via goal.com

Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Ini Dia Fakta Seputar Negara Qatar yang Perlu Kamu Ketahui

Qatar mencatatkan sejarah sebagai negara kawasan Timur Tengah pertama yang ditunjuk sebagai tuan rumah pagelaran Piala Dunia 2022. Hal ini juga menjadikannya sebagai negara Asia kedua yang menjadi tuan rumah Piala Dunia setelah Jepang-Korea Selatan pada 2002 silam. Bukan cuma itu, dengan luas 11.586 km², Qatar juga menjadi negara terkecil yang menjadi penyelenggara kompetisi sepak bola internasional tersebut. Terlepas dari perannya sebagai tuan rumah, negara satu ini juga memiliki fakta lain yang tak kalah menarik. Apa saja fakta negara Qatar itu? Yuk, simak bareng Bob!

Negara Kaya

@masarathalkhaili/Unsplash

Qatar merupakan sebuah negara kecil di ujung Teluk Persia yang bertetangga dengan Bahrain, Uni Emirat Arab dan Saudi Arabia. Meski kecil, Qatar rupanya termasuk salah satu negara terkaya di dunia dengan menempati peringkat keempat setelah Luksemburg, Singapura dan Irlandia.

Fakta negara Qatar ini pun menjadikannya negara terkaya pertama di kawasan Arab dengan PDB per kapita sebesar 112.789 dolar. Memasuki negara ini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan bangunan megah serta gedung-gedung pencakar langit.

Pendapatan utama Qatar sendiri berasal dari ekspor minyak dan gas alam. Sebelum menjadi sekaya ini, Qatar dulunya termasuk salah satu negara miskin yang ditopang oleh sektor perikanan dan perburuan mutiara. Namun, sejak ekspor minyak dan gas alam besar-besaran pada 1997, PDB Qatar telah tumbuh secara eksponensial dari 30 miliar dolar menjadi lebih dari 200 miliar dolar.


Baca Juga: Ingin Bekerja Di Luar Negeri? Yuk, Belajar 6 Bahasa Asing Paling Dicari Di Dunia Kerja Berikut!


Populasi Wanita yang Rendah

Fakta negara Qatar berikutnya yang cukup menarik adalah populasi wanitanya. Secara keseluruhan, Qatar memiliki populasi sekitar 2.881.053 jiwa. Namun, dari total tersebut, populasi wanitanya merupakan yang terendah di dunia sebab hanya mencakup 24,7% saja. Artinya, hanya ada satu wanita per tiga pria di Qatar. Salah satu alasannya berkaitan dengan banyaknya ekspatriat yang bekerja di Qatar.

Bebas Pajak dan Cuti Panjang

Kekayaan Qatar berbanding lurus dengan kesejahteraan rakyatnya. Sebagai negara dengan perkembangan ekonomi yang pesat, pekerja di negara Qatar pun memperoleh penghasilan besar yang bebas dari pajak baik bagi warga negara Qatar maupun ekspatriat.

Ketiadaan pajak ini juga berkaitan dengan fakta negara Qatar yang memiliki populasi kecil serta PDBnya yang tinggi. Meski begitu, pemberi kerja wajib membayar asuransi sosial untuk pekerja berkebangsaan Qatar. Dengan begitu, pekerja otomatis mendapatkan akses terhadap pelayananan kesehatan, pensiun, biaya bersalin, penitipan anak, dan kompensasi akibat PHK. Namun, hal ini tidak berlaku bagi ekspatriat.

Selain itu, pekerja di Qatar juga berhak mendapatkan cuti tahunan sebanyak 21 hari bagi mereka yang sudah bekerja satu tahun penuh dan kurang dari lima tahun. Sementara itu, bagi pekerja yang sudah mengabdi lebih dari lima tahun, mereka berhak mendapatkan total empat minggu cuti tahunan.

Pengekspor Gas Alam Cair Terbesar Dunia

Bersama dengan Australia, saat ini Qatar menjadi negara pengekspor gas alam cair (NGL) terbesar di dunia. Negara satu ini memang termasuk ke dalam jajaran penghasil gas alam terbesar setelah Rusia dan Iran dengan produksi gas alam mencapai sekitar 177 miliar kubik meter pada 2021. Produksi gas alam ini pun menjadi penyumbang kekayaan bagi Qatar dengan jumlah lebih dari 60% PDB. Tujuan ekspor utamanya adalah India, Jepang, China, Korea Selatan, Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab.


Baca Juga: Mau Liburan Ke Luar Negeri? Ini Dia 5 Pilihan Negara Bebas Visa Yang Wajib Dikunjungi!


Negara Teraman

 

Qatar termasuk ke dalam salah satu negara teraman di dunia dan merupakan negara teraman di kawasan Arab dan Timur Tengah. Fakta negara Qatar satu ini berkaitan erat dengan tingkat kriminalitasnya yang rendah serta ditunjang dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Indeks kriminalitas Qatar berdasarkan data Numbeo berada di angka 13,78 sementara keamanannya di angka 86,22. Sementara itu, ibu kota Qatar, Doha menempati posisi kedua sebagai kota teraman di di dunia dengan indeks keamanan 86,11 menurut Numbeo.

Selain aman, Qatar juga termasuk negara tertenang di dunia. Hal ini juga berkaitan dengan tingkat kemanannya yang tinggi serta kejahatannya yang rendah. Selain itu, situasi politiknya juga stabil dan negara ini juga ‘bebas’ dari aktivitas dan ancaman teroris.

Tak hanya kriminalitas yang rendah, kondisi alam Qatar juga relatif stabil membuatnya memiliki risiko bencana alam yang rendah, termasuk gempa bungi dengan persentase 0,1 persen. Meski begitu, Qatar juga menghadapi bencana alam lain, seperti banjir. Namun, hanya 0,01% populasi saja yang tinggal di kawasan rawan banjir.

Akhir Pekan yang Berbeda

Di Indonesia dan kebanyakan negara lain, kamu bisa menikmati akhir pekan pada Sabtu dan Minggu. Namun, Qatar memilih Jumat dan Sabtu sebagai akhir pekan mereka mengingat mayoritas penduduknya yang beragama islam.

Dengan kata lain, hari kerja pun dimulai sejak Minggu hingga Kamis. Oleh karena itu, bisnis pun tutup sepenuhnya di hari Jumat. Sementara itu, toko-toko kecil juga akan tutup di hari Jumat atau buka setengah hari setelah ibadah Jumatan sedangkan toko-toko besar biasanya buka setengah hari setelah Jumatan.

Maskapai dan Bandara Terbaik Dunia

Tak hanya menjadi salah satu negara terkaya, Qatar juga memiliki maskapai sekaligus bandara terbaik di dunia. Melansir situs resmi Skytrax, lembaga pemeringkat dunia aviasi, Qatar Airways menempati posisi pertama sebagai maskapai terbaik dunia yang diikuti oleh Singapore Airlines dan Emirates. Predikat ini pun bukanlah yang pertama, melain untuk ketujuh kalinya.

Sementara itu, Bandara Internasional Hamad sudah dua kali berturut-turut mendapat predikat bandara terbaik dunia oleh Skytrax. Berlokasi di Doha, bandara satu ini menjadi rumah bagi Qatar Airways serta pintu bagi sekitar 30 juta penumpang setiap tahunnya.

Tempat ini juga terkenal dengan kemewahan serta nilai seninya yang kental. Di sepanjang area terminalnya, kamu akan dimanjakan dengan pameran instalasi seni, seperti patung oryx, Mappemondes, dan patung Arctic Nurseries of El Dorado. Selain itu, ada juga maskot bandara bernama Lamp Bear, hasil karya seniman Swiss bernama Urs Fischer. Ikon satu ini merupakan beruang kuning raksasa setinggi tujuh meter yang duduk di bawah sebuah lampu hitam.


Baca Juga: Jangan Bawa 5 Benda Ini Ketika Liburan Keluar Negeri Untuk Pertama Kali!


Rollercoaster Indoor Tertinggi

 

Tidak bisa dipungkiri bahwa Qatar memegang cukup banyak rekor. Fakta negara Qatar ini juga mencakup keberadaan rollercoaster indoor tertinggi di dunia yang berlokasi di taman hiburan Quest Doha. Diluncurkan pada Juli 2021 lalu, taman hiburan satu ini mencetak dua Rekor Dunia Guiness untuk kategori Rollercoaster Dalam Ruangan Tertinggi dan Naik Menara Drop Dalam Ruangan Tertinggi.

Berdiri di lahan seluas 32.000 meter persegi, taman hiburan ini terbagi ke dalam tiga dimensi waktu. Ada Kota Imajinasi yang menjadi cerminan masa kini, Oryxville yang membawa pengunjung menjelajahi Arab Kuno dan Gravity yang menawarkan pengalaman pelabuhan antariksa futuristik dan canggih.

Beragam Destinasi Wisata Menarik

Meski terbilang kecil, Qatar menawarkan beragam destinasi wisata menarik. Di antaranya adalah:

  • Khor Al Adaid atau Laut Pedalaman yang terkenal dengan panorama pertemuan laut dan gurun pasir
  • The Pearl-Qatar, sebuah pulau buatan sekaligus kawasan elit yang memiliki banyak kafe dan mall terbaik
  • Barzan Tower, sebuah Menara setinggi 16 meter yang dulunya berfungsi untuk mengawasi kedatangan kapal
  • Souf Waqif, pasar tradisional bernuansa klasik dengan sentuhan modern
  • Corniche, sebuah jalur pejalan kaki sepanjang tujuh kilometer
  • Museum Seni Islam, Museum Nasional Qatar dan Museum Msheireb
  • Mall of Qatar, surga bagi pecinta belanja

Fakta Negara Qatar Lainnya

Fakta negara Qatar tidak sampai di situ saja. Negara satu ini juga:

  • Memiliki jalur sepeda terpanjang di dunia sepanjang 33 km dan lebar tujuh meter
  • Menjadi rumah bagi salah satu agregasi hiu paus terbesar di dunia
  • Tidak memiliki gunung berapi atau pegunungan
  • Merupakan negara terdatar kedua di dunia dengan puncak tertinggi bernama Qurain Abu al-Bawl setinggi 103 meter
  • Terkenal dengan olahraga falconry, yaitu berburu dengan burung pemangsa

Menginap Seru di Bobobox!

Mulai tertarik untuk berkunjung ke Qatar tapi tabungan dan waktu belum memungkinkan? Gak masalah! Sambil menabung, tetap manjakan diri sambal liburan atau staycation di dalam kota bersama Bobobox.

Mengusung gaya futuristic, Bobobox menawarkan pod luas yang membuat kegiatan rebahan tidak terelakkan. Bukan cuma itu, hotel kapsul satu ini juga menyediakan berbagai fasilitas umum untuk menunjang kenyamanan dan kebutuhan kamu selama menginap di Bobobox. Ada Wi-Fi, moodlamp, Bluetooth speaker, pantry, communal space, musala, hingga kamar mandi bersih. Sebelum menginap, uunduh dulu aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles