via ourfeeders.me

Sisa Makanan di Kulkas Mulai Menumpuk? Jangan Dulu Dibuang! Simak Tips Mengolah Sisa Makanan Berikut Ini!

Saat-saat tertentu, misal karena acara hajatan, kiriman dari tetangga, dan membeli terlalu banyak, makanan di rumah pun jadi menumpuk. Mau dihabiskan sekaligus sudah kenyang. Karena itu, kamu pun terpaksa memasukkannya ke dalam kulkas agar makanan tidak basi dan berakhir di tempat sampah. Sayangnya, masalah tidak selesai begitu saja. Ada kalanya kamu melupakan keberadaan makanan tersebut hingga akhirnya basi juga. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mencoba tips mengolah sisa makanan berikut ini.

Daging

Laily Puspitasari via food.detik.com

Agar makanan lebih awet, kamu sebenarnya bisa memasukkan makanan tersebut ke dalam freezer. Contohnya adalah daging. Daging yang sudah dimasak bisa bertahan antara tiga sampai empat hari di dalam kulkas, namun bisa bertahan hingga tiga bulan di dalam freezer. Namun, kapasitas freezer yang kurang besar terkadang memaksa kamu menyimpannya di kulkas saja.

Agar olahan daging tidak berakhir di tempat sampah, kamu bisa mencoba tips mengolah sisa makanan berikut ini. Daging yang sudah dimasak dengan bumbu cabai, balado, kare atau rendang bisa kamu olah kembali menjadi isian nasi goreng, mi goreng hingga bihun goreng. Bumbu yang menempel tentunya akan menambah cita rasa berbeda pada nasi goreng kamu.

Tips mengolah sisa makanan lainnya untuk daging tersebut adalah menggorengnya dengan sedikit minyak hingga kering dan beraroma harum. Setelah itu, kamu bisa menyantapnya dengan nasi hangat dan sambal dadakan. Dijamin mantap!

Tak hanya itu, suwiran daging juga bisa kamu manfaatkan menjadi isian makanan lain. Sebut saja untuk isian lemper, kroket, samosa hingga puff pastry.


Baca Juga: Belanja Ramah Lingkungan Di Bulk Store Terdekat Berikut Ini!


Daging Ayam

Daging ayam merupakan salah satu bahan yang bisa kamu masak ke dalam berbagai olahan, mulai dari ayam goreng, balado, kecap hingga opor. Sama seperti daging sapi, olahan daging bisa bertahan dalam waktu lama di freezer, yaitu sekitar empat sampai enam bulan.

Namun, jika kamu tidak ingin menyimpannya dalam waktu lama, kamu bisa mencoba tips mengolah sisa makanan berupa daging ayam. Selain menjadikannya topping untuk nasi goreng, kamu juga bisa mengolahnya menjadi makanan baru. Ayam berbumbu seperi opor, gulai, dan semacamnya, bisa kamu pisahkan terlebih dulu dari bumbu atau kuahnya.

Setelah itu, kamu bisa memasaknya menjadi berbagai olahan menarik. Di antaranya adalah ayam suir serta isian untuk lemper, capcay, cireng pedas, cream soup, mi pedas, seblak, hingga chicken wrap. Kamu hanya perlu memberikan bumbu dan bahan tambahan seperti kentang dan wortel untuk lemper dan cream soup, sayuran untuk capcay, bumbu pedas untuk cireng dan mi, dan lainnya.

Ikan

Tips mengolah sisa makanan berupa ikan mungkin tidak sebanyak daging ayam. Selain agak sulit untuk diolah ulang, ikan juga akan segera menguarkan bau setelah tiga hari. Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa berbuat apa-apa dengan ikan.

Salah satu yang paling sederhana adalah menjadikannya sebagai isian untuk kulit tortilla. Kamu bisa menambahkan sayuran seperti selada, paprika, timun, dan semacamnya. Jika kamu memiliki sisa daging salmon, makanan tersebut bisa kamu masak ulang menjadi olahan kebab. Kamu hanya perlu memotongnya menjadi bagian kecil lalu menusuknya dengan tusukan bambu atau besi bersama dengan bahan tambahan seperti paprika, bawang bombai dan zucchini.


Baca Juga: Besok World Kebab Day! Simak Resep Kebab Simple Yang Bisa Kamu Coba Di Rumah Berikut Ini!


Nasi Putih

via namiagus.com

Di waktu-waktu tertentu, tidak jarang kamu juga memiliki kelebihan nasi sehingga mau tidak mau kamu harus menyimpannya di dalam kulkas. Jika itu terjadi pada kamu, tips mengolah sisa makanan berikut ini mungkin bisa membantu.

Nasi putih yang sudah masuk ke dalam kulkas adalah nasi terbaik untuk kamu olah menjadi nasi goreng keesokan harinya. Nasi yang baru matang biasanya masih mengandung banyak air sehingga olahan nasi goreng menjadi lembek. Sementara itu, nasi yang sudah masuk kulkas cenderung keras dan menjadi pera. Jenis nasi seperti itu sangat cocok untuk kamu olah menjadi nasi goreng sebab nasi tidak akan berubah lembek setelah diberi tambahan bumbu lainnya.

Selain nasi goreng, kamu juga bisa mencoba tips mengolah sisa makanan lainnya untuk nasi. Salahnya satunya adalah dengan mengolah nasi sisa menjadi kue apem. Nasi sisa dari kulkas bisa kamu hangatkan kembali lalu kamu campur dengan ragi dan kamu diamkan hingga dua malam. Setelah itu, nasi fermentasi siap diolah menjadi apem dengan tambahan bahan lain seperti tepung beras, air dan gula. Tak hanya apem, nasi sisa juga bisa kamu jadikan puding beras. Kamu perlu mengolahnya dengan bahan tambahan seperti susu, gula dan tepung beras.

Sup Sayur

Jka kamu memliki sisa sup sayuran di dalam kulkas, salah satu tips mengolah sisa makanan yang bisa kamu lakukan adalah menjadikannya isian risoles atau puff pastry. Selain menyediakan kulitnya, kamu hanya tinggal menambahkan bahan lain seperti tepung dan keju.

Sisa Lontong

Jika kamu mendapati kulkas terisi dengan sisa lontong, misal karena kelebihan membeli, sisa hari raya atau pemberian dari tetangga, jangan khawatir. Kamu bisa menjadikannya tambahan untuk olahan makanan lain, seperti ketoprak.

Makanan satu ini cukup mudah dibuat. Beberapa bahan yang kamu perlukan adalah bawang putih, cabai, kacang tanah goreng, asam jawa, air, taude dan mentimun, tahu, bihun, kecap, kerupuk dan bawang goreng. Selain itu, lontong juga bisa menjadi tambahan untuk olahan gado-gado, karedok dan lotek.


Baca Juga: Apakah Semua Jenis Pisang Dapat Dijadikan Bolu Pisang? Intip Tips Dan Resepnya Di Sini!


Makanan Sisa Hajatan

via cookpad.com

Pernahkah kamu berada dalam situasi kelebihan makanan karena keluarga atau tetangga baru saja mengadakan hajatan? Jika iya, tips mengolah sisa makanan ini bisa kamu coba.

Makanan hajatan, terutama hajatan khas pedesaan, biasanya berisi olahan kentang balado, capcay, tumis bihun, tumis cabai, tumis wortel dan buncis, dan gulai sapi, dan sebagainya. Karena cepat basi, makanan-makanan tersebut bisa kamu olah menjadi bebeye yaitu salah satu makanan khas Jawa Barat.

Cara membuatnya sangat mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan sisa-sisa makanan tersebut dalam satu wajan. Letakkan wajan di atas api kecil lalu aduk-aduk makanan tersebut hingga tercampur. Makanan satu ini bisa kamu santap bersama nasi atau ulen ketan goreng.

Susu

Susu juga kerap kali berakhir di saluran pembuangan karena sudah melewati masa expired. Untuk menghindari hal tersebut, tips mengolah makanan sisa ini mungkin bisa membantu. Selain kamu minum sebagai susu segar, susu juga bisa kamu olah menjadi keju (dengan bahan tambahan air lemon dan garam) atau yogurt (dengan menambahkan bibit yogurt).

Recharge Energi di Bobobox!

tampak bobobox alun-alun malang

Kesibukan sehari-hari, termasuk rumah, terkadang bisa membuat kamu lelah secara fisik dan mental. Agar tidak kehabisan energi, staycation di Bobobox bisa menjadi solusi yang tepat. Gak perlu pusing mikirin budget sebab Bobobox siap memberi kamu pengalaman menginap dengan fasilitas berteknologi lengkap dan canggih, namun dengan harga yang terjangkau! Dengan adanya communal area, pantry, vending machine hingga spot Instagrammbale, liburan kamu dijamin jauh dari kata monoton. Unduh dulu yuk aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

 

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles