang sudah lengkap. Namun, kamu tetap akan menjumpai sejumlah fasilitas mendasar yang membuat kunjungan ke pantai terasa nyaman, seperti:

  • tempat parkir dengan tarif Rp2.000–4.000 per kendaraan
  • toilet dengan tarif Rp2.000 untuk buang air dan Rp5.000 untuk mandi
  • gazebo atau saung dengan harga sewa sekitar Rp35.000
  • dermaga
  • tempat duduk kayu yang tersebar di pantai, terutama di area-area di bawah pohon
  • ayunan kayu di pinggir pantai
  • pedagang makanan dan minuman

Menyatu dengan Alam bersama Bobocabin

Foto: bobobox.com

Ingin merasakan pengalaman menginap di tengah alam tanpa ribet? Staycation di Bobocabin bisa menjadi solusi yang tepat.

Mengusung konsep futuristik lengkap dengan teknologi Internet of Things, Bobocabin siap menemani tidurmu di tengah alam dalam balutan teknologi canggih.

Kamu bisa staycation di Toba, Ranca Upas, Cikole, Pangandaran, Gunung Mas, Coban Rondo, Baturraden, Mojokerto, Ubud, Sumba, atau Lombok. Mana pun pilihanmu, reservasinya bisa via aplikasi Bobobox, ya!

 

Penulis artikel: Aidah Musyaropah

Foto header: hariady hariady via Google Maps

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles