tips foto traveling

5 Tips Foto Traveling yang Wajib Diketahui, Bikin Hasilnya Jadi Lebih Mantap!

Saat liburan, belum lengkap rasanya jika kamu tak mengabadikan momenmu. Sayangnya, banyak orang yang masih kurang tahu tips foto traveling yang seharusnya dikuasai.

Dengan memahami sejumlah tips ini, foto atau gambar yang dihasilkan tentu akan jauh berkualitas. Ini membuat foto-fotomu akan lebih menarik perhatian saat dipajang di story atau feed Instagram.

Jika belum tahu tips-tips tersebut, tidak usah risau. Bob sudah merangkum sejumlah tips foto traveling yang bisa kamu aplikasikan. Penasaran? Simak ulasan lengkapnya pada artikel di bawah ini!

Tips Foto Traveling agar Hasilnya Instagramable

1. Ambil Sudut Pandang Unik

Tips foto traveling pertama adalah mengambil sudut pandang unik. Lakukan ini agar kamu bisa menghasilkan foto, baik tempat ataupun orang, yang terlihat berbeda dan lebih menarik.

Untuk melakukannya, cek kembali kebiasaanmu dalam mengambil foto. Jika terbiasa mengambil gambar saat berdiri atau duduk, kamu bisa mengambil sudut pandang lebih rendah atau tinggi sebagai pilihannya.

pemandangan alam

Sumber: @david-bartus-43782 via Pexels

2. Perhatikan Komposisi Foto

Dalam fotografi, ada beberapa aturan tertulis terkait peletakkan objek dalam sebuah frame. Beberapa di antaranya adalah rule of thirds, golden ration, dan masih banyak lainnya.

Sebenarnya, tidak ada yang salah soal komposisi foto ini. Meski begitu, jika kamu memahami lebih dalam soal komposisi foto atau peletakkan objek, ini akan membantumu mendapatkan foto dengan sudut yang maksimal.

tips foto traveling cek komposisi foto

Sumber: petapixel.com


Baca Juga: Ingin Mencoba Kamera Analog? Ini Dia Tips Fotografi Analog Untuk Pemula!


3. Ambil Foto saat Golden Hour

Pagi dan sore adalah saat di mana matahari berada di cakrawala. Oleh karenanya, kondisi ini dapat menghasilkan warna dan cahaya yang hangat, serta lebih menonjolkan dimensi suatu subjek.

Tips foto traveling yang bisa dicoba adalah mengambil foto pada saat golden hour atau pagi dan sore hari. Pada momen-momen ini, cari spot foto terbaik yang bisa kamu temukan sembari menikmati udara segar.

pemandangan di sore hari

Sumber: @hazardos via Pexels

4. Eksperimen dengan Pengaturan Kamera

Untuk mendapatkan foto yang aesthetic dan instagramable, kamu tidak harus menggunakan kamera yang mahal. Akan sangat disayangkan jika punya kamera yang mahal tetapi tidak mengerti cara pengaturannya.

Walhasil, kualitas gambar yang seharusnya ciamik malah jadi apa adanya. Untuk itu, sebaiknya pahami terlebih dahulu pengaturan di kamera yang kamu punya. Setelah mulai menguasai, dijamin hasil bidikanmu pun akan jauh lebih baik.

tips foto traveling atur setting kamera

Sumber: @george-milton via Pexels


Baca Juga: 5 Tips Mengambil Foto Instagramable Ketika Liburan di Pantai


5. Gunakan Lensa yang Sesuai

Tips foto traveling terakhir adalah menggunakan lensa yang sesuai. Bagi yang belum tahu, ada istilah aperture dalam lensa, yang memengaruhi hasil perubahan pada gambar atau foto.

Aperture yang bisa dilebarkan atau dipersempit ini dapat mengendalikan seberapa banyak cahaya yang bisa melewati lensa menuju sensor. Inilah yang menyebabkan adanya perubahan pada foto saat dijepret.

Makin besar aperture, makin mahal juga harganya. Lensa dengan aperture besar umumnya dipakai untuk mengambil dari jarak relatif jauh. Untuk itu, pastikan kembali bahwa lensamu sudah sesuai dengan objek yang ingin difoto.

tips foto traveling pilih lensa kamera

Sumber: @jonas-svidras via Pexels

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Akomodasi penginapan yang nyaman tentu menjadi hal wajib saat liburan. Oleh karenanya, memilih akomodasi yang tepat menjadi satu hal yang harus diperhatikan

Salah satu akomodasi penginapan yang recommended adalah Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasiltas mumpuni agar kamu merasa nyaman dan betah berlama-lama.

Informasi pemesanan bisa kamu cek di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles