rule of thirds adalah

Mengenal Rule of Thirds, Teknik Wajib untuk Kamu yang Senang Mengambil Foto di Gunung

Ada banyak teori fotografi yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan foto yang terlihat proporsional dan menghasilkan komposisi tertentu. 

Salah satu teori fotografi ini adalah teori rule of thirds.

Apa Itu Rule of Thirds?

Apa Itu Rule of Thirds

Sumber: pixel.web.id

Ingin mulai belajar mengambil foto yang terlihat profesional? Kamu bisa mulai dengan mempelajari prinsip aturan segitiga atau rule of thirds.

Rule of thirds adalah salah satu istilah dalam dunia fotografi yang merujuk pada cara memosisikan objek foto di sepertiga bagian dalam foto.

Tujuan aplikasi teori rule of thirds ini adalah agar gambar terlihat lebih estetis. Untuk mengaplikasikan teori rule of thirds, kamu bisa menggunakan setting pada kamera.

Caranya, pilih pengaturan untuk memunculkan tampilan sembilan kotak pada display kamera, dengan jumlah empat buah titik yang bertemu di tengah-tengah bidang tersebut.

Baca Juga: Suka Fotografi? Ini Dia 5 Ponsel dengan Kamera Terbaik yang Canggih!

Beberapa Cara Menerapkan Rule of Thirds dalam Fotografi

Rule of thirds ini merupakan pembelajaran dasar dalam komposisi fotografi. Foto diambil dengan memanfaatkan garis-garis perpotongan, yang akan memudahkan kamu dalam menentukan posisi objek pada jepretan.

Agar kamu bisa lebih memahami penggunaan aturan segitiga dalam memotret, simak contoh-contoh komposisi rule of thirds untuk berbagai gaya fotografi berikut ini.

1. Landscape Photography

Landscape Photography

Sumber: itsjustlight.com

Pertama adalah landscape photography, yang menerapkan aturan segitiga pada gaya fotografi.

Untuk mendapatkan komposisi foto rule of thirds yang satu ini, kamu bisa coba menempatkan objek di titik tengah sebelah kanan serta kedua titik tengah di sebelah bawah, atau bisa juga sebaliknya.

2. Portrait Photography

Portrait Photography

Sumber: rangefinderonline.com

Komposisi kedua rule of thirds adalah portrait photography, yang bisa kamu coba dengan cara memposisikan objek di salah satu garis vertikal.

Kamu tidak perlu memosisikan kamera tepat di titik tersebut. Namun, penting diketahui, semakin dekat objek dengan garis, maka semakin baik juga komposisi foto yang bisa kamu hasilkan.

3. Street Photography

Street Photography

Sumber: ​​ExpertPhotography

Komposisi terakhir rule of thirds adalah street photography.

Bagi kamu yang ingin menghasilkan gambar yang lebih menarik, kamu bisa coba memposisikan objek pada titik-titik yang akan jadi persimpangan garis horizontal dan vertikal.

Langkah Melakukan Rule of Thirds 

Setelah memahami apa itu rule of thirds, ini dia langkah-langkah yang bisa kamu coba untuk mengaplikasikan komposisi foto ini:

1. Tentukan Objek Utama dan Point of Interest Foto Secara Keseluruhan

Tentukan Objek Utama dan Point of Interest Foto Secara Keseluruhan

Sumber: merahputih.com

Langkah pertama dalam melakukan rule of thirds adalah dengan memiliki gambaran hasil foto seperti apa yang kamu ingin dapatkan.

Lakukan tahapan ini sebelum mulai memotret, agar memudahkan kamu dalam memilih titik foto yang sesuai dengan visi dan idemu.

Kamu bisa menentukan point of interest foto yang kamu inginkan berdasarkan pilihan pribadi, sesuai dengan tempat memotret atau objek yang dipotret.

Selain itu, usahakan latar belakang foto tidak terlalu mengganggu perhatian. Dengan begitu, saat orang melihat foto kamu, maka perhatian mereka langsung tertuju pada objek utama foto alih-alih keributan di belakangnya.

2. Bayangkan Garis Imajiner Lewat Viewfinder Kamera

Garis Imajiner Lewat Viewfinder Kamera

Sumber: SLR Lounge

Selanjutnya, kamu bisa coba memanfaatkan layar LCD dan garis bantu, yang biasanya bisa kamu munculkan pada mode live view

Jika kamu merupakan pengguna kamera smartphone, kamu bisa membayangkan garis imajiner tadi dan membagi layar smartphone seperti foto di atas.

3. Coba Beberapa Titik Lainnya dari Komposisi Rule of Thirds

Coba Beberapa Titik Lainnya dari Komposisi Rule of Thirds

Sumber: review.bukalapak.com

Setelah berhasil menempatkan objek utama pada titik persimpangan garis, langkah selanjutnya adalah memotret ulang objek tersebut dari titik lainnya.

Dengan memiliki beberapa opsi titik objek foto yang kamu inginkan, kamu bisa mengetahui kekuatan tiap hasil foto yang kamu ambil sebelum memilih yang paling bagus. 

Baca juga: 5 Tips Foto Traveling yang Wajib Diketahui, Bikin Hasilnya Jadi Lebih Mantap!

4. Crop atau Edit Foto dengan Aplikasi Editing Foto

Crop atau Edit Foto dengan Aplikasi Editing Foto

Sumber: fotor.com

Langkah rule of thirds yang terakhir adalah menge-crop dan mengedit foto. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi editing foto sederhana di ponsel atau software di laptop sesuai preferensi dan kebiasaan.

Dengan melakukan tahap terakhir ini, kamu bisa menyempurnakan hasil foto agar hasilnya maksimal, lebih indah dilihat, dan memenuhi visi artistik kamu. 

Baca Juga: Ingin Mencoba Kamera Analog? Ini Dia Tips Fotografi Analog untuk Pemula!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox

lobby 2

Sumber: bobobox.com

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. 

Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan: jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi alternatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox Maximum Comfort Banner

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles