black-woman-working-with-laptop-airport-waiting-window_153437-8

6 Tips Penerbangan Internasional untuk Pemula

Tips penerbangan internasional ini akan membantu kamu mengetahui prosedur naik pesawat ke luar negeri yang tepat.

Jika baru pertama kali, penerbangan internasional mungkin terdengar membingungkan dan menakutkan. Terutama jika kamu terbang sendiri. Perasaan ini wajar, mengingat prosedur penerbangan dalam dan luar negeri bisa cukup berbeda.

Tapi jangan khawatir, Bob telah merangkum tips-tips penerbangan internasional untukmu yang masih pemula. Yuk simak informasinya berikut ini!

1. Tips Penerbangan Internasional: Pemeriksaan Keamanan 1

tips penerbangan internasional

Sumber: Pixabay

Di bandara, kamu akan melewati dua kali pemeriksaan keamanan: saat melakukan check-in dan sebelum memasuki area pemberangkatan.

Pemeriksaan keamanan ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang berpotensi membahayakan penerbangan. Di pos pemeriksaan keamanan yang pertama, setiap barang bawaanmu, seperti koper dan tas, akan dipindai dengan mesin sinar X.


Baca Juga: Mengenal Jet Lag: Fenomena Perubahan Tubuh setelah Naik Pesawat


2. Check In di Bandara

Setelah melalui pos pemeriksaan keamanan 1, tahap selanjutnya adalah melakukan prosedur check in di bandara. Ketika melakukan prosedur check in, pihak maskapai akan memeriksa kartu identitas dan dokumen kamu.

Lantas, bagaimana prosedur melakukan check in?

a. Check In Online

Jika kamu memilih check in online, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Bahkan, ini bisa kamu lakukan sendiri saat masih di rumah. Umumnya, jadwal dan prosedur check in online berbeda-beda tergantung peraturan setiap maskapai.

Beberapa maskapai akan meminta kamu check in melalui website resmi, dan sebagian lainnya mungkin meminta kamu melakukan check in di aplikasi resmi mereka.

b. Check In Mandiri (Kiosk)

Mau check in di bandara tanpa antre? Beberapa bandara menyediakan mesin check in mandiri. Dengan begitu, kamu bisa check in dengan mudah lewat mesin tanpa bantuan pihak maskapai.

Mesin ini dapat dengan mudah kamu temukan di sekitar bandara dan memiliki bentuk menyerupai mesin ATM.

c. Check In Manual

tips penerbangan internasional

Sumber: Kompas.com

Jika kerepotan untuk melakukan check-in online maupun di kiosk, kamu juga bisa langsung melakukan prosedur check in di bandara melalui meja pelaporan.

Umumnya, meja pelaporan dibuka sejak 2 jam hingga 30 menit sebelum keberangkatan. Walau demikian, ada juga meja pelaporan maskapai yang sudah tutup 1 jam sebelum keberangkatan.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu datang lebih awal jika akan melakukan check in di meja pelaporan maskapai. Selain itu, ada kemungkinan kamu harus antre cukup panjang dahulu.

Terlepas dari antre yang mungkin cukup panjang, cara check-in manual ini cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan dokumen-dokumen penting seperti paspor, visa (jika perlu), tiket pesawat, dan kartu identitas seperti KTP atau SIM.

Jika semua dokumen pribadi sudah lengkap, maka petugas bandara kemudian akan memberikan kamu boarding pass bertuliskan nomor kursi dan gate penerbangan.

Jangan lupa untuk menyimpan baik-baik boarding pass ini. Kamu akan menggunakannya untuk masuk ke pesawat nanti.

d. Check In Bagasi

Setelah itu, kamu akan melakukan check in bagasi. Semua barang-barang yang kamu bawa akan ditimbang dan diberi label.

Pastikan barang bawaan kamu yang masuk kabin tidak melebihi berat 7 kg. Jika lebih, maka barang tersebut harus masuk dalam bagasi.

Walau kamu sudah mendapatkan boarding pass dari check in online atau check in mandiri, kamu tetap perlu melewati tahap ini. Namun, jika kamu tidak memiliki barang yang perlu masuk ke bagasi, maka kamu bisa langsung menuju ke tahap selanjutnya.

3. Cek Paspor Imigrasi

Selanjutnya, kamu harus menyiapkan paspor, kartu identitas, dan boarding pass untuk mengantre di meja imigrasi.

Siapkan pula dokumen-dokumen pendukung seperti tiket pulang, surat undangan acara, bukti pemesanan hotel, itinerary, dan lainnya untuk berjaga-jaga jika diminta.

4. Pemeriksaan Keamanan 2

Setelah itu, kamu akan melalui pemeriksaan keamanan 2. Jika kamu membawa barang-barang yang mengandung logam seperti ikat pinggang, ponsel, jam tangan, jaket, dan lain-lain, pastikan untuk dilepas.

Barang-barang ini diletakkan di wadah (tray) dan diperiksa dengan mesin sinar X. Kamu juga akan diminta berjalan melalui gerbang detektor logam.

5. Ruang Tunggu

tips penerbangan internasional

Sumber: Times

Setelah melalui semua prosedur tadi, kamu akan menuju ruang tunggu selagi menunggu pesawat tiba. Namun, jangan sembarangan duduk di kursi yang tersedia. Carilah ruang tunggu yang dekat dengan gate penerbangan yang tertera di boarding pass.

Sediakan cukup waktu untuk mencari dan mencapai gate penerbangan. Sebab, jarak menuju gate penerbanganmu bisa jadi cukup jauh, apalagi jika nomor gate-nya terbilang tinggi.

6. Tips Penerbangan Internasional: Terbang

Jika pesawat sudah tiba dan kamu telah memasuki pesawat, kamu akan mendapatkan kartu imigrasi negara tujuan yang terdiri dari bagian kedatangan dan keberangkatan.

Kartu kedatangan ini akan diminta saat akan memasuki suatu negara. Sedangkan kartu keberangkatan bisa kamu serahkan saat ingin meninggalkan suatu negara.


Baca Juga: Bosan Nungguin Pesawat di Bandara, Enaknya Ngapain?


Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan, seperti jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi altenatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan yang wajib diikuti selama pengunjung berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandungAturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin aja! Bobocabin adalah cara terbaik keluar dari hiruk pikuk dan keramaian kota.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles