belajar bahasa

Ingin Bekerja di Luar Negeri? Yuk, Belajar 6 Bahasa Asing Paling Dicari di Dunia Kerja Berikut!

Dalam dunia kerja, terdapat banyak persyaratan yang perlu seorang kandidat penuhi untuk mendapatkan kesempatan kerja. Selain pengalaman dan soft skill, banyak perusahaan juga mempertimbangkan kemampuan bahasa para kandidatnya. Kebutuhan kemampuan bahasa juga berbeda bagi tiap bidang maupun perusahaan, belajar bahasa asing tentunya dapat kamu sesuaikan dengan industri impian.

Bagi yang ingin bekerja di luar negeri, kebutuhan untuk belajar bahasa asing semakin menjadi prioritas. Untuk membantu kamu memilih bahasa asing yang tepat, yuk belajar 6 bahasa asing paling dicari di dunia kerja berikut!

Source: wayhomestudio via Freepik


Baca Juga: 7 Tantangan Dunia Kerja Bagi Fresh Graduate Saat Akan Memulai Karier


6 Bahasa Asing Paling Dicari Di Dunia Kerja

1. Bahasa Inggris

Jika kamu memiliki ketertarikan untuk bekerja di industri bisnis, belajar bahasa Inggris adalah langkah pertama yang dapat kamu lakukan.

Sebanyak 1.35 miliar orang di dunia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama maupun kedua. Banyak dari negara economic powerhouse menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya, antara lain Amerika Serikat, Inggris, hingga Australia.

Selain itu, bahasa Inggris juga merupakan bahasa yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet dengan 949 juta pengguna yang menggunakan bahasa tersebut. Dengan menguasai bahasa Inggris, pemilik bisnis dapat dengan mudah memperluas target pasar ke berbagai penjuru dunia.

Source: Drazen Zigic via Freepik

2. Bahasa Mandarin

Tiongkok merupakan salah satu negara ekonomi terbesar di dunia yang menyediakan peluang kerja besar. Menurut laporan PWC, Tiongkok diprediksikan akan memimpin perekonomian dunia pada 2050.

Berkat banyaknya kegiatan impor yang dilakukan Tiongkok di bidang sains maupun tekonologi, terdapat banyak cabang perusahaan Tiongkok yang berdiri di berbagai negara lain. Oleh karena itu, kebutuhan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan bahasa mandarin pun meningkat.

Perusahaan umumnya meminta kandidat untuk menyertakan skor tes ujian formal Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) sebagai bukti keahlian bahasa.


Baca Juga: Sedang Mencari Pekerjaan? Simak 10 Rekomendasi Situs Lowongan Kerja Terpercaya Ini


3. Bahasa Spanyol

Bahasa Spanyol merupakan bahasa yang paling banyak digunakan kedua setelah bahasa Mandarin, dengan 405 juta orang yang menggunakannya sebagai bahasa pertama. Pengguna bahasa Spanyol umumnya tinggal di Spanyol atau Amerika Latin seperti Meksiko, Peru, Paraguay, dan Ekuador. Bahkan, sebanyak 37,6 juta orang di Amerika Serikat juga menggunakan bahasa Spanyol.

Dengan belajar Bahasa Spanyol, kamu dapat mendapatkan kesempatan lebih besar untuk bekerja di berbagai negara tersebut.

4. Bahasa Prancis

Bahasa selanjutnya yang perlu kamu pelajari jika ingin kerja di ranah internasional adalah bahasa Prancis. Sebagai bahasa resmi dari 29 negara, memiliki kemampuan berbahasa Prancis akan membuka peluang lebih besar bagimu untuk terlibat di berbagai industri yang tersebar dari Kanada hingga negara-negara Afrika.

Selain itu, banyak lembaga internasional pun menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa resmi, antara lain FIFA, PBB, hingga Mahkamah Internasional.

Source: gpointstudio via Freepik

5. Bahasa Jepang

Sebagai negara ekonomi terbesar ketiga di dunia, kemampuan bahasa Jepang juga banyak dicari di dunia kerja.

Negara ini terkenal berkat keunggulannya di bidang sains dan teknologi. Selain itu, Jepang juga merupakan salah satu kontributor terbesar dalam berbagai sektor perdagangan internasional, antara lain sektor keuangan, otomotif, hingga farmasi.

Dengan mempelajari bahasa Jepang, peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan di bidang-bidang tersebut pun akan menjadi lebih besar.


Baca Juga: Sebentar Lagi Wawancara Kerja? Ini Lah 7 Inspirasi Pakaian Yang Akan Membuatmu Percaya Diri Saat Interview!


6. Bahasa Portugis

Salah satu negara dengan pasar terbesar di dunia adalah Brasil, yang menggunakan bahasa Portugis sebagai bahasa nasionalnya. Terdapat banyak peluang pekerjaan yang tersedia di negara tersebut, terutama di bidang farmasi dan energi.

Tidak hanya terbatas pada Brasil, bahasa Portugis juga merupakan bahasa nasional 8 negara lain termasuk di antaranya adalah Portugal dan Angola.

Istirahat Tanpa Gangguan, Yuk Menginap di Bobobox!

belajar bahasa

Pengen istirahat dengan tenang tanpa gangguan? Yuk, staycation sejenak di Bobobox!

Hotel kapsul satu ini menyediakan suasana yang tenang lengkap dengan wi-fi super kencang untuk hilangkan penat. Kamu bisa binge-watching ataupun main game favoritmu tanpa terganggu. Selain itu, kamu bisa atur pencahayaan di dalam pod sesuai suasana hati demi kenyamanan kamu.

Ayo staycation singkat dan hilangkan segala penat kamu! Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles