Tradisi Natal di Berbagai Penjuru Dunia

8 Tradisi Natal di Dunia dari Sinterklas Sampai Dinner KFC

Tradisi natal di berbagai penjuru dunia terkenal unik dan tak biasa yang membuat momen natal menjadi kian berwarna dan tak terlupakan. momen yang diperingati satu tahun sekali ini banyak dinanti-nanti oleh warga dunia. Banyak orang tidak sabar untuk menghias pohon Natal, ibadah atau doa bersama, kemudian berkumpul dengan keluarga dan membuka hadiah Natal.

Beberapa keluarga juga mungkin memiliki tradisi menonton film natal dalam menyambut hari natal. Ada pula beberapa negara di dunia yang memiliki tradisi Natal yang menakjubkan yang mungkin akan membuat kamu terkejut. Apa sajakah tradiis unik tersebut? Simak informasinya berikut ini.

1. Tradisi Natal di Berbagai Penjuru Dunia: Bad Santa atau Krampus di Austria

Jika anak-anak di seluruh dunia akan sangat senang bertemu dengan Santa maka anak-anak Austria justru meyakini sebuah sosok yang menyeramkan dan membuat mereka bersembunyi di sekitar Austria. Masyarakat Austria meyakini sosok makhluk mengerikan yang disebut ‘Krampus. Mahluk ini disebut-sebut sebagai setan bertubuh setengah kambing berkeliling kota yang mencambuk anak nakal dan yang berperilaku buruk.

2. Tradisi Natal di Berbagai Penjuru Dunia: Belfana si Penyihir di Italia

Miranda the Middle-Aged Witch

Jika hari natal selalu identik dengan Santa Kalus, maka di Italia terkenal dengan sosok fiktif bernama Belfana. Tak hanya itu, Italia tak menyelenggarakan hari natal di tanggal 25 Desember melainkan di malam 5 Januari. Berdasarkan cerita rakyat, seorang wanita tua bernama Belfana mengunjungi semua anak-anak Italia untuk mengisi stoking mereka dengan permen dan meninggalkan hadiah jika mereka baik. Mirip dengan Santa, bukan?


Baca Juga: Tingkatkan Semangat Natal & Tahun Baru dengan Resep Klapertaart Khas Manado Berikut Ini


3. Dekorasi Natal Jaring Laba-laba di Ukraina

Jika di negara-negara lain masyarakat pada umumnya akan menghias pohon natal mereka dengan banyak aksesori dan pernak-pernik yang lucu maka berbeda halnya dengan Ukraina. Negara ini memiliki sebuah tradisi perayaan favorit saat hari perayaan natal dengan mendekorasi pohon natal menggunakan jaring laba-laba yang berkilauan dengan embun.

Tradisi ini berawal dari cerita rakyat tentang seorang janda miskin yang tidak mampu menghias pohon untuk anak-anaknya. Cerita rakyat itu mengatakan bahwa laba-laba di dalam rumah merasa kasihan pada keluarga itu, dan memintal jaring-jaring indah di seluruh pohon yang akhirnya ditemukan anak-anak pada pagi hari Natal. Hal ini membuat jaring laba-laba dianggap sebagai keberuntungan dalam budaya Ukraina.

4. Tradisi Natal di Berbagai Penjuru Dunia: Donald Duck di Swedia

Fakta unik selanjutnya datang dari negara Swedia. negara ini merayakan hari natal dengan cara yang unik yaitu dengan berkumpul di sekitar televisi pada pukul 3 sore untuk menyaksikan Donald Duck dan teman-temannya mengucapkan Selamat Natal.

Lebih dari 40% populasi Swedia masih menyimak acara Donald Duck ini dan telah menjadi tradisi sejak tahun 1960-an. Pada saat itu televisi merupakan komoditas baru di Swedia dan hanya dua saluran yang mengudara dengan salah satu saluran TV memutar kartun Disney saat Natal.

5. Tradisi Natal di Berbagai Penjuru Dunia: Acar di Pohon Natal di Jerman

IamExpat in Germany

Berbeda dengan negara-negara lainnya di dunia, Jerman adalah salah satu negara yang memiliki tradisi unik pada pohon natalnya. Faktanya penggunaan pohon natal yang kini dianut di seluruh dunia saat ini diyakini dimulai di Jerman pada abad ke-16. Salah satutradisi unik perayaan natal di Jerman adalah tradisi menyembunyikan acar di suatu tempat di dalam cabang-cabang pohon. Anak yang menemukan acar tersebut kemudian akan mendapatkan hadiah.

6. Tradisi Natal di Berbagai Penjuru Dunia: Sapu Penyihir Terbang di Norwegia

Negara selanjutnya yang memiliki traidisi natal yang unik adalah Norwegia. Berdasarkan cerita rakyat Norwegia, malam Natal adalah hari ketika roh-roh nakal dan penyihir terbang ke langit untuk melakukan kenakalan dan kekonyolan umum. Digambarkan bahwa para penyihir menggunakan sapu sebagai moda transportasi pilihan mereka. Oleh karena itu sudah menjadi tradisi bagi keluarga Norwegia untuk menyembunyikan tongkat penyapu di tempat yang tidak akan dapat ditemukan oleh para penyihir saat malam natal. Unik ya?

7. Tradisi Natal di Berbagai Penjuru Dunia: Makan Malam KFC di Jepang

Tak perlu sibuk menyiapkan aneka makanan yang ribet di malam tahun baru saat kamu sedang berada di jepang. Faktanya warga Jepang umumnya merayakan malam dan hari natal dengan makan malam KFC bersama teman, keluarga, dan pasangannya.

Hal ini bermula pada tahun 1974 ketika restoran cepat saji Amerika KFC merilis kampanye pemasaran yang meriah di Jepang. Slogan sederhana berbunyi “Kurisumasu ni wa kentakkii!” (Kentucky untuk Natal!) menjadikan tradisi nasional yang masih berkembang hingga hari ini di Jepang.

8. Tradisi Natal di Berbagai Penjuru Dunia: Roller Skate Massal di Venezuela

Tradisi Natal di Berbagai Penjuru Dunia

Metro UK

Tradisi natal yang terakhir adalah tradisi bermaian roller skate alias sepatu roda setiap perayaan hari natal di Venezuela. Ibu kota Venezuela yang bernama Caracas memilik salah satu tradisi unik berjalan menggunakan sepatu roda saat perayaan hari natal. Tradisi ini dilakukan saat para penduduk kota berjalan menuju misa menggunakan sepatu roda dan dilakukan setiap tahun pada pagi hari Natal.


Baca Juga: Penasaran Bagaimana Cara Membuatnya? Ini Dia Resep Eggnog Khas Natal dan Tahun Baru!


Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles