tips camping

Pertama Kali Camping? Ini Dia 7 Tips Camping Aman Buat Para Pemula!

Jika kamu menyukai alam bebas, berkemah atau camping adalah salah satu kegiatan liburan seru yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu. Bagi pemula, bermalam di tengah alam bebas mungkin dapat memberikan kecemasan tersendiri: apa yang perlu kita siapkan? bagaimana tips memilih tenda camping yang tepat?

Camping memang membutuhkan banyak persiapan, terutama bagi para pemula. Untuk pengalaman camping yang lebih seru dan aman, berikut Bob rangkum 7 tips camping buat para pemula di bawah sini.


Baca Juga: Sebenarnya, Apa Perbedaan Antara Glamping Dengan Camping?


7 Tips Camping Untuk Pemula

1. Jangan Sendiri! Tentukan Akan Camping Dengan Siapa

tips camping

Source: jcomp via Freepik

Salah satu tips camping paling penting bagi para pemula: jangan camping sendirian.

Seorang pemula mungkin belum terbiasa dengan kegiatan camping, sehingga cenderung akan lebih ceroboh pada saat kegiatan berlangsung. Dengan membentuk grup camping, kamu dapat menghindari hal yang tidak diinginkan dengan bekerjasama dengan teman-temanmu.

Sebagai contoh, jika ada yang terjatuh maka bisa segera ditangani bersama-sama.

2. Tentukan Tujuan Camping

Memilih tujuan camping adalah salah satu tahap persiapan camping yang seringkali dilupakan. Padahal dengan menentukan tujuan camping, kamu dapat memperkirakan medan yang akan kamu hadapi dan menyesuaikan perlengkapan yang kamu bawa ke tujuan.

Misalnya, jika medan cenderung becek kamu bisa mempersiapkan sepatu anti-licin. Atau sebagai contoh lain, jika ada danau, maka kamu bisa membawa baju ganti lebih agar kamu bisa bermain air sepuasnya. Menentukan tujuan menjadi salah satu langkah penting agar pengalaman camping kamu bisa menjadi lebih maksimal.

3. Tentukan Durasi Camping

Tips camping selanjutnya adalah menentukan durasi camping: berapa lama kamu akan bermalam?

Dengan demikian, kamu dapat memperkirakan jumlah perbekalan yang perlu kamu bawa untuk menghindari kekurangan atau kelebihan logistik.


Baca Juga: Berkemah Di Musim Hujan? Baca Dulu Yuk 7 Tips Berikut Ini


4. Mempersiapkan Peralatan

Source: Leon Contreras via Unsplash

Nah, tibalah saatnya untuk mempersiapkan peralatan camping penting yang harus kamu bawa, yaitu tenda, matras, dan sleeping bag.

Pastikan untuk memilih tenda yang praktis, tapi nyaman dan kuat. Tenda jenis dome adalah tenda yang cukup mudah untuk digunakan oleh para pemula. Selain itu, tenda jenis ini juga terbilang nyaman dan anti hujan maupun angin.

Selanjutnya adalah matras dan sleeping bag. Matras yang biasa digunakan untuk camping adalah matras berbahan spon karet yang empuk dan dapat digulung. Nantinya, kamu bisa selipkan matras ke dalam sleeping bag agar tidurmu lebih nyaman dan hangat.

Peralatan lainnya yang dapat kamu bawa antara lain:

  • Kompor portable untuk memasak.
  • Peralatan masak dan makan.
  • Makanan dan minuman.
  • Pisau lipat serbaguna.
  • Lampu senter.
  • Power bank.
  • Pakaian ganti dan pakaian hangat.
  • Lotion anti-serangga.
  • P3K: kapas, obat luka, minyak kayu putih, dan obat-obatan pribadi.

5. Membuat Jadwal Kegiatan

Dengan membuat jadwal kegiatan, kegiatan camping menjadi lebih teratur dan dapat dipersiapkan dengan baik. Sehingga, meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan selama durasi kegiatan camping.

Contoh kegiatan yang dapat kamu lakukan antara lain, menjelajahi alam sekitar, kegiatan outbond, hingga membuat api unggun.


Baca Juga: Praktis Dan Mudah Dibawa, Lengkapi Camping Kamu Dengan 10 Makanan Wajib Saat Camping Ini Yuk!


6. Membawa Barang Yang Penting Saja

Source: jcomp via Freepik

Tips camping lainnya yang tidak boleh dilewatkan oleh para pemula adalah untuk membawa barang yang penting saja.

Mungkin instingmu mengatakan bahwa kamu perlu membawa lebih banyak barang untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi segala kemungkinan. Namun, dengan membawa barang berlebih justru kamu akan merasa kelelahan saat membawa perlengkapan ke area camping.

7. Memperkirakan Cuaca

Tips camping terakhir untuk para pemula adalah untuk memperkirakan cuaca area camping pada hari keberangkatan. Dengan demikian, kamu dapat mempersiapkan diri untuk cuaca yang akan dihadapi.

Misalnya, dengan membawa payung atau mempersiapkan jas hujan jika ternyata diramalkan akan hujan pada hari keberangkatan.

Ingin Sensasi Camping Lebih Praktis dan Modern? Yuk, Menginap di Bobocabin!

Ingin menikmati sensasi menginap di alam bebas dengan cita rasa modern? Bobocabin adalah pilihan yang tepat untuk kamu! Dengan konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin akan menemani kamu menikmati keindahan alam dengan cita rasa modern.

Kabin-kabin yang tersedia memiliki fasilitas khas Bobocabin seperti Smart Window dan B-Pad. Atur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati untuk mendapatkan privasi dan kenyamanan maksimal.

Bobocabin menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial! Nikmati sensasi camping anti-ribet dengan fasilitas campfire dan barbeque Bobocabin. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, langsung saja unduh aplikasi Bobobox di sini!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles