Bobocabin by Bobobox Indonesia

Sebenarnya, Apa Perbedaan Antara Glamping dengan Camping?

Glamping merupakan singkatan dari glamorous camping atau camping yang mewah. Jenis akomodasi yang satu ini bukanlah sebuah hal yang baru lagi. Saat ini sudah banyak tempat wisata yang menyediakan paket glamping di berbagai daerah di Indonesia termasuk di dunia. Harga paket liburan camping mewah ini pun bervariasi mulai dari yang murah meriah hingga yang mahal senilai puluhan juta per malamnya!

Bagi kamu yang merasa menginap di akomodasi camping mewah bukan pilihan yang tepat kamu bisa coba pengalaman menantang camping dengan tarif yang lebih terjangkau. Tak hanya soal biaya, ada banyak hal yang membedakan pengalaman menginap glamping dan camping!

Salah satu perbedaan utama antara glamping dan camping ada pada ukuran tempat dan fasilitas yang disediakan. Berdasarkan penjelasan dari kamus Oxford, glamping memiliki arti jenis berkemah dengan memanfaatkan tenda dan fasilitas yang lebih nyaman juga mahal daripada yang biasanya.

Hal ini dikarenakan pengalaman camping memiliki ruang dan fasilitas yang lebih sempit sehingga jauh lebih murah. Perbedaan apalagikah antara kedua jenis akomodasi ini yang memudahkan pilihan kamu untuk memilih jenis akomodasi yang cocok? Yuk simak informasinya berikut ini!

1. Perbedaan Fasilitas

camp buddy glamour camping bedugul Glamping

Glamping memberikan kamu pengalaman liburan dengan suasana rumah juga fasilitas dan perabotan yang nyaman. Kamu bisa menikmati beragam fasilitas mulai dari tempat tidur mewah, sofa, fasilitas hiburan, kamar mandi, dan makanan. Tak perlu khawatir ingin ke toilet di malam hari di tengah hutan karena jenis akomodasi ini biasanya dilengkapi juga dengan kamar mandi yang berfungsi penuh dan water heater untuk mandi hangat.

Saat kamu memilih liburan camping, kamu harus menyediakan semua barang-barang serta makanan dan minuman sendiri. Kamu bisa memilih pohon terbaik di hutan saat berkemah untuk memastikan tenda kamu teduh dari sinar matahari maupun hujan. Jangan lupa siapkan beberapa makanan, snack, juga minuman sachet yang bisa kamu seduh untuk menghangatkan tubuh kamu di tengah dinginnya hutan.

Baca Juga: Buat Liburanmu Makin Seru dengan Mencoba Berbagai Aktivitas di Sekitar Bobocabin Batu, Malang Berikut Ini!

Berbeda dengan camping, saat kamu liburan di akomodasi glamping kamu bisa menikmati sekantong kopi gratis dalam teko yang sudah tersedia di dalam kabin kamu. Beberapa glamping menyediakan kamar mandi di dalam tenda dan sebagain lainnya memberikan fasilitas shared bathroom yang nyaman dan bersih. Liburan di tengah hutan terasa sedang liburan di rumah tengah hutan dengan lengkap dan nyamannya fasilitas yang ada.

2. Perbedaan Pelayanan

Bagi kamu yang akan berlibur dengan keluarga dan mengutamakan kenyamanan juga kepraktisan maka glamping adalah pilihan yang bijak. Saat menginap menggunakan akomodasi camping mewah ini, maka semua fasilitas sudah tersedia. Saat kamu membutuhkan sesuatu, kamu bisa langsung meminta petugas yang bekerja. Kamu juga tak perlu khawatir soal makan, camping mewah ini adalah cara terbaik untuk menikmati pengalaman barbeque yang cukup mewah.

Umumnya paket camping mewah ini sudah termasuk sarapan pagi dan barbeque juga berbagai peralatan memasak sehingga kamu tak perlu repot membawa apapun. Beberapa akomodasi camping mewah ini bahkan juga menyediakan fasilitas lemari pendingin bagi kamu menyimpan berbagai makanan dan minum agar tetap segar.

makanan wajib saat camping Glamping

Photo by Myles Tan on Unsplash

Jika kamu menyukai kemandirian, kamu bisa coba pengalaman seru dan menantang masak sendirian di tengah hutan. Pastikan untuk membawa berbagai peralatan memasak mulai dari pisau, alat pemanggang, piring, gelas, sendok, dan lain sebagainya. Kamu bisa membawa beberapa jenis makanan yang dapat dengan mudah kamu masak seperti sosis, jagung, atau mi instan.

3. Perbedaan Bentuk Tenda

Saat kamu akan camping maka kamu harus membawa beberapa peralatan sendiri, mulai dari tenda, alat masak, sleeping bag atau kantong tidur, dan berbagai peralatan lainnya. Kamu pun harus memilih lokasi yang tepat untuk mendirikan tenda dengan mempertimbangkan berbagai hal mulai dari keamanan, akses ke mata air, dan sebagainya. Meskipun terkesan ribet, faktanya membangun tenda merupakan hal yang seru untuk pecinta kegiatan camping, lho!

Sebaliknya, glamping memberikan kamu berbagai kelengkapan termasuk tempat tidur dan kemah telah tersedia di lingkungan alami yang aman. Bentuk tendanya pun relatif lebih besar mengingat banyaknya fasilitas  seperti listrik, kasur yang empuk, dan kamar mandi dalam, dan berbagai fasilitas lainnya. Umumnya tempat tidur glamping menggunakan tempat tidur berukuran queen yang nyaman. Kamu bisa langsung liburan tanpa repot mendirikan tenda.

4. Perbedaan Keamanan

Bila keamanan liburan adalah perhatian utama kamu maka glamping terasa lebih aman daripada camping mengingat tenda yang kamu huni dapat kamu kunci. Bukan berarti tenda camping tak bisa terkunci, namun umumnya kain tenda camping cukup rawan rusak. Sedangkan tenda glamping terasa lebih aman dari ancaman binatang buas karena bangunannya kokoh.

5. Perbedaan Biaya

Jika kamu melihat dari segi perbedaan biaya maka biaya glamping ini jauh lebih mahal dibandingkan camping. Hal ini bisa kamu lihat dari fasilitas hingga bentuk tenda. Jika kamu akan melakukan camping, kamu umumnya hanya perlu menyewa tempat saja sehingga biayanya lebih murah.

Bagi kamu yang memiliki waktu liburan lebih lama dan dengan keluarga atau banyak orang maka kamu bisa memilih opsi liburan glamping. Sebaliknya jika kamu lebih menyukai hal-hal yang menantang dan berlibur untuk waktu yang singkat berlibur sambil camping akan lebih cocok untuk kamu.

Baca Juga: Bobocabin Signature Toba: Paduan Alam dan Teknologi untuk Kenyamanan Sempurna di Danau Toba

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobocabin di Berbagai Daerah di Indonesia!

Bobocabin kini hadir menawarkan kenyamanan cabin modern dengan kesegaran pemandangan alam yang asri. Akomodasi ini bisa kamu temukan di beberapa daerah di Indonesia, seperti:

  • Ranca Upas, Ciwidey
  • Cikole, Lembang
  • Coban Rondo, Malang
  • Gunung Mas, Bogor
  • Kintamani, Bali
  • Ubud, Bali
  • Signature Toba, Sumatera Utara
  • Baturaden, Banyumas
  • Padusan, Mojokerto

potret bobocabin signature toba

Setelah puas menjelajahi wisata alam, saatnya kamu kembali ke Bobocabin dan manjakan diri kamu dengan berbagai fasilitas yang ada. Akomodasi yang ini memiliki dua pilihan cabin, yaitu deluxe dan family. Keduanya lengkap dengan kamar mandi dalam serta fasilitas lain khas Bobocabin seperti Wi-Fi, Smart Window dan B-Pad.

Untuk melengkapi keseruan kamu di tengah alam, Bobocabin juga memfasilitasi diri dengan fasilitas campire & barbeque hingga entertainment (board games dan proyektor film). Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasi Bobobox di sini!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles