oleh-oleh khas indonesia untuk orang asing

Jangan Lupa, 20 Oleh-Oleh Khas Indonesia untuk Orang Asing dan Wisatawan Mancanegara

Pariwisata merupakan sumber devisa utama bagi negara kita. Pasalnya, Indonesia punya berbagai destinasi liburan unik yang memikat jutaan turis mancanegara tiap tahunnya. 

Selain kegiatan dan lokasi yang menarik, ada banyak oleh-oleh khas Indonesia yang menggambarkan keindahan dan kekayaan budaya negara kita.

Kalau kamu sedang berencana menyambut kolega dari luar negeri, atau akan kembali ke luar negeri setelah mampir pulang ke Tanah Air, kamu bisa memberikan sederet oleh-oleh khas Indonesia untuk orang asing ini.

20 Oleh-Oleh Khas Indonesia Untuk Orang Asing

1. Batik

Batik

Sumber: Mahmur Marganti di Unsplash

Terbuat dari proses pewarnaan manual yang rumit, batik adalah simbol keindahan dan kekayaan budaya Indonesia yang sudah tersohor. Dengan menghadiahkan batik, kamu juga memberikan potongan sejarah dan tradisi negara kita yang luar biasa kepada kolegamu. 

2. Kopi Luwak

Kopi Luwak

Sumber: Milo Miloezger di Unsplash

Dikenal sebagai salah satu kopi paling eksklusif di dunia, kopi luwak dibuat dengan cara unik. Biji kopi diberikan kepada hewan luwak, kemudian biji yang terpilih dikumpulkan dari kotoran hewan tersebut tersebut.

Mungkin memang terdengar aneh, tapi olahan biji-biji tersebut akan menghasilkan secangkir kopi dengan rasa yang halus, rendah asam, dan aroma yang menggugah selera.

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan

Sumber: Artem Beliaikin di Unsplash

Indonesia adalah surganya kerajinan tangan. Contohnya adalah tas rajut Bali yang terbuat dari anyaman bercorak khas, atau patung kayu Jepara yang memberikan nuansa tradisional nan kental. Kamu bisa memberikan buah tangan yang penuh sentuhan estetika ini kepada kolega asing.

4. Kain Songket

Kain Songket

Sumber: Ivone Suryani (d’Traveler) via Detik

Ditenun dengan benang emas atau perak, kain songket adalah karya seni tenun yang penuh keindahan. Kain ini cocok dikenakan untuk acara istimewa atau dijadikan bahan pakaian resmi.

Dengan menghadiahkan selembar kain songket, artinya kamu memberikan oleh-oleh berharga yang juga merupakan sepotong warisan budaya nan kaya.

Baca Juga: Ikut Melestarikan Budaya Indonesia dengan Tren Berkain

5. Sambal

Sambal

Sumber: BFI Finance

Sambal adalah saus pedas yang tak terpisahkan dari hidangan Indonesia. Cocolan ini terbuat dari campuran cabai, bawang, tomat, garam, dan bumbu-bumbu lain. Variannya pun beragam, mulai dari yang ringan hingga ekstra pedas.

Sambal bukan sekadar pelengkap menu makan, tapi juga aspek penting dari budaya makan Indonesia. Karena itu, sambal sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas Indonesia yang autentik, terutama untuk para pencinta kuliner.

6. Lombok Pearl

Lombok Pearl

Sumber: Plamen Galabov via Shutterstock

Dibudidayakan di perairan Lombok yang jernih, mutiara ini memiliki kilauan alami yang mengesankan. Karena setiap mutiara memiliki keunikan bentuk, ukuran, dan warna masing-masing, benda ini pun cocok dihadiahkan sebagai perhiasan eksklusif. 

7. Wayang Kulit

Wayang Kulit

Sumber: Lighten Up via Unsplash

Siapa yang tidak familier dengan seni tradisional Indonesia yang satu ini? Dalam pertunjukan wayang, kamu akan melihat bayangan tokoh-tokoh dari cerita epik legendaris yang diproyeksikan di layar. 

Karena sarat makna yang mendalam dalam budaya Indonesia, kamu bisa memberikan wayang kulit ini untuk membagikan potongan sejarah, mitos, dan kesenian yang telah melekat dalam kultur masyarakat.

8. Wayang Golek

Wayang Golek

Sumber: Firall Ar Dunda via Unsplash

Sama-sama wayang, tapi wayang kulit dan wayang golek memiliki wujud yang berbeda. Kalau wayang kulit terbuat dari kulit kerbau, wayang golek adalah boneka-boneka kayu yang diukir dengan indah. Walau begitu, figurnya sama-sama mencerminkan tokoh-tokoh legendaris seperti pada wayang kulit.

Baca Juga: Liburan dengan Menonton Wayang Golek Secara Langsung

9. Lemper

Lemper adalah sejenis jajanan tradisional Indonesia yang lezat dan menggugah selera. Kudapan ini terbuat dari ketan yang dibungkus daun pisang. Isiannya bisa berupa ayam atau ikan yang telah dibumbui. 

Sebelum menghadiahkan lemper sebagai oleh-oleh untuk orang asing, perhatikan jarak waktu perjalanan kolegamu karena lemper biasanya hanya tahan 1–2 hari saja.

10. Keripik Tempe

Beberapa wisatawan mancanegara mungkin sudah familiar dengan tempe, tapi bagaimana dengan versi keripiknya? Jajanan gurih ini bisa jadi pilihan oleh-oleh khas Indonesia yang menarik karena konsepnya cukup unik bagi wisatawan asing.

Selain itu, keripik tempe juga tahan lama sehingga cocok untuk perjalanan jarak jauh berdurasi panjang.

11. Kue Lapis Legit

Kue lapis legit adalah salah satu pilihan jajanan pasar yang paling populer. Dari segi rasa dan tekstur, kue ini mudah diterima oleh lidah orang asing sehingga cocok sebagai pilihan oleh-oleh.

Namun, perhatikan tanggal kedaluwarsa sebelum membelinya ya, karena kudapan ini kebanyakan hanya bisa tahan sekitar tiga hari.

12. Sarung

Sarung akan memberikan pengalaman berpakaian ala Indonesia. Pasalnya, sarung memang banyak digunakan saat acara-acara sosial maupun keagamaan setempat.

Selain sebagai pakaian, sarung juga sering digunakan sebagai selimut atau hiasan dinding. Hal ini bisa menambah sentuhan budaya khas Indonesia di rumah kolegamu.

13. Keris

Keris

Sumber: nasional.okezone.com

Keris adalah senjata tradisional Indonesia yang memiliki makna mendalam dari segi budaya dan sejarah. Bilahnya tajam dan melengkung, hulunya diukir dengan indah, dan sarungnya memiliki hiasan motif yang unik.

Selain sebagai senjata, keris juga digunakan dalam upacara keagamaan dan sebagai simbol kekuatan dan kehormatan. Sudah jelas, ini bisa menjadi oleh-oleh yang terasa sakral, eksotis, dan memberikan kesan tak terlupakan bagi orang asing.

14. Angklung

Angklung

Sumber: Kompas.com

Angklung adalah alat musik tradisional yang sangat unik dari Indonesia. Alat musik ini terbuat dari bambu dan biasanya dimainkan secara berkelompok.

Ketika digoyangkan dengan kompak, harmoninya sudah pasti memikat pendengar. Oleh-oleh ini adalah contoh nyata dari kesenian Indonesia yang kreatif dan berkesan.

15. Batu Alam

Batu Alam

Sumber: Edz Norton via Unsplash

Batu alam menghadirkan keindahan alam Indonesia dalam bentuk yang alami. Kamu bisa mendapatkannya dalam wujud permata (seperti zamrud atau intan), giok, batu sungai, dan obsidian. Batu-batu ini sering digunakan dalam perhiasan, seni hias, atau bahan bangunan.

16. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih kerap digunakan untuk perawatan tubuh dan mengobati beberapa gejala penyakit. Sensasinya hangat di kulit dan aromanya menenangkan. Kalau kenalanmu suka aromaterapi, minyak ini bisa jadi pilihan oleh-oleh khas Indonesia yang unik.

Sebelum membawa produk ini sebagai buah tangan, Bob ingatkan untuk mengecek aturan terbang maskapai. Biasanya ada batas kapasitas maksimal cairan yang bisa dibawa ke kabin.

17. Kain Tenun Ikat

Kain tenun ikat memiliki warna-warna yang mencolok. Masing-masing motifnya pun memiliki arti dan simbol yang mencerminkan kebudayaan setempat. Beberapa daerah yang terkenal dengan kain tenun adalah Sumatra Utara, Palembang, dan Nusa Tenggara Timur.

18. Indomie

Indomie

Sumber: Tammi Kwok via SBS Food

Indomie adalah makanan sejuta umat yang penuh kenangan. Kamu bisa memasaknya dalam sekejap; tidak hanya enak, tapi juga praktis. Kamu bisa memperkenalkan kolegamu pada salah satu makanan favorit di Indonesia yang pasti membuat mereka penasaran!

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama: Ini Perbedaan Indomie di Luar Negeri dengan di Indonesia

19. Kerupuk

Kerupuk

Sumber: Hello Sehat

Kerupuk adalah camilan dan teman makan yang sangat populer di Indonesia. Varian dan rasanya beragam, mulai dari ikan hingga udang dan gurih hingga pedas. Seperti mi instan, kerupuk bisa menjadi caramu memperkenalkan budaya kuliner kepada teman asing.

20. Rendang Bumbu Instan

Rendang adalah hidangan khas Indonesia yang sangat terkenal di seluruh dunia, terutama karena perpaduan rempah-rempahnya yang kaya dan menghasilkan cita rasa sedap. 

Untuk mempermudah, kamu bisa membeli rendang bumbu instan agar bisa dimasak dengan cepat dan mudah. Dengan begitu, kolegamu bisa menikmati cita rasa khas Indonesia di mana pun mereka berada.

Bermalam Nyaman Saat Liburan? Yuk, ke Bobobox!

bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul yang cocok sebagai tempat singgahmu selama berlibur. Tempat ini bakal memanjakanmu dengan fasilitas-fasilitas yang mumpuni, seperti kasur empuk, Wi-Fi super cepat, dan pengeras suara Bluetooth.

Harga inap yang ditawarkan Bobobox pun ramah di kantong. Jadi, walau bujetmu minimal, kamu tetap bisa menikmati istirahat supernyaman tanpa takut dompet bolong.

Yuk, pesan podnya di aplikasi Bobobox!

 

Penulis artikel: Emier

Foto header: Camille Bismonte via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles