Sumber: @avatar via Instagram

Zoe Saldana Cetak Rekor sebagai Aktor Pertama yang Membintangi 4 Film Terlaris Sepanjang Masa

Aktirs Zoe Saldana belum lama ini telah menorehkan sejarah dalam dunia perfilman Hollywood.

Pemeran Neytiri dalam film Avatar ini mencetak rekor sebagai aktor pertama yang membintangi empat film terlaris sepanjang masa yang berpenghasilan lebih dari dua miliar dolar Amerika.

Film-film ini bahkan termasuk enam besar, dan sejauh ini belum ada aktor atau aktris lain yang bisa mencapai prestasi ini.

Per Januari 2023, Zoe Saldana dikabarkan telah menghasilkan uang sekitar 12 miliar dolar. Hal ini membawanya ke peringkat kedua aktris dengan pendapatan kotor terbesar setelah Scarlett Johansson.

Lalu, bagaimana sih, perjalanan karir Zoe Saldana? Apa saja empat film box office ini, dan bagaimana tanggapan aktris ini tentang kesuksesannya? Yuk, simak lebih jauh bersama Bob!

Perjalanan Karir Zoe Saldana

zoe saldana

Sumber: ndtv.com

Lahir di Passaic, New Jersey, 44 tahun lalu, Zoe Saldana menghabiskan sebagian besar masa kanak-kanaknya di Republik Dominika.

Sebelum menggeluti dunia akting, Saldana terlebih dulu terjun ke dalam dunia tari, lebih tepatnya balet. Namun, setelah bertahun-tahun, ia kemudian memutuskan untuk berhenti.

Selain karena tidak ada lagi hasrat di dalam dirinya, Zoe Saldana mengaku tidak tertarik hanya menjadi satu dari sekian penari dalam kumpulan penari balet, karena dia terlalu ambisius dan bangga dengan dirinya.

Ia juga ingin mulai menggunakan suaranya dalam dunia akting. Dalam balet, ia memang menggunakan seluruh bagian tubuh kecuali suara.

Saat SMA, Saldana dan keluarganya kembali ke Amerika. Setelah itu, tepatnya pada 1995, ia bergabung dengan kelompok teater Faces di New York kemudian dengan New York Youth Theater.

Ia kemudian ditemukan oleh seorang agen pencari bakat yang menawarinya peran dalam musikal bertajuk Joseph and the Amazing Technicolor Dreamcoat.

Dari sana, dimulailah peran Saldana dalam film pertamanya, Center Stage, sebagai seorang balerina. Pengalamannnya menari balet selama bertahun-tahun pun tidak sia-sia.

Setelah itu, Zoe Saldana muncul dalam film-film seperti:

  • Crossroads (2002)
  • Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl (2003)
  • The Terminal (2004)
  • Star Trek (2009, 2013, 2016)

Melalui perannya dalam Star Trek, Zoe Saldana pun akhirnya menerima perhatian yang memang layak ia dapatkan setelah lama berkecimpung di dunia akting.


Baca Juga: Sinopsis Avatar 2: The Way Of Water Dan Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Menonton


Empat Film Terlaris Zoe Saldana

zoe saldana sebagai neytiri di film avatar

Sumber: avatar.com

Avatar (2009)

Hingga kini, Avatar masih setia bertengger di posisi pertama film terlaris sepanjang masa dengan keuntungan kotor mencapai 2,9 miliar dolar atau Rp43,5 triliun.

Film arahan James Cameron ini ditaksir menelan biaya produksi sekitar 237 juta dolar saja.

Karena itu, tidak heran jika Avatar meraih predikat sebagai film terlaris sepanjang masa meski telah rilis lebih dari satu dekade lalu.

Di film ini, Zoe Saldana berperan sebagai Neytiri, yaitu putri pemimpin klan Omaticaya dari suku Na’vi yang menyelamatkan Jake Sully saat tersesat di hutan Pandora.

Suku Na’vi sendiri merupakan penduduk asli Pandora yang digambarkan sebagai makhluk berkulit biru dengan tinggi mencapai tiga meter.

Avengers: Endgame (2019)

Posisi kedua dalam daftar film terlaris sepanjang masa diduduki oleh Avengers: Endgame.

Film arahan Anthony dan Joe Russo ini mendapatkan keuntungan kotor sebesar 2,79 miliar dolar atau setara Rp41 triliun dengan biaya produksi sekitar 356 juta dolar.

Pada 2019, Avengers: Endgame sebenarnya sempat mencicipi posisi puncak. Namun, pada 2021, Avatar kembali mengambil alih posisi tersebut setelah perisilan ulang filmya di Cina.

Film Avengers: Endgame berfokus pada para Avenger yang tersisa untuk melawan musuh terkuat mereka, Thanos, demi menyelamatkan semua orang.

Di film sebelumnya, Thanos telah berhasil mengumpulkan semua infinity stone dan melenyapkan setengah makhluk hidup di alam semesta dengan jentikan jarinya.

Zoe Saldana berperan sebagai Gamora, anggota tim Guardians of the Galaxy yang ikut berperang melawan Thanos.

Keberadaan Gamora setelah penayangan Avengers: Endgame sebenarnya sempat menjadi misteri.

Sebagai anak buah Thanos, ia seharusnya lenyap bersama Thanos dan pasukannya setelah Iron Man menjentikkan infinity stone.

Namun, Gamora rupanya tidak berubah menjadi debu seperti yang dikhawatirkan banyak penggemar. Sebab, sosok ini muncul dalam deleted scene di bagian akhir Avengers: Endgame.


Baca Juga: Bukan CGI, “Thing” Sahabat Wednesday Addams Diperankan Aktor Sungguhan


Avatar: The Way of Water (2022)

Selain kedua film itu, Zoe Saldana juga muncul dalam Avatar: The Way of Water yang kini bertengger di posisi keempat film terlaris sepanjang masa.

Sekuel film Avatar ini berhasil meraup pendapatan sebesar 2,1 miliar dolar atau Rp31 triliun.

Sama seperti sebelumnya, Zoe Saldana masih berperan sebagai Neytiri yang kini telah menjadi ibu bagi empat anak dengan suaminya Jake Sully.

Dengan kemampuannya sebagai seorang pejuang andal, Neytiri selalu berusaha sekeras mungkin untuk melindungi keluarga dan sukunya. Ia melakukan berbagai cara saat Pandora kembali mendapat ancaman dari RDA.

Kesuksesan film ini tak hanya membuahkan rekor bagi Zoe Saldana, tetapi juga sang sutradara, James Cameron.

James Cameron kini menjadi sutradara pertama yang memiliki tiga film terlaris sepanjang masa: Avatar, Avatar 2, dan Titanic (1997).

Bukan cuma itu, kehadiran film satu ini juga menorehkan rekor lainnya, yaitu satu-satunya sekuel dari film pertama yang menempati salah satu posisi puncak 10 besar film terlaris sepanjang masa.

Avengers: Infinity War (2018)

Terakhir adalah Avengers: Infinity War yang menduduki peringkat keenam film terlaris sepanjang masa.

Posisi ini berada di bawah Avatar, Avengers: Endgame, Titanic, Avatar: The Way of Water, dan Star Wars: Episode VII – The Force Awakens.

Dengan keuntungan kotor sebesar 2,05 miliar dolar atau Rp 30,5 triliun, film ini menelan biaya produksi sebesar 257 juta dolar.

Dalam rangkaian film Marvel Cinematic Universe ini, Zoe Saldana berperan sebagai Gamora yang harus mati di tangan Thanos.

Sebagai anak angkat yang Thanos sayangi layaknya anak sendiri, Thanos mengorbankan Gamora dengan melemparkannya dari tebing persemabahan.

Dari pengorbanan ini, Thanos pun bisa mendapatkan soul stone.

Sementara itu, filmnya sendiri berfokus pada ambisi Thanos untuk mengumpulkan infinity stone serta menguasa alam semesta.


Baca Juga: Ngefans Wednesday Addams? Ikonik dan Misterius, Intip Lokasi Syuting Serial Terbaru Netflix Ini


Pendapat Zoe Saldana Terkait Kesuksesannya

zoe saldana

Sumber: @zoesaldana via Instagram

Kesuksesan Zoe Saldana memang tidak bisa lepas dari keterlibatannya dalam film Avatar dan Avengers.

Meski begitu, ia sebenarnya sempat merasa terjebak dengan franchise film yang ia geluti, termasuk Avatar, Star Trek, dan MCU.

Dia tentu merasa bersyukur dengan kesempatan yang ia dapatkan. Ia bisa bekerja sama dengan para sutradara hebat, bertemu banyak pemeran yang ia anggap teman, serta memainkan peran yang disukai anak-anak.

Hanya saja, di sisi lain, ia tidak bisa mengembangkan kemampuan atau menantang diri sendiri dengan memainkan beragam genre dan peran.

Pernyataan itu ia sampaikan pada Women’s Wear Daily yang merilisnya pada akhir November 2022 lalu. Namun, pada pertengahan Desember, Saldana meluruskan pernyataannya tersebut.

Zoe Saldana mengaku sangat beruntung bisa menjadi bagian dari waralaba film dengan pendapatan jutaan dolar, terlebih dengan banyaknya anak-anak dan orang dewasa yang menyukainya.

Dia merasa menjadi perempuan paling beruntung karena telah bergabung dalam film-film dengan para sutradara dan pemain spesial.

Selain itu, film-film tersebut juga memiliki dampak besar yang tidak lekang oleh waktu, sehingga ia pun bisa terus kembali.

Belum lagi, ia juga menuai banyak keuntungan, mendapatkan banyak teman, dan memiliki mentor-mentor yang bisa dia andalkan.

Namun, Saldana mengakui bahwa sulit baginya untuk menyeimbangkan kehidupan keluarga dengan jadwal kerja yang sangat menuntut.

Ia juga kesulitan menekan rasa penasaran tentang memainkan karakter lain atau karakter sebagai penduduk Bumi.

Meski begitu, ia tetap bahagia dengan perannya di ruang angkasa. Saldana pun bisa memahami bahwa orang-orang memang menyukai ruang angkasa.

Oleh karena itu, jangan bosan untuk menantikan kehadiran Zoe Saldana sebagai Neytiri di sekuel Avatar selanjutnya, juga Gamora dan Guardians of the Galaxy Vol. 3.


Mau Me Time Sambil Nonton Serial Favorit?

Butuh tempat me time biar puas nonton film dan serial kesayangan tanpa gangguan? Nggak usah pusing mencari tempat, langsung saja ke Bobobox!

Hotel kapsul ini nyaman dan higienis, harganya terjangkau, dan Wi-Finya super kencang. Kegiatan nontonmu pun akan aman tanpa gangguan.

Fasilitas Wi-Fi ini dapat diakses di seluruh area hotel, jadi kamu bisa leyeh-leyeh dalam kamar atau pindah ke area lain jika sudah bosan.

Bobobox juga menyediakan fitur moodlamp. Atur ke temaram atau terang, sesuaikan saja dengan kegiatanmu di dalam pod, seperti tidur, berfoto, bekerja, membaca buku, dan menonton.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasinya yuk!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles