phobia laut

Mengenal Thalassophobia, Phobia Penyebab Takut pada Laut Dalam

Ketika kita mendengar kata pantai, apa saja yang datang ke dalam pikiran? Di antaranya pasti meliputi liburan, tempat bersantai, atau pun keseruan main air. Tapi ternyata, ada orang-orang yang justru takut saat mendengar kata pantai lho. Mereka adalah orang dengan phobia laut atau yang biasa dikenal dengan thallasophobia.

Thalassophobia adalah sebuah jenis phobia atau ketakutan berlebih terhadap laut dan perairan luas lainnya. Kondisi ini termasuk sebagai salah satu bentuk gangguan kecemasan dan perlu ditangani, jika tidak dapat memengaruhi kesehatan mental penderitanya.

Lalu, apa saja faktor dibalik phobia laut? Apakah ada ciri-ciri tertentu pada penderita thalossophobia? Berikut pembahasan lengkapnya.


Baca Juga: 10 Fobia Aneh Tapi Nyata Ini Akan Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala!


Definisi dan Penyebab Thalassophobia

phobia laut

Source: Cristian Palmer via Unsplash

Thalassophobia adalah jenis phobia yang melibatkan rasa takut berkelanjutan dan berlebih terhadap perairan luas dan dalam seperti laut dan samudera. Kata thalassophobia sendiri berasal dari bahasa Yunani “thalasa” yang berarti laut serta “phobos” yang berarti ketakutan.

Berbeda dengan aquaphobia yang merupakan rasa takut pada air itu sendiri, thalassophobia lebih menekankan pada badan air yang terlihat luas, gelap, dan dalam. Karakteristik ini membuat badan air tampak berbahaya, sehingga penderita thalassophobia juga merasa takut pada berbagai makhluk yang berada di dalam perairan tersebut.

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan phobia laut ini, antara lain:

1. Genetik

Ketika ada anggota keluarga yang juga mengalami phobia laut maupun samudera.

2. Pengalaman Traumatis

Ketika seseorang menyaksikan, mendengar, atau pun mengalami secara langsung hal buruk terkait laut. Contohnya, peristiwa tenggelam atau celaka akibat serangan hewan dalam air.

3. Gangguan Fungsi Otak

Kondisi ini bisa terjadi ketika bagian otak yang berfungsi merespons rasa takut belum berkembang dengan baik. Sehingga dapat menyebabkan rasa takut berlebih yang dapat mendorong seseorang untuk bertindak irasional ketika dihadapkan dengan laut.


Baca Juga: Kenali 10 Gejala Gangguan Mental Yang Umum Terjadi


Tanda dan Gejala Thalassophobia

phobia laut

Source: Jeremy Bishop via Unsplash

Ketika dihadapkan dengan laut, pengidap thalassophobia dapat menunjukkan gejala emosional maupun fisik. Beberapa gejala meliputi:

  • Perasaan cemas
  • Ingin melarikan diri
  • Merasa terpisah dari situasi
  • Berekeringat dingin
  • Jantung berdebar
  • Sesak napas
  • Pusing
  • Mual

Respons rasa takut tidak hanya terjadi ketika adanya kontak langsung dengan laut seperti ketika berada di atas perahu atau pesawat yang tengah terbang di atas lautan saja. Tetapi juga ketika membayangkan perairan luas, melihat foto lautan, atau dengan mendengar kata sehubungan badan perairan luas. Rasa takut ini menyebabkan pengidap phobia laut sebisa mungkin menghindari badan air besar.


Baca Juga: Yuk, Lakukan 7 Hal Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mental Kamu!


Penanganan Phobia Laut

phobia laut

Source: David Romualdo via Unsplash

Berikut beberapa cara untuk menangani Thalassophobia:

1. Terapi Perilaku Kognitif

Jenis terapi ini biasanya disarankan demi mengatasi thalassophobia. Terapi perilaku kognitif berfungsi untuk mengubah pola pikir dan respons penderita phobia laut ke arah yang lebih positif.

Proses terapi perilaku kognitif dilakukan demi mendorong pengidap dalam mengidentifikasi rasa cemas. Sehingga dapat membantu penderita dalam mencari solusi dan menerapkan kebiasaan positif untuk menghadapi ketakutan mereka.

2. Terapi Pemaparan

Jenis terapi ini melibatkan kontak langsung dengan laut, sebagai objek yang ditakuti oleh pengidap thalassophobia. Terapi pemaparan bertujuan untuk membuktikan bahwa situasi asli tidak lah seberbahaya yang mereka bayangkan.

Kontak bisa dilakukan secara langsung maupun melalui gambar atau video laut. Terapis kemudian akan meminta pengidap untuk mencoba menyentuh gambar tersebut sementara ia menjelaskan berbagai hal positif dan rasional tentang badan air tersebut.

3. Pemberian Resep Obat

Sebagai upaya terakhir, dokter dapat meresepkan obat untuk mengurangi gejala kecemasan dan ketakutan.

Hilangkan Cemas, Healing di Bobobox!

Merasa cemas karena banyak tanggung jawab yang harus kamu penuhi? Jangan sampai terjebak rasa takut kamu ya. Saatnya healing sejenak di Bobobox biar bebas dari rasa cemas!

Lepaskan beban tanggung jawab di hotel kapsul Bobobox biar istirahat lebih tenang. Setiap pod dilengkapi dengan desain yang modern dan dapat diatur sesuka hati. Langsung atur pencahayaan sesuai suasana yang kamu cari biar menginap jadi lebih nyaman. Jangan lupa foto-foto untuk selalu mengingat pengalaman staycation yang satu ini.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan bebaskan diri dari rasa cemas. Untuk informasi lebih lanjut unduh aplikasi di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles