gare-du-nord-station

7 Stasiun Kereta Paling Keren di Dunia, Arsitekturnya Megah dan Brilian!

Stasiun kereta paling keren berikut ini adalah daya tarik tersendiri bagi wisatawan dunia. Jika pada umumnya stasiun kereta api memiliki desain biasa-biasa saja, bangunan-bangunan ini justru terkenal akan kemegahan dan keindahannya.

Beberapa di antaranya bahkan sudah berusia ratusan tahun. Kira-kira apa sajakah itu? Yuk, langsung saja kita simak ulasan dari Bob berikut ini!

1. Gare du Nord, Paris, Prancis

gare-du-nord-station

Sumber: Discover Walks

Stasiun megah dengan desain spektakuler pertama terletak di Prancis, tepatnya di jantung Kota Paris.

Di kota ini, kamu akan menemukan sebuah stasiun kereta api bernama Gare du Nord. Megah, klasik, dan telah berusia ratusan tahun. Gare du Nord ini kabarnya dibuka pada tahun 1864!

2. Stasiun Kanazawa, Jepang

Berikutnya ada Stasiun Kanazawa yang berlokasi di Jepang dan sama-sama telah berusia ratusan tahun. Bangunan ini sempat direnovasi pada tahun 1898 dan menjadi semakin megah setelahnya.

Pemugaran inilah yang membuatnya dikenal sebagai salah satu stasiun paling indah dan berbeda di Jepang.

Di sini, kamu bisa melihat sebuah kubah kaca yang disebut Motenashi Dome. Selain itu, kamu juga akan menemukan sebuah gerbang berbahan kayu yang disebut Tsuzumi-mon.


Baca Juga: Ini 9 Barang Antik Termahal di Dunia, Kolektor Wajib Tahu!


3. St. Pancras International, London, Inggris

Selanjutnya ada juga St. Pacras International yang berlokasi di London, Inggris. Ini merupakan salah satu stasiun di dunia yang memiliki gaya Victoria.

Stasiun ini dibuka pada tahun 1868. St. Pancras International sendiri memiliki arti ‘katedral kereta api’. Fakta unik mengenai stasiun ini adalah ia berhasil selamat dari dua peristiwa perang dunia. Wow!

Meskipun telah mengalami beberapa kali renovasi, stasiun ini tak pernah gagal memikat hati banyak pengunjung untuk melihat kemegahannya.

4. Stasiun Atocha, Madrid, Spanyol

stasiun paling keren

Sumber: Depositphotos

Spanyol punya stasiun kereta api yang tak kalah megah dan spektakuler. Dibangun antara tahun 1888 dan 1892, Stasiun Atocha dirancang di bawah arahan Alberto Palacio del Elissagne dan Gustave Eiffel. Yep, keduanya merupakan desainer Menara Eiffel yang terkenal di Paris!

Uniknya, bagian atapnya terdiri dari besi cor dan konstruksi kaca dalam gaya Art Nouveau.

Pada tahun 1992, interior stasiun kereta api Atocha mengalami desain ulang untuk memfasilitasi AVE. AVE merupakan layanan kereta api berkecepatan tinggi Spanyol.

Interior di dalam bangunan ini memiliki sebuah taman tropis bersuhu stabil sekitar 24 derajat celcius. Taman ini pun membuat para pengunjung semakin nyaman, lengkap dengan sejumlah spesies tanaman dan hewan langka di dalamnya.

5. Terminal Grand Central, New York, USA

Beralih ke Amerika Serikat ada pula stasiun kereta api terkenal bernama Terminal Grand Central. Stasiun ini merupakan salah satu landmark paling berkesan di New York, Amerika Serikat.

Terminal stasiun kereta ini dibangun pada tahun 1913. Banyak wisatawan lokal maupun internasional yang berbondong-bondong datang demi melihat kemegahannya.

6. Antwerp Central, Antwerp, Belgia

Lalu, berikutnya ada Stasiun Antwerp Central di Belgia yang dibangun antara tahun 1895 dan 1905.

Stasiun ini memiliki bangunan asli dan merupakan pengganti terminal asli dari Kereta Api Brussels-Mechelen-Antwerp. Jika kamu perhatikan, ia memiliki arsitektur bangunan unik berbalut batu, dengan kubah besar di atas aula ruang tunggu.

Kabarnya, Stasiun Antwerp dirancang oleh seorang arsitek terkenal bernama Louis Delacenserie. Selain itu, di sini juga terdapat jembatan masuk ke stasiun yang dirancang arsitek lokal Jan Van Asperen.

Di tahun 2014, Antwerp Central berhasil mendapat penghargaan dari Mashable, sebuah majalah Inggris-Amerika, sebagai stasiun kereta api paling indah di dunia.

7. Chhatrapati Shivaji Terminus, Mumbai, India

stasiun paling keren

Sumber: Wikipedia

Terakhir adalah Chhatrapati Shivaji Terminus di India, dari rancangan arsitek Inggris bernama Frederick William Steven. Selain memiliki gelar salah satu stasiun paling bersejarah, Situs Warisan Dunia UNESCO pun memasukkan stasiun ini dalam daftarnya, lho!

Chhatrapati Shivaji Terminus berlokasi di Kota Mumbai, India, atau tepatnya di bagian selatan stasiun kereta api Bori Bunder yang lama. Pembangunannya berlangsung sejak tahun 1878 dan selesai pada tahun 1887.

Berdasarkan catatan sejarah, Chhatrapati Shivaji Terminus ini dibangun untuk menandai 50 tahun pemerintahan Ratu Victoria. Oleh karena itu, namanya adalah Victoria Terminus.

Namun, pada Maret 1996, namanya berubah menjadi Chhatrapati Shivaji Terminus. Pemberian nama ini diberikan sebagai penghormatan kepada Shivaji, pendiri Kekaisaran Maratha abad ke-17, yang namanya sering didahului Chhatrapati sebagai gelar kerajaan.

Jika berkunjung ke sini, kamu bisa menikmati gaya arsitektur yang khas dan cantik ala Victorian Italianate Gothic Revival.


Baca Juga: Butuh Nyali Besar, Ini Dia 13 Bandara Berbahaya di Dunia!


Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan, seperti jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi altenatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandungAturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin aja! Bobocabin adalah cara terbaik keluar dari hiruk pikuk dan keramaian kota.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles