via marca.com

Resmi Dimulai Akhir Pekan Lalu, Ini Dia Fakta Seputar Piala Dunia 2022 yang Membuatnya Spesial!

Pagelaran Piala Dunia 2022 di Qatar yang sudah berlangsung sejak Minggu, 20 November kini tengah menjadi sorotan. Perhelatan akbar ini memang selalu dinanti-nantikan oleh pecinta sepak bola, terutama untuk menyaksikan pemain andalan berlaga di lapangan. Terlepas dari itu, kompetisi sepak bola internasional ini kerap menyuguhkan fakta yang menarik yang membuatnya begitu spesial, tidak terkecuali di Qatar. Lalu, apa saja fakta Piala Dunia 2022 tersebut? Yuk, intip bareng Bob!

Piala Dunia Pertama Timur Tengah

via bloomberg.com

Berlangsung sejak tahun 1930, Piala Dunia rutin digelar setiap empat tahun sekali kecuali di tahun 1942 dan 1946 karena Perang Dunia II. Tempat berlangsungnya acara akan berubah setiap empat tahunnya dan tahun 2022 ini menjadi kesempatan Qatar untuk unjuk gigi.

Perhelatan di Qatar ini menjadi Piala Dunia kedua yang terlaksana di kawasan Asia, setelah sebelumnya diselenggarakan di Jepang-Korea Selatan pada 2002 lalu. Fakta Piala Dunia 2022 ini juga menjadikan Qatar sebagai negara Timur Tengah pertama yang menjadi tuan rumah kompetisi tersebut.

Dengan luas 11.571 m², Qatar juga menjadi negara tuan rumah terkecil dalam sejarah. Selain menjadi tuan rumah, tahun 2022 ini juga menjadi debut pertama tim Qatar di Piala Dunia.


Baca Juga: Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Ini Dia Fakta Seputar Negara Qatar Yang Perlu Kamu Ketahui


Perhelatan Termahal

Perhelatan kompetisi sepak bola internasional 2022 di Qatar mencatatkan sejarah sebagai Piala Dunia termahal. Fakta Piala Dunia 2022 ini berkaitan dengan banyaknya dana yang dihabiskan untuk infrastruktur kelangsung acara termasuk stadion, jalan, hotel dan peningkatan kondisi bandara.

Perkiraannya, Qatar menghabiskan hingga 220 miliar dollar AS selama 12 tahun sejak pemilihannya sebagai tuan rumah pada 2010 lalu. Angka tersebut 15 kali lebih besar dari perhelatan Piala dunia 2018 di Rusia.

Berlangsung di Musim Dingin

Jika biasanya Piala Dunia berlangsung di musim panas sekitar bulan Juni dan Juli, beda halnya dengan Piala Dunia 2022 yang justru digelar di musim dingin. Fakta Piala Dunia 2022 ini berkaitan dengan teriknya matahari di musim panas Qatar yang bisa mencapai 35-45℃. Oleh karena itu, pertama kali dalam sejarah, turnamen berlangsung di musim dingin yang rata-rata bersuhu 16-24,5 ℃ dan menjadi suhu ideal yang setara dengan musim semi di Eropa.

November dan Desember sendiri sebenarnya merupakan waktu tersibuk untuk klub sepak bola Eropa. Akibatnya, liga Eropa seperti Liga Premier Inggris, Seri A Italia, dan La Liga Spanyol harus menggelar liga tersebut setelah Piala Dunia berakhir.

Turnamen Pendek

Piala Dunia 2022 berlangsung selama 29 hari sejak tanggal 20 November hingga 18 Desember 2022. Fakta Piala Dunia 2022 ini menjadikannya sebagai turnamen terpendek setelah Piala Dunia 1978 di Argentina yang berlangsung selama 25 hari saja. Sementara itu, pergelaran sebelumnya, seperti di Brazil tahun 2014 dan Rusia tahun 2018, menghabiskan waktu selama 32 hari.

Dengan pendeknya durasi, penyelenggara pun harus menyelipkan hingga empat pertandingan setiap harinya di sepanjang babak penyisihan grup (20 November-2 Desember). Sementara itu, durasi total babak penyisihan Piala Dunia sebelum-sebelumnya berlangsung tiga hari lebih lama. Selain itu, tidak ada jeda dari berakhirnya babak penyisihan grup ke babak 16 besar.


Baca Juga: Mau Liburan Ke Luar Negeri? Ini Dia 5 Pilihan Negara Bebas Visa Yang Wajib Dikunjungi!


Piala Dunia Terakhir dengan 32 Tim

Pertama kali digelar pada 1930 di Uruguay, Piala Dunia hanya melibatkan 13 tim saja. Jumlah tersebut terus naik menjadi 16 pada 1934, 24 pada 1982, dan 32 sejak 1998. Piala Dunia 2022 juga menghadirkan 32 tim sepakbola, termasuk negara penyelenggaranya, Qatar.

Namun, jumlah 32 tim ini menjadi yang terakhir sebab di Piala Dunia 2026 yang akan berlangsung di Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat, kamu akan menyaksikan pertandingan dari 48 tim.

Stadion yang Berdekatan

via goal.com

Semua stadion untuk turnamen sepak bola 2022 ini memiliki jarak yang berdekatan dengan radius 55 km dari pusat Doha. Fakta Piala Dunia 2022 sangat menguntungkan bagi penggemar sebab mereka tidak perlu terbang jauh atau melakukan perjalanan panjang untuk menyaksikan setiap pertandingannya. Secara keseluruhan, penonton membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam via darat jika berhenti di setiap stadium, mulai dari yang paling utara Stadion Al Bayt hingga Stadion Al Janoub di selatan.

Stadion Berkelanjutan

Fakta Piala Dunia 2022 berikutnya yang tak kalah spesial adalah penggunaan stadion yang berkelanjutan. Secara keseluruhan, terdapat delapan stadion yang tersedia untuk perhelatan akbar ini. Stadion tersebut meliputi Al Bayt, Khalifa International, Al Thumama, Ahmed Bin Ali, Lusail, Stadium 974 (sebelumnya Ras Abu Aboud), Education City dan Al Janoub.

Setelah Piala Dunia 2022 usai, kapasitas stadion yang mencapai 4.000 tempat duduk akan berkurang menjadi 2.000 karena akan disumbangkan ke negara-negara terbelakang. Beberapa stadion akan tetap digunakan untuk home base kelab sepak bola lokal serta sebagai fasilitas pertandingan, yaitu:

  • Ahmed Bin Ali untuk kelab Al Rayyan
  • Al Janoub untuk kelab Al Wakrah
  • Khalifa International untuk penyelenggaran pertandingan dan turnamen besar

Lalu, sisanya bagaiamana? Stadium 974 merupakan stadion sekali pakai yang terbuat dari ratusan kontainer dengan kapasitas 40.000 tempat duduk. Penyelenggara selanjutnya akan membongkar stadion tersebut untuk pengembangan bisnis waterfront. Sementara itu, kontainernya bisa diangkut dan dipasang kembali di lokasi berbeda.

Sementara itu, pemerintah Qatar akan mengubah Lusail yang menjadi stadion babak final menjadi community centre. Tempat tersebut akan berisi unit perumahan, toko, kafe, sekolah dan fasilitas kesehatan. Selanjutnya, Al Bayt juga bernasib sama dengan Lusail. Stadion ini akan menaungi rumah sakit kedokteran olahraga, jotel bintang lima, mall, dan lainnya.

Sementara itu, Al Thumama akan mengalami pengurangan kapasitas tempat duduk lalu digunakan untuk berbagai acara olahraga, termasuk pertandingan sepak bola. Education City juga akan mengurangi kapasitas tempat duduknya dan kemudian digunakan sebagai fasilitas untuk para mahasiswa di universitas-universitas setempat.


Baca Juga: Jangan Bawa 5 Benda Ini Ketika Liburan Keluar Negeri Untuk Pertama Kali!


Wasit Wanita

Pertama kali dalam sejarah, Piala Dunia melibatkan sejumlah wasit wanita. Mereka adalah Stephanie Frappart (Perancis), Yoshimi Yamashita (Jepang), dan Salima Mukansanga (Rwanda).

Made in Madiun

Fakta Piala Dunia 2022 berikutnya yang tak kalah menarik adalah bolanya. Al Riha, yang berarti perjalanan, merupakan bola resmi untuk Piala Dunia 2022 hasil buatan Madiun, Indonesia. Adidas mempercayakan PT Global Way Indonesia untuk memproduksi bola tersebut.

Larangan Bir

Berlangsung di negara Islam, Piala Dunia kali ini melarang adanya alkohol di stadion. Pasalnya, kegiatan minum alkohol di tempat umum merupakan hal ilegal yang bisa membawa kamu terkurung di penjara hingga enam bulan atau denda sebesar Rp 13 juta.

Meski begitu, penggemar sepak bola masih bisa menikmati minuman tersebut di hotel-hotel tertentu, bar dan FIFA Fan Zone resmi. Setidaknya, ada lebih dari 200 tempat untuk membeli alcohol dan lebih dari 10 fan zone yang mmeungkinkan lebih dari 100.000 orang untuk menikmati alkohol.

Menginap Seru di Bobobox!

Mulai tertarik untuk berkunjung ke Qatar tapi tabungan dan waktu belum memungkinkan? Gak masalah! Sambil menabung, tetap manjakan diri sambal liburan atau staycation di dalam kota bersama Bobobox.

Mengusung gaya futuristic, Bobobox menawarkan pod luas yang membuat kegiatan rebahan tidak terelakkan. Bukan cuma itu, hotel kapsul satu ini juga menyediakan berbagai fasilitas umum untuk menunjang kenyamanan dan kebutuhan kamu selama menginap di Bobobox. Ada Wi-Fi, moodlamp, Bluetooth speaker, pantry, communal space, musala, hingga kamar mandi bersih. Sebelum menginap, uunduh dulu aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles