RHJ/Getty Images

Resah Karena Banyak Serangga di Rumahmu? Simak Cara Mengusir Serangga Paling Ampuh Berikut Ini!

Layaknya manusia, serangga juga memerlukan makanan, minuman dan tempat tinggal. Jika hal-hal itu ada di rumah kamu, maka jangan heran kalau serangga pun betah menetap atau singgah. Beberapa di antaranya yang cukup mengganggu adalah kecoak, lalat, nyamuk, kutu, gegat dan semut. Serangga-serangga tersebut bisa menganggu sepanjang waktu atau hanya muncul di waktu-waktu tertentu. Kapanpun itu, kehadirannya kerap membuat kamu tidak nyaman. Biar tidak terus pusing dan resah, cobain yuk beberapa cara mengusir serangga berikut ini!

Jaga Kebersihan Dapur

@jccards/Unsplash

Salah satu cara mengusir serangga yang cukup sederhana adalah dengan menjaga kebersihan dapur. Sama halnya seperti manusia yang mendapatkan makanan di dapur, serangga pun kerap mencari kudapan di sana, mulai dari tepung, buah, hingga gula.

Agar makananmu tidak dihinggapi serangga, sebaiknya simpan bahan-bahan makanan dalam wadah tertutup dan buanglah makanan yang sudah busuk. Untuk makanan yang hendak kamu santap, kamu bisa menutupnya dengan menggunakan tudung saji. Selain itu, jaga pula kebersihan lantai hingga meja dapur dan jangan biarkan sisa-sisa makanan berserakan.


Baca Juga: Banyak Lalat Di Rumah? Simak Tips Mengusir Lalat Berikut Ini!


Keringkan Area Basah

Tak hanya makanan, serangga juga membutuhkan minuman untuk bertahan hidup. Karena itu, tidak sedikit serangga yang suka berdiam di area yang basah. Salah satu cara mengusir serangga jenis ini adalah dengan memastikan area di dalam rumah kamu tetap kering.

Jika ada kebocoran pada keran, saluran air atau pipa, segera perbaiki. Selain itu, pastikan alat-alat seperti AC, mesin cuci, dan pengering bekerja dengan baik sehingga tidak menimbulkan area favorit bagi serangga.

Rutin Bersih-Bersih

Lingkungan yang bersih bisa menjauhkan rumah kamu dari para serangga. Dalam hal ini, ada beberapa cara mengusir serangga yang bisa kamu lakukan. Di antaranya adalah rutin menyapu, mengepel, membersihkan debu, membersihkan wastafel, mengosongkan tempat sampah, menutup lubang-lubang serta menghindari menumpuk majalah, koran atau kotak. Lubang dan tumpukan tersebut biasanya menarik perhatian para kecoak.

Tak hanya di dalam rumah, kamu juga perlu memastikan kebersihan di luar rumah. Di antarnya adalah dengan membersihkannya dari tumpukan kayu, sampah, rongsokan, genangan air, dan rumput liar apalagi yang sudah tumbuh tinggi. Kamu juga perlu memangkas cabang-cabang pohon yang berdekatan dengan fondasi rumah. Hal-hal tersebut merupakan tempat persembunyian serangga yang bisa saja tertarik pindah ke dalam rumah kamu.


Baca Juga: Rumahmu Banyak Nyamuk? Tanam Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Berikut Ini!


Gunakan Bahan Dapur dan Tanaman

Selain mengandalkan kebersihan, banyak orang menggunakan pembasmi serangga berbahan kimia sebagai cara mengusir serangga. Pilihan tersebut tentu bisa kamu lakukan jika mau. Namun, penggunaan bahan kimia juga bisa berbahaya bagi manusia. Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu juga mencoba penggunaan bahan dapur dan alami untuk mengusir serangga dari rumah. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Garam, Cuka dan Rempah untuk Dapur

Towfiqu barbhuiya/Unsplash

Dapur kerap kali menjadi sasaran serangga kecil seperti semut, kutu, lalat dan serangga terbang. Serangga, terutama semut dan kutu, biasanya tidak menyukai rasa dan bau garam. Jika kamu merasa terganggu dengan kehadirannya, kamu hanya perlu mencampur garam dengan air lalu menyemprotkannya pada permukaan-permukaan atau sudut-sudut rumah yang biasanya menjadi sasaran serangga. Jika tidak berhasil, coba juga semprotkan langsung pada hewan tersebut.

Selain garam, kamu juga bisa membuat semprotan cuka (cuka biasa atau cuka apel) dan air dengan komposisi masing-masing 50%. Sama seperti garam, semprotkan cairan tersebut di tempat-tempat yang kerap dihinggapi serangga. Jika bau asamnya mengganggu, kamu bisa menambahkan sabun cuci piring pada campuran tersebut atau hanya menggunakan campuran air dan sabun saja.

Untuk mengusir lalat, masukkan campuran cuka apel dan sabun cuci pirng ke dalam mangkuk. Tutupi mangkuk dengan plastik lalu lubangi beberapa bagiannya agar lalat masuk dan terjebak di dalam.

Selain itu, rempah-rempah seperti kayu manis atau cengkih juga bisa menjadi solusi mengusir semut dan lalat. Kamu hanya perlu menaburkan bahan tersebut di jalan masuk semut atau menggantungkannya di pintu dan jendela untuk mengusir lalat.

Aroma rempah biasanya tidak akan membunuh serangga, namun membuat mereka menghindarinya. Karena yang kamu butuhkan adalah aromanya, kamu bisa menggunakan minyak esensial kayu manis atau cengkih untuk mengusir para serangga dari dapur.


Baca Juga: Gatal Akibat Gigitan Serangga? Cobalah Pereda Gatal Gigitan Serangga Ini!


Lemon untuk Laba-Laba

Laba-laba biasanya tidak mengganggu langsung pada manusia. Namun, sarang yang dibuatnya kerap mengganggu keindahan dan kebersihan rumah kamu. Meski tidak beracun, mereka juga bisa saja menggigit manusia.

Maka dari itu, kamu mungkin membutuhkan cara mengusir serangga ini. Kamu hanya perlu menyemprotkan campuran air bersih dan air lemon atau jeruk nipis ke area-area yang menjadi favorit laba-laba sebab serangga ini biasanya tidak menyukai hal-hal berbau citrus.

Irisan Timun atau Bawang untuk Kecoak

Bagi kamu pembenci kecoak, cara mengusir serangga satu ini mungkin bisa kamu coba. Meski terdengar aneh, para ahli berpendapat bahwa kecoak tidak menyukai aroma mentimun. Karena itu, kamu bisa mencoba mengusirnya dengan meletakkan irisan mentimun di tempat-tempat yang terlihat menjadi sarang kecoak. Namun, kamu tentu perlu menggantinya dengan irisan baru setiap minggunya.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan campuran irisan bawang merah atau bawang putih dan soda kue. Sama halnya seperti timun, tempatkan irisan tersebut di sudut-sudut favorit kecoak dan ganti potongan setiap hari sampai rumah bebas kecoak.

Soda Kue untuk Semut dan Kecoak

Selain garam dan timun, kamu juga bisa memanfaatkan soda kue sebagai cara mengusir serangga semut dan kecoak. Saat dimakan serangga, soda kue akan melepaskan gelembung karbondioksida yang kemudian membunuh serangga tersebut.

Caranya, kamu hanya perlu membasahi area yang kerap dilalui semut atau kecoak dengan sedikit air. Kamu bisa menggunakan alat penyemprot untuk membasahinya. Setelah itu, taburi area tersebut dengan sekitar dua cangkir soda. Setelah setengah jam, tambahkan secangkir cuka di atas area tersebut.

Soda Kue dan Minyak Esensial untuk Kutu

Untuk membasmi kutu, kamu perlu menaburkan soda kue di tempat kutu biasanya berada. Bersihkan lalu taburkan lagi setiap beberapa hari sekali.

Selain itu, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencampurkan beberapa macam minyak esensial dengan alkohol. Kamu bisa menambahkan minyak esensial lemon, lavender dan serai dengan alkohol. Setelah itu, semprotkan cairan tersebut ke area yang terkontaminasi. Tak hanya soda kue dan minyak esensial, kamu juga bisa memanfaatkan campuran minyak kayu putih dan detergen lalu menyemprotakannya pada habitat kutu tersebut.

Gunakan Tanaman

@jkerro/Unsplash

Sejumlah tanaman diketahui bisa kamu manfaatkan sebagai cara mengusir serangga. Selain menambah keindahan dan aroma menyenangkan, tanaman tertentu memang bisa membuat serangga enggan singgah. Di antaranya adalah:

  • Lavender (untuk nengat, kutu, lalat dan nyamuk)
  • Mint (untuk nyamuk, laba-laba, semut, dan bahkan tikus)
  • Vetiver atau akar wangi (untuk ngengat)
  • Basil (untuk lalat)
  • Daun sirih (untuk semut)
  • Daun salam (untuk lalat)
  • Kulit jeruk (untuk lebah)

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tanaman lain seperti serai, kemangi, krisan, marigold, petunia, timi, dan allium. Kamu bisa meletakkan pot tanaman tersebut di dekat jendela atau di atas meja dapur. Jika menanam tanaman terlalu merepotkan, jangan khawatir. Kamu bisa menggunakan bentuk kering tanaman atau minyak esensial tanaman tersebut sebagai gantinya.

Untuk penggunaan tanaman kering, misalnya lavender dan vetiver, kamu bisa memasukkannya ke dalam wadah plastik, kertas atau kantung kain. Setelah itu, tempatkan wadah di tempat tertentu, seperti lemari atau laci untuk mencegah serangga bersembunyi di sana. Kamu juga bisa menggosokkan atau menggantungkannya di tempat masuk serangga, misal di pintu atau jendela.

Sementara itu, untuk minyak esensial, kamu hanya perlu membuat campuran sekitar 10-15 tetes minyak dengan 250 air bersih. Selanjutnya, semprotkan campuran tersebut ke area-area di dalam rumah, seperti sekitar pintu, jendela dan ventilasi.

Recharge Energi di Bobobox!

Kesibukan sehari-hari, termasuk mengusir serangga, terkadang bisa membuat kamu lelah secara fisik dan mental. Agar tidak kehabisan energi, staycation di Bobobox bisa menjadi solusi yang tepat. Gak perlu pusing mikirin budget sebab Bobobox siap memberi kamu pengalaman menginap dengan fasilitas berteknologi lengkap dan canggih, namun dengan harga yang terjangkau! Dengan adanya communal area, pantry, vending machine hingga spot Instagrammbale, liburan kamu dijamin jauh dari kata monoton. Unduh dulu yuk aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles