Perpustakaan terindah di dunia

Berjalan-jalan Mengitari 7 Perpustakaan Terindah di Dunia

Perpustakaan terindah di dunia akan membuatmu betah membaca seharian bukan hanya karena koleksinya yang lengkap, tapi juga arsitektur dan interiornya yang mengagumkan.

Bagi para pencinta buku, mungkin mengunjungi perpustakaan juga masuk dalam wishlist liburan. Memang, perpustakaan kini tak lagi hanya jadi tempat membaca dan belajar, tapi juga tempat wisata.

Di perpustakaan terindah di dunia berikut ini, kamu pasti akan betah berlama-lama membaca buku berkat arsitektur dan interiornya yang cantik. Beberapa bahkan punya nilai sejarah yan akan menambah wawasan.

Jadi, di mana saja sih lokasi perpustakaan terindah itu? Simak daftarnya di sini!


Baca Juga: Yuk Intip 7 Perpustakaan Indonesia Terbaik yang Nyaman Berikut Ini!


7 Perpustakaan Terindah di Dunia Versi Bob

Trinity College Library, Irlandia

trinity college library perpustakaan terindah di dunia

Sumber: Paulo Nunes dos Santos via The New York Times

Perpustakaan yang pertama ini wajib banget ada di wishlist kamu. Trinity College Library di Dublin—ibu kota Irlandia—ini adalah bangunan bersejarah sekaligus perpustakaan tertua di Irlandia. Ratu Elizabeth I mendirikannya pada tahun 1952!

Tidak hanya desain eksterior yang mengesankan, bangunan ini juga memiliki ruang tunggal perpustakaan terbesar di dunia. Ruang tunggal tersebut bernama Long Room. Di dalamnya terdapat lebih dari 200.000 manuskrip buku tertua yang pernah ada.

Salah satu perpustakaan terindah di dunia ini juga sudah resmi jadi tempat wisata. Kamu bisa berkeliling perpustakaan dengan pemandu. Harga tiketnya sekitar 12 dollar atau 18,5 euro.

Sebelum memasuki ruang perpustakaan, kamu akan memasuki ruang pameran The Book of Kells terlebih dahulu. Ini adalah naskah yang berisikan empat Injil dalam bahasa Latin berdasarkan teks Vulgata yang ditulis di atas kulit. Setidaknya 500.000 pengunjung datang ke Trinity College Library untuk melihat naskah ini.

Austrian National Library, Austria

Austrian National Library Perpustakaan terindah di dunia

Sumber: bluesyemre.com

Austrian National Library adalah perpustakaan terbesar di Austria, terletak di Hofburg Palace,Vienna. Perpustakaan yang berdiri sejak 1368 ini punya lebih dari 7,4 juta koleksi, meliputi buku berbagai genre dan barang-barang koleksi lainnya. 

Austrian National Library juga bertanggung jawab dalam mengelola koleksi semua terbitan yang muncul Austria.

Salah satu karya yang menonjol yang menjadi koleksi di perpustakaan ini adalah Vienna Dioscurides, yang dicatat pada Register Memory of the World Programme UNESCO pada tahun 1997 untuk mengenang nilai pentingnya bagi dunia dan nilai universal yang luar biasa.

Koleksi lainnya meliputi barang-barang dari abad ke-4 Masehi sampai sekarang, serta naskah-naskah antik zaman kuno, pertengahan, dan modern dari hampir setiap budaya sastra. 

Klementinum Library, Praha

klementinum library perpustakaan terindah di dunia

Sumber: klementinum.com

Bukan hanya perpustakaan terindah di dunia, Klementinum Library juga masuk jajaran bangunan paling indah yang ada di kota Praha, Ceko. Wajib nih, masuk daftar kunjungan kamu jika berlibur ke Praha.

Perpustakaan ini tersembunyi di dalam Klementinum, kompleks bangunan dengan nilai sejarah tinggi yang jadi kebanggaan Praha.

Dibuka pada tahun 1722 sebagai bagian dari Jesuit University, perpustakaan Klementinum dirancang dengan arsitektur Baroque dan memiliki lukisan yang terlihat artistik memenuhi aulanya.

Fresko bernilai seni tinggi di Klementinum Library merupakan karya dari seniman Jan Hiebl.


Baca Juga: 7 Stasiun Kereta Paling Keren di Dunia, Arsitekturnya Megah dan Brilian!


Abbey Library of Saint Gall, Swiss

abbey library of saint gall perpustakaan terindah di dunia

Sumber: schott.com

Abbey Library of Saint Gall adalah perpustakaan tertua di Swiss dan termasuk salah satu yang tertua di dunia.

Didirikan oleh Santo Othmar pada tahun 719 M, perpustakaan ini memiliki sekitar 160.000 volume buku, termasuk manuskrip kuno yang berasal dari abad ke-8.

Pada tahun 1983, perpustakaan ini resmi menjadi salah satu warisan budaya dunia UNESCO. 

Perpustakaan ini juga bisa kamu akses secara online melalui database elektronik. Namun, buku yang terbit sebelum tahun 1900 hanya dapat dibaca langsung di Abbey Library of Saint Gall, Swiss.

Stuttgart City Library, Jerman

stuttgart city library perpustakaan terindah di dunia

Sumber: via The Architectural Review

Setelah puas membahas perpustakaan-perpustakaan dengan nuansa klasik, kini saatnya Bob bahas perpustakaan terindah di dunia dengan nuansa modern dan futuristik.

Ketika memasuki perpustakaan Stuttgart City Library di Jerman, kamu akan merasakan sensasi memasuki kapal luar angkasa.

Perpustakaan ini memiliki nuansa putih, modern, luas, dan memiliki banyak tingkat yang terhubung satu sama lain. Dasar ruangan yang serba putih serta koleksi buku yang warna-warni membuat perpustakaan ini terlihat mencolok.

Warna Putih mendominasi eksterior bangunannya yang berbentuk kubik. Begitu juga dengan interiornya yang memberikan kesan bersih dan elegan, serta pencahayaan yang terang di semua area.

Sejauh mata memandang, kamu akan melihat barisan buku yang menawan berkat kontras warna yang tertata begitu baik. Sirkulasi di dalam ruangan juga baik, membuat kamu nyaman dan betah menghabiskan waktu seharian di perpustakaan ini.

Selain itu, kamu juga bisa membaca buku sambil ngopi di dua kafetaria yang berada di dalam area perpustakaan.

Vasconcelos Library, Meksiko

 Vasconcelos library

Sumber: William O’Connor via The Daily Beast

Vasconcelos Library yang terbentang selebar 38.000 meter persegi di tempat strategis di Buenavista, Meksiko ini dijuluki sebagai megalibrary.

Daya tarik utamanya ada pada rak buku dan balkon yang ditumpuk secara asimetris, serta dinding transparan yang memancarkan ilusi rak buku yang melayang di labirin futuristik.

Alberto Kalach dan Juan Palomar adalah arsitek di balik desain spektakuler bangunan yang berdiri sejak tahun 2007 tersebut.

Melengkapi interior yang menawan, karya seni Gabriel Orozco berupa kerangka paus yang tak kalah menakjubkan dipasang melayang di atas aula tengah perpustakaan.

The Tianjin Binhai Library, Tiongkok

The Tianjin Binhai Library

Sumber: Alex Fradkin via Azure Magazine

Masih bernuansa modern, The Tianjin Binhai Library mengusung konsep bangunan futuristik dengan mengedepankan tampilan berteknologi canggih.

Desain rak-rak bukunya bergelombang hingga menjangkau langit-langit. Firma arsitektur Belanda MVRDV merancang bangunan yang terdiri dari lima lantai ini yang merupakan rumah bagi lebih dari 200.000 buku.

The Tianjin Binhai Library dijuluki The Eye karena terdapat sebuah lingkaran besar seperti bola mata berwarna putih di bagian tengah perpustakaan. Dari luar bangunannya pun, sekilas bentuknya menyerupai mata raksasa.

Dengan arsitektur yang begitu megah dan menakjubkan, tak heran perpustakaan ini masuk jajaran perpustakaan terindah di dunia.


Baca Juga: 7 Kafe yang Cozy di Bandung Ini Surganya Para Pecinta Buku


Pengen Baca Buku dengan Tenang? Nikmati Sensasi Menginap Modern di Tengah Alam bersama Bobocabin!

 

bobocabin dengan pemandangan bukit dan alam hijau di sekitarnya

Butuh baca buku di tempat yang tenang dan asri, sekaligus beristirahat dari hiruk-pikuk perkotaan yang bikin penat? Atau ingin sekadar healing dengan menghidup udara segar? Bobocabin adalah solusi liburan yang tepat untuk kamu.

Dengan konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin akan menemani kamu menikmati keasrian dengan cita rasa modern.

Kabin-kabin yang tersedia sudah lengkap dengan fasilitas khas Bobocabin seperti Smart Window dan B-Pad.

Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati untuk mendapatkan privasi dan kenyamanan maksimal. Nikmati juga pemandangan hijau yang indah dan sensasi sejuknya saat kamu keluar kabin di pagi hari.

Bobocabin juga menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial. Abadikan momen seru campfire dan barbeque untuk pengalaman liburan yang lebih menyenangkan!

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasi Bobobox di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles