Source: makyzz via Freepik

Hari Demokrasi Internasional: Apa Artinya Bagi Indonesia?

Tanggal 15 September selalu diperingati sebagai Hari Demokrasi Internasional demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan prinsip-prinsip demokrasi. Dengan begitu, masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam meninjau keadaan demokrasi di dunia.

Lalu, apa artinya peringatan Hari Demokrasi Internasional bagi Indonesia? Apa sejarah di balik peringatan ini? Yuk, pelajari informasi lengkapnya!


Baca Juga: Teori Konspirasi Paling Menyeramkan Di Dunia. Kamu Percaya Tidak?


Sejarah Hari Demokrasi Internasional

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengeluarkan resolusi yang menetapkan tanggal 15 September sebagai Hari Demokrasi Internasional pada tahun 2007 lalu. Resolusi tersebut bertujuan untuk mendorong penegakan sistem demokrasi yang terbuka di antara semua negara anggota Piagam PBB.

PBB telah melakukan berbagai upaya advokasi demi mempromosikan sistem demokrasi di seluruh dunia. Antara lain dengan membantu memantau pemilihan umum, meninjau akuntabilitas demokrasi negara, maupun membantu negara-negara konflik bangkit dan membentuk konstitusi sendiri.

hari demokrasi internasional

Source: Element5 Digital via Unsplash

Tema Hari Demokrasi Internasional 2022

Sistem demokrasi adalah sistem pemerintahan yang menempatkan rakyat – baik secara langsung atau perwakilan – sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Rakyat bisa terlibat dalam perumusan, pengembangan, hingga pembuatan hukum.

Pers adalah bagian penting dalam memastikan kelancaran demokrasi negara. Dengan adanya kebebasan pers, rakyat bisa mendapatkan informasi yang terkait dengan kepentingan umum. Rakyat bisa membuat keputusan dengan baik dan mengkritisi pemerintah sebagai wakil rakyat.


Baca Juga: 10 Tradisi Unik Indonesia Yang Tak Akan Bisa Ditemui Di Negara Lain


Sayangnya, kebebasan pers di lima tahun terakhir terus menurun. Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) melaporkan bahwa sebanyak 85% populasi dunia mengalami penurunan kebebasan pers di negaranya. Demokrasi pun terhambat karena banyak negara yang menahan atau bahkan memutus alur informasi bagi masyarakat.

Tahun ini, peringatan Hari Demokrasi Internasional mengangkat tema Kebebasan Pers. PBB akan mengadakan diskusi di studio SDG sebagai bagian dari seri SDG Roundtable. Topik diskusi menekankan pentingnya perlindungan kebebasan media sebagai bagian penting dari demokrasi yang baik.

Source: freepik via Freepik

Indonesia Sebagai Negara Demokrasi

Indonesia dinyatakan sebagai negara demokrasi sejak hari kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya dalam menegakkan demokrasi, antara lain melalui pemilihan umum dan pembentukan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) serta Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Meski demikian, sistem demokrasi di Indonesia masih dihadapi sejumlah tantangan. Reporters Without Borders menyatakan dalam Indeks Kebebasan Pers Dunia 2022, skor Indonesia turun dari 62,60 pada tahun 2021 menjadi 49,27 di tahun 2022 ini.


Baca Juga: 10 Tokoh Perempuan Indonesia Inspiratif Yang Layak Jadi Panutan


Jurnalis menghadapi potensi pidana melalui Keberadaan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Kompas memperkirakan bahwa jurnalis Indonesia juga menghadapi tekanan ekonomi di masa pandemi melalui pemecatan atau pun pemotongan 20-30% gaji karyawan.

Di sini lah peran masyarakat menjadi penting. Demi penyebaran informasi yang merata untuk semua kalangan masyarakat, di Hari Demokrasi Internasional ini mari lah sebarkan kesadaran tentang pentingnya peran pers dalam penegakan demokrasi. Dengan demikian, kita dapat berkontribusi dalam memenuhi kepentingan bersama.

Bersantai Tenang di Bobobox

Pengen lepaskan penat dengan nonton film atau baca buku favorit dengan nyaman dan tanpa gangguan? Yuk, staycation di Bobobox!

Hotel kapsul satu ini menyediakan suasana yang tenang lengkap dengan wi-fi super kencang untuk binge-watching. Kamu bisa atur pencahayaan di dalam pod sesuai suasana hati demi kenyamanan kamu. Supaya kamu punya gambaran nyata soal pengalaman menginap di Bobobox, langsung aja keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Bisa perhatikan suasana sebelum sampai tempatnya deh!

Ayo staycation singkat dan hilangkan segala penat kamu! Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles