kargo pesawat

Butuh Nyali Besar, Ini Dia 13 Bandara Berbahaya di Dunia!

Bandara berbahaya di dunia berikut ini memang berbeda dengan bandara pada umumnya yang menawarkan landasan pacu yang panjang dan desain yang membuat pelancong nyaman menunggu pesawatnya tiba. Beberapa hal yang membuat bandara-bandara ini berbahaya diantaranya adalah jalur pendaratan yang pendek sehingga membuat hampir tidak ada ruang untuk kesalahan perhitungan. Berikut adalah 13 bandara paling berbahaya di dunia yang harus kamu simak!

2. Daftar Bandara Berbahaya di Dunia: Bandara Toncontin, Honduras

Berdasarkan informasi dari Interesting Engineering, saat sebuah pesawat akan melakukan pendaratan maka pesawat perlu melakukan putaran balik 45 derajat cepat untuk dapat lepas landas dengan sempurna. Namun di Bandara Toncontin, kamu tidak akan melihat landasan pacu untuk berputar sebab bandara ini hanya memiliki landasan pacu yang lurus dan pendek.

3. Daftar Bandara Berbahaya di Dunia: Bandara Svalbard, Norwegia

Kompas.com

Bandara berbahaya selanjutnya adalah Bandara Svalbard yang diklaim sebagai bandara paling utara di dunia. Bandara ini faktanya tidak memiliki lampu landasan yang cukup sehingga hanya melayani penerbangan di siang hari. Selain itu, bandara ini juga hanya menerima penerbangan lokal karena tidak memenuhi standar bandara internasional sehingga Bandara Svalbard tidak lagi menerima penerbangan internasional.


Baca Juga: Bosan Nungguin Pesawat di Bandara, Enaknya Ngapain?


4. Daftar Bandara Berbahaya di Dunia: Bandara Madeira, Portugal

Bandara Madeira yang berlokasi di Portugal ini dikenal memiliki landasan pacu yang pendek. Tak hanya itu, bandara ini juga tidak dilengkapi dengan penerangan yang memadai dan selalu diterpa angin dari laut Atlantik yang kencang.

5. Bandara Courchevel, Prancis

Jika pada umumnya bandara di Prancis berdesain mewah, maka berbeda halnya dengan Bandara Courchevel yang terletak di Pegunungan Alpen Prancis. Bandara satu ini faktanya memiliki landasan pacu yang sangat curam, tak memiliki pencahayaan yang memadai, dan sangat licin karena salju yang selalu menutupi landasannya.

6. Daftar Bandara Berbahaya di Dunia: Bandara Paro, Bhutan

Faktanya hanya terdapt 8 orang pilot yang dapat memenuhi syarat untuk melakukan pendaratan aman di Bandara Paro, Bhutan. Hal ini dikarenkan bandara satu ini dikenal sangat berbahaya salah satunya karena terletak di ketinggian 2225 meter di atas permukaan laut dengan medan yang sangat ekstrim. Karena cuacanya yang tak menentu maka penerbangan di bandara ini umumnya hanya boleh dilakukan di siang hari saja untuk keselamatan.

7. Daftar Bandara Berbahaya di Dunia: Bandara Narsarsuaq, Greenland

Bandara Berbahaya di Dunia

Kompas.com

Bandara Narsarsuaq merupakan salah satu banadara berbahaya lainnya karena memiliki landasan pacu yang tertutup es, suhu dingin yang keras, salju tebal dan awan abu dari gunung berapi aktif. Hal ini membuat pesawat yang terban  memiliki visibilitas rendah dan angin kencang.

8. Daftar Bandara Berbahaya di Dunia: Bandara Gibraltar, Gibraltar

Bandara Gibraltar tak kalah berbahaya dengan hanya memiliki satu landasan pacu yang memotong jalan utama kota. Hal ini membuat banyak kendaraan darat yang sedang melintas di jalan utama tersebut harus berhenti ketika pesawat mendarat atau lepas landas dari bandara ini. Ngeri-ngeri sedap!

9. Daftar Bandara Berbahaya di Dunia: Bandara Gisborne, Selandia Baru

Bandara satu ini terkenal unik dan berbahaya karena pihak bandara harus berkoordinasi dengan layanan kereta api nasional untuk mendaratkan pesawat di Bandara Gisborne. Hal ini dikarenakan bandara ini langsung melintasi jalan utama yang kemudian berhenti di tiga landasan pacu berumput.

10. Daftar Bandara Berbahaya di Dunia: MCAS Futenma, Okinawa Jepang

Bandara dari Jepang ini memiliki landasan pacu yang berada di tengah kota yang ramai. Faktanya lebih dari 3.000 penduduk termasuk sekolah dan rumah sakit yang berada tak jauh dengan landasan pacu tersebut. Duh, bahaya gak sih?

11. Daftar Bandara Berbahaya di Dunia: Bandara Bert Mooney, Butte Montana

Bandara satu ini dikenal berbahaya karena kurangnya menara kendali yang membuat para pilot dituntut untuk dapat menavigasi berbagai penghalang saat mendarat.

12. Daftar Bandara Berbahaya di Dunia: Bandara Aspen atau Pitkin County, Colorado

Bandara Berbahaya di Dunia

Kompas.com

Berdasarkan informasi dari Telegraph, bandara satu ini dilengkapi dengan landasan yang curam dan gunung-gunung di sekitar Bandara Aspen. Hal ini membuat para pilot harus cukup terlatih untuk dapat mendarat atau lepas landas ke arah yang berlawanan saat menggunakan landasan pacu tunggal.

13. Daftar Bandara Berbahaya di Dunia: Bandara Regional Telluride, Colorado

Bandara berbahaya di dunia yang terakhir akan Bob bahasa adalah bandara Regional Telluride yang berada di Colorado, Amerika Serikat. Uniknya, bandara satu ini berlokasi lebih dari 9.000 kaki di atas permukaan laut dan membuat bandara satu ini menjadi bandara komersial tertinggi di Amerika Utara. Di sekitar andara ini memiliki sebuah tebing besar di kedua ujung landasan pacu tunggal bandara dengan angin gunung yang kencang di musim dingin.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles