@oulashin/Unsplash

5 Tips Mengambil Foto Instagramable Ketika Liburan di Pantai

Pantai menjadi salah satu tujuan wisata favorit untuk berlibur dan melepas penat. Hamparan pasir putih, lautan biru yang luas, serta sinar matahari berlimpah memang selalu sukses menaikkan mood para wisatawan. Selain untuk dinikmati, gambaran indah itu tentu sayang jika tidak kamu abadikan dalam foto yang bisa kamu bagikan di media sosial Instagram. Agar hasilnya tidak mengecewakan, lima tips foto Instagrammable berikut ini mungkin bisa membantu.

Perhatikan Timing

tips foto instagrammable, timing

ibuki Tsubo/Unsplash

Pantai merupakan salah satu tempat terbaik untuk menangkap gambar epik dan ikonis yang bisa kamu bagikan di media sosial. Namun, untuk memperoleh gambar yang bagus, kamu mungkin memerlukan beberapa tips foto Instagrammable. Salah satunya adalah dengan memerhatikan timing.

Pemilihan waktu yang tepat tentunya menjadi faktor penting dalam kesuksesan sebuah foto. Seperti yang kamu tahu, waktu di pantai mungkin terasa panjang karena kamu akan mendapat limpahan sinar matahari yang tidak terhalau bangunan ataupun pepohonan sebelum sang surya kembali ke peraduan.

Maka dari itu, sunset menjadi salah satu waktu terbaik untuk memperoleh gambar yang insta-worthy saat berada di pantai. Meski gampang-gampang susah, kamu bisa mulai mengambil gambar sekitar satu jam sebelum matahari benar-benar tenggelam. Jika terlalu awal, pemandangannya masih terlalu cerah sedangkan jika terlalu malam kamu justru kekurangan cahaya.

Saat menjelang tenggelam, matahari akan memberikan cahaya keemasan yang lembut pada latar belakang serta objek foto kamu. Selain itu, sinarnya juga tidak lagi menyengat sehingga kamu tidak perlu memakai kaca mata karena kesilauan. Kamu bisa berdiri atau duduk di atas selimut sambal melihat sunset lalu minta temanmu untuk mengambil foto kamu dengan latar tersebut.

Jika kamu rela bangun pagi, kamu juga bisa mengambil foto saat sunrise yang tak kalah cantik dari sunset. Keduanya sama-sama memberi bayangan, gradasi dan warna natural cantik seperti pink, ungu, oranye dan kuning yang menarik perhatian banyak orang.


Baca Juga: Ingin Terlihat Lebih Tinggi Di Foto Maupun Secara Langsung? Ikuti 9 Tips Yang Mudah Dan Efektif Ini Yuk!


Pilih Lokasi yang Tepat

tips foto instagrammable, lokasi

@nashah/Unsplash

Kerap dijuluki surga dunia, pantai memang memberikan banyak kesempatan untuk hasil foto yang menakjubkan. Namun, tidak jarang pantai yang sudah banyak terjamah justru menjadi terlalu kotor dan ramai. Kamu tentu tidak mau ada pemandangan gerombolan orang asing yang tengah berjemur menjadi latar foto kamu.

Untuk itu, kamu memerlukan tips foto Instagrammable lainnya, yaitu menemukan spot yang tepat dengan kondisi lebih sepi dan bersih sehingga kamu merasa nyaman untuk berfoto. Kamu bisa berdiri di dekat area berpohon kelapa untuk menegaskan suasana pantai.

Kamu juga bisa mendekat ke pantai dan menjadikan hamparan pasir dan lautan biru sebagai latar belakangnya. Gambaran tersebut akan terlihat bagus di Instagram sebab foto yang dihasilkan biasanya terlihat bersih.

Untuk posenya, ada banyak pilihan yang bisa kamu coba. Salah satunya dengan merentangkan tenang seolah sedang merayakan kebebasan dari keseharian kamu. Selain itu, kamu juga bisa berdiri, duduk di pasir, bebatuan atau kursi, dan menyilangkan kedua tangan di atas kepala seolah sedang menari dengan elegan. Keep it simple saja. Namun, pastikan tubuh rileks, hindari menyilangkan tangan di dada dan jangan senyum terlalu lebar karena hal itu membuat hasil foto kurang natural.


Baca Juga: Bosan Pose Foto Yang Itu-Itu Saja Dengan Pasangan? Coba 7 Pose Menarik Ini Yuk!


Gunakan Rule of Thirds

via Pinterest

Tips foto Instagrammable berikutnya yang bisa kamu coba adalah “rule of thirds” atau aturan sepertiga. Sesuai dengan namanya, tips foto Instagrammable ini mengacu pada istilah dalam dunia fotografi yang membagi bidang foto kamera ke dalam tiga bagian yang sama besar, baik vertikal maupun horizontal. Pembagian tersebut menunjukkan sembilan kotak pada display kamera dengan empat titik temu di bagian tengah.

Empat titik temu tersebut merupakan daerah yang kerap menarik perhatian mata saat tengah melihat gambar. Dengan meletakkan objek foto di salah satu titik tersebut, maka gambar yang kamu ambil bisa terlihat lebih menarik, estetik dan seimbang.

Dengan kata lain, objek foto kamu bisa mengambil sepertiga atau dua per tiga bagian dari frame. Objek foto yang mencakup keseluruhan frma atau setengah frame kerap kali terlihat seperti foto yang diambil sembarangan atau di-cropped sembarangan. Aturan ini tentu tidak berlaku untuk foto close-up sebab hal itu memang dibutuhkan untuk menangkap detail.


Baca Juga: Siap Untuk Menantang Ombak? Kunjungi Pantai Terbaik Untuk Surfing Berikut Ini!


Koordinasi Warna

@locked_in_the_lens/Unsplash

Tips foto Instagrammable selanjutnya adalah koordinasi warna sebab faktor satu ini juga kerap menjadi penarik perhatian. Dengan menggunakan tips foto Instagrammable ini, kamu perlu mengkoordinasi warna foto yang akan kamu ambil.

Misalnya, kamu bisa memilih untuk mengenakan outfit yang matching dengan suasana pantai, seperti menggunakan bathing suit atau dress berwarna biru. Pilihan lainnya adalah dengan mengenakan pakaian berwarna cerah yang akan menciptakan kontras di dalam foto kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengenakan warna putih yang bisa matching sekaligus menonjol di saat yang sama dengan suasan pantai.

Selain pemilihan warna pakaian, kamu juga bisa bermain dengan warna dengan menggunakan Filter Settings atau Edit Settings. Dengan menggunakan Edit Settings yang biasanya terletak di dekat Filter Settings, kamu bisa bermain dengan brightness, warmth, saturation dan color.

Manfaatkan Burst Mode

tips foto instagrammable, burst mode

@frankiefoto/Unsplash

Seperti yang kamu tahu, pantai penuh dengan beragam objek dengan pegerakan yang cepat dan tidak bisa kamu prediksi. Meski terdengar sederhana, tidak sedikit orang menyukai foto air yang tenang, ombak yang menghempas batuan atau sekawanan burung yang terbang di cakrawala. Untuk mendapatkan foto tersebut, kamu bisa memanfaatkan fitur burst mode.

Menggunakan burst mode bisa membantu mengaktivasi shutter pada kamera ponsel kamu. Dengan begitu, kamera bisa mengambil gambar tanpa henti. Selain mengambil gambar pemandangan indah tersebut, kamu juga bisa meminta teman kamu menjadi objek di tengah hempasan ombak yang menyapa pasir pantai. Jangan lupa untuk bergantian agar kamu juga punya momen indah dengan tips foto Instagrammable ini.

Keberadaan seseorang di dalam foto tersebut bisa memberi kesan pergerakan atau tindakan pada foto yang kemudian menarik perhatian banyak orang. Tips foto Instagrammable ini juga sangat membantu saat kamu ingin mengambil gambar melompat bersama teman atau keluarga.

Agar hasilnya maksimal, kamu akan membutuhkan peralatan tamabahan, contohnya tripod. Setelah selesai, kamu bisa memilah gambar yang menangkap apa yang kamu inginkan dan abadikan dalam foto.

Hotel Instagrammable? Ya Bobobox!

Ingin staycation sambil stok foto untuk feeds Instagram? Ke Bobobox saja! Selain menawarkan tempat yang nyaman serta harga terjangkau, hotel kapsul satu ini juga Instagrammable banget.

Desainnya yang minimalis bisa kamu jadikan latar untuk berfoto bahkan di dalam kamar mandi sekalipun. Berfoto di dalam pod pun tak jadi masalah. Dengan bantuan fitur moodlamp yang menawarkan banyak pilihan warna cahaya, kamu bisa menyulap suasana kamar menjadi studio foto dadakan. Pilih saja warna yang kamu mau dan siapkan pose terbaik kamu. Yuk, unduh dulu aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles