nama kota terpanjang

Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä dan 7 Nama Kota Terpanjang di Dunia Lainnya

Nama kota terpanjang di dunia berikut ini bisa bikin terheran-heran. Jika pada umumnya nama kota dibuat sedemikian rupa agar mudah diingat dan dilafalkan, lain halnya dengan kota-kota berikut.

Lalu, kota-kota mana sajakah yang memiliki nama terpanjang di dunia? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

1. Nama Kota Terpanjang di Dunia: Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch

palang kota Llanfairpwllgwyngyll

Sumber: Lauren O’Neil via CBC Canada

Tarik napas panjang dulu sebelum menyebutkan nama kota ini, supaya kamu tidak megap-megap menyebutkannya dalam satu tarikan napas.

Kota di Wales, Inggris ini terdiri dari 58 huruf. Cara bacanya: llan-vire-pooll-gwin-gill-gore-ger-ih-queern-drorb-ooll-llandy-silio-gore-gore-goch. Orang setempat biasanya menyebutnya Llanfair PG. Phew!

2. Krung Thep Maha Nakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit

negara

Sumber: Frida Aguilar Estrada via Unsplash

Llanfair PG masih kurang panjang? Coba baca cepat yang satu ini. Kota ini adalah nama asli dari Bangkok, ibu kota negara Thailand, dan memiliki 168 huruf. Wow!

Thailand secara resmi menggunakan nama ini untuk menggantikan nama Bangkok. Jika terlalu panjang, kamu bisa menyingkatnya menjadi Krung Thep Maha Nakhon atau Krung Thep saja. Krung Thep Maha Nakhon memiliki arti ‘kota agung para malaikat’.


Baca Juga: Yuk, Berwisata Sambil Belajar tentang Sejarah Kota Semarang di 7 Spot Berikut Ini!


3. Nama Kota Terpanjang di Dunia: Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea

Kota Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea berada di Spanyol, tepatnya di daerah Azpilkueta, Navarra. Nama kota ini terdiri dari 39 huruf.

Selain menjadi nama kota terpanjang di Spanyol, nama kota ini juga merupakan kota kedua dengan nama paling panjang di Eropa.

Nama kota Azpilicuetagaraycosaroyarenberecolarrea diambil dari bahasa Basque yang memiliki arti ‘bidang rendah dari pena tinggi Azpilkueta’.

4. Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä

Jika kamu berkunjung ke Finlandia, jangan kaget saat mengunjungi Äteritsiputeritsipuolilautatsijänkä, sebuah kota dengan nama yang sangat panjang hingga mencapai jumlah 35 huruf.

Nama kota ini kabarnya berawal dari seorang pemilik pub yang selalu gagal mendaftarkan tempat usahanya. Kalau ini sih nggak mungkin ada yang menyamai lagi, tapi pasti kepeleset lidah saat menyebutkannya, ya!

5. Washington-on-the-Brazos

nama kota terpanjang

Sumber: State Parks

Di Amerika Serikat, tepatnya di Texas, ada sebuah perkotaan yang bernama Washington-on-the-Brazos. Kota ini terdiri dari 25 huruf dan dikenal sebagai salah satu tempat kelahiran Republik Texas selama Revolusi Texas.

Kota Washington-on-the-Brazos merupakan sebuah kota dengan salah satu situs peninggalan sejarah yang terkenal, yang dikenal sebagai Washington-on-the-Brazos Hitorical Sites. Situs peninggalan bersejarah tersebut terdapat di sepanjang Sungai Brazos Texas.

6. Svalbarðsstrandarhreppur

Kota yang terletak di Islandia ini bernama Svalbarðsstrandarhreppur, salah satu kota di Provinsi Norðurland eystra.

Nama kota ini terdiri dari 24 huruf, memiliki luas kurang lebih 54 kilometer, dengan jumlah penduduk sebanyak 483 orang saja. Hayo, kira-kira bagaimana cara mengucapkannya?

7. Nama Kota Terpanjang di Dunia: Muckanaghederdauhaulia

Muckanaghederdauhaulia, berada di Iralndia. Dalam bahasa Irlandia, wilayah ini disebut dengan Muicineach Idir Dá Sháile yang berarti ‘bukit berbentuk babi di antara dua lautan’.

Walau terdengar sulit dilafalkan, orang-orang Irlandia justru menggunakan nama Muckanaghederdauhaulia agar mudah diucapkan, terutama dalam bahasa Inggris dibandingkan harus menggunakan nama asli bahasa Irlandia-nya.

Kota ini terdiri dari 23 huruf dan memiliki luas kota hanya sekitar 204 hektare saja, lho!

Fakta unik lainnya adalah mayoritas kota-kota di Irlandia mengalami anglifikasi ke dalam bahasa Inggris. Hal ini dilakukan agar beberapa kata dalam bahasa Irlandia menjadi lebih mudah diucapkan.

8. Parangaricutirimicuaro

Sumber: México Desconocido

Kota terakhir berada di Meksiko, yaitu Nuevo San Juan Parangaricutirimicuaro. Nama kota ini terdiri dari 23 huruf dan terletak tak begitu jauh dari Kota Meksiko dengan jarak kurang lebih sejauh 23 kilometer.

Parangaricutirimicuaro berlokasi di sebuah wilayah bernama Michoacán yang tak jauh dari Paricutin Volcano. Jika berkunjung ke sini, kamu akan melihat pemandangan Hutan Purépecha dengan beragam jenis pepohonan yang cantik. Warga di sekitar umumnya bertahan hidup dengan memproduksi berbagai macam mebel dan barang rumah tangga.

Kegiatan ekonomi ini juga dilakukan salah satunya untuk menekan kemiskinan. Meskipun demikian, warga di kota ini dikenal saling membantu dan berkontribusi menjaga keanekaragaman hayati kota dan hutan mereka.

Nah, itu dia tujuh nama kota terpanjang di dunia yang lumayan bikin keseleo lidah. Kota mana yang paling mudah kamu ucapkan dan ingat?


Baca Juga: 7 Desain Taman Kota Cantik di Indonesia, Berasa di Luar Negeri!


Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan, seperti jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi altenatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan yang wajib diikuti selama pengunjung berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin aja! Bobocabin adalah cara terbaik keluar dari hiruk pikuk dan keramaian kota.

Yuk, segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles