pexels-porapak-apichodilok-346885 (1)

10 Kosakata Indah yang Mewakili Perasaan Saat Traveling

Apakah kamu familiar dengan kosakata traveling yang satu ini, Wanderlust? Atau kamu sudah sering menggunakannya? Wanderlust artinya adalah keinginan yang besar untuk pergi jalan-jalan atau traveling, berkeliling dan menjelajahi dunia.

Berbagai bahasa di dunia mungkin juga punya kosakata traveling yang mirip artinya seperti wanderlust. Atau, mungkin saja berbagai bahasa di dunia juga memiliki kosakata traveling dengan arti menarik lainnya, yang indah didengar dan dapat mendeskripsikan perasaan kamu saat traveling dengan tepat.

Kira-kira, apa saja ya kosakata indah dalam berbagai bahasa yang dapat menggambarkan perasaanmu saat traveling? Berikut adalah daftar kosakata traveling yang menarik untuk kamu simak dan mungkin bisa kamu gunakan untuk mewakili perasaanmu saat traveling nanti.


Baca Juga: Butuh Tantangan Baru? Yuk Kuasai 5 Bahasa Paling Sulit Dipelajari di Dunia!


10 Kosakata Indah yang Mewakili Perasaan Saat Traveling

Solivagant 

Asal: bahasa Latin

Kosakata traveling yang pertama adalah kata sifat dalam bahasa Latin yang berbunyi solivagant. Artinya adalah bertualang sendirian. Seorang pengembara yang bertualang melakukan perjalanan keliling dunia seorang diri.

Tidak semua orang yang mengembara sendirian itu sedang tersesat, tapi semua orang yang mengembara sendirian bisa disebut solivagant.

Dari kata dasar solivagus yang berarti kesepian dan sendirian, solivagant mewakili orang-orang yang senang bertualang ke tempat baru seorang diri.

Source: Anthony Tran via unsplash.com

Eleutheromania

Asal: bahasa Yunani

Semua orang pasti ingin merasakan kebebasan. Tak heran banyak orang-orang yang pergi berwisata untuk merasakan kebebasan, dan juga menyaksikan bagaimana orang-orang di tempat yang asing mungkin saja memiliki konsep kebebasan yang berbeda dengan tempat asal.

Kosakata traveling yang kedua ini berasal dari bahasa Yunani, Eleutheromania. Yang artinya adalah hasrat yang begitu besar dan intens untuk merasakan kebebasan.

Eleutheromania dapat mewakilkan orang-orang yang memiliki keinginan besar dan juga obsesi untuk merasakan kebebasan dengan melakukan perjalanan ke tempat baru.

Quaquaversal

Asal: bahasa Latin

Pernah gak saat traveling, kamu merasa sangat excited dan rasanya ingin langsung melihat dan mencoba banyak hal baru sekaligus? Seperti ada perasaan menggelitik yang mendorong kamu untuk segera melakukan semua kegiatan dalam satu waktu bersamaan saking semangatnya?

Nah, kosakata traveling yang satu ini bisa mewakili perasaan itu.


Baca Juga: Pertama Kali Traveling Sendiri? Hati-Hati, Jangan Sampai Lakukan 7 Hal Ini!


Ecophobia

Asal: bahasa Inggris

Kosakata traveling yang satu ini datang dari bahasa Inggris. Ecophobia artinya adalah ketakutan seseorang untuk pulang ke rumahnya.

Kata ini bukan berarti kamu betul-betul fobia dan takut untuk pulang ke rumahmu, ya. Tapi sebagai seorang petualang sejati, kamu pasti merasa ingin selalu bisa berpergian, bertualang, dan berwisata mengunjungi tempat-tempat baru.

Nah, hal ini yang dimaksud dengan ecophobia. Perasaan takut tidak bisa jalan-jalan lagi dan harus pulang ke rumah, perasaan rindu untuk mengunjungi destinasi wisata favorit.

aurora

Source: GI CO via unsplash.com

Eudaimonia

Asal: bahasa Yunani

Senang sekali bukan kalau saat traveling semuanya terasa indah dan berjalan lancar. Kosakata traveling yang satu ini bisa menggambarkan perasaan itu.

Ketika semuanya terasa indah, kamu merasa senang sekali dengan perjalananmu, Eudaimonia bisa mewakili perasaan itu. 

Seperti ketika traveling ke Norwegia, kala itu cuaca mendukung dan kamu berhasil melihat Aurora. Eudaimonia sangat tepat untuk menggambarkan perasaan senang tak terlupakan seperti ini.

Selcouth

Asal: bahasa Inggris kuno

Perasaan yang satu ini mungkin pernah dirasakan oleh semua orang. Ketika menginjakkan kaki di tempat baru, di mana semuanya terasa asing dan berbeda.

Mulai dari makanannya, budayanya, adat istiadatnya, orangnya dan bahasanya. Tapi, hal ini sangat menakjubkan bagi kamu dan kamu mengaguminya.

Selcouth dapat mewakilkan perasaan kamu ketika berada di tempat yang asing namun kamu tidak merasa takut melainkan menilainya secara positif dan merasa takjub.

Yoko Meshi 

Asal: bahasa Jepang

Berbeda dengan kosakata traveling yang sebelumnya, Yoko Meshi menggambarkan perasaan stres ketika kamu datang ke negara asing dan tidak bisa menggunakan bahasa setempat.

Yoko meshi tidak bisa diartikan secara harfiah. Pada dasarnya kata meshi berarti ‘nasi’ dan yoko berarti ‘horizontal’ atau ‘mendatar’. Jika digabungkan, artinya ‘makanan yang dimakan secara miring’ aneh bukan? Tidak ada artinya.

Namun dengan begini, yoko meshi betul-betul menggambarkan bagaimana pusingnya jika berada di tempat asing yang kamu tidak mengerti bahasanya sama sekali. Filosofinya sangat indah, bukan?

Onism

Asal: bahasa Denmark

Dunia adalah tempat yang luas dan tidak seorang pun dapat melihat seluruh isinya.

Onism mendeskripsikan pemahaman bahwa kamu tidak akan pernah bisa melihat semua yang ada di dunia secara keseluruhan. Hal ini membuat frustasi karena terjebak di dalam satu tubuh yang hanya dapat menghuni satu tempat pada satu waktu.

Rasanya ingin sekali bisa menikmati keindahan di berbagai belahan dunia, namun hal itu tidak mungkin dilakukan dalam satu waktu. Onism adalah kosakata yang tepat untuk mewakili perasaan ini.

Saudade

Asal: bahasa Portugis

Kosakata traveling yang satu ini menggambarkan keadaan emosional dan kerinduan seseorang akan sesuatu atau seseorang yang jauh. Saudade dulunya memiliki makna “cinta yang tertinggal” setelah seseorang pergi.

Saudade adalah ingatan akan perasaan, pengalaman, tempat, atau kejadian yang membawa kegembiraan dan kebahagiaan tetapi sekarang memicu akal sehat dan membuat seseorang merasa lebih hidup kembali.

Source: via kimkim.com

Commuovere

Asal: bahasa Italia

Commuovere menggambarkan perasaan ketika sesuatu membuat perasaan kamu terdorong dan bercampur aduk, tersentuh, dan kemudian mampu membuat kamu meneteskan air mata.

Seperti ketika kamu menyaksikan sesuatu yang begitu indah, membuatmu seakan tidak percaya hal itu nyata ada di hadapanmu.

Bagi kamu yang mencintai keindahan laut dan faunanya, melihat paus menari di lautan lepas mungkin bisa membuat kamu merasakan commuovere.

Semoga dengan menggunakan berbagai kosakata traveling yang sudah Bob uraikan di atas, dapat membantu kamu untuk mendeskripsikan perasaanmu saat traveling dengan tepat, ya.


Baca Juga: Ingin Kerja di Luar Negeri? Yuk, Belajar 6 Bahasa Asing Paling Dicari di Dunia Kerja Berikut!


Butuh Short Escape? Yuk, Menginap di Bobocabin!

Di tengah hiruk-pikuk perkotaan dan rasa stres dari rutinitas, kualitas tidur bisa terus menurun. Yuk, hilangkan rasa penat dengan healing sejenak di tengah keasrian alam yang indah. Nikmati pemandangan ciamik dengan konsep futuristik Internet of Things di Bobocabin!

Kabin-kabin yang tersedia sudah lengkap dengan fasilitas khas Bobocabin seperti Smart Window dan B-Pad.

Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati untuk mendapatkan privasi dan kenyamanan maksimal. Nikmati juga pemandangan indah dan sensasi sejuk pegunungan saat keluar kabin di pagi hari.

Bobocabin juga menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial. Kapan lagi bisa menikmati alam dengan internet yang kencang?

Abadikan momen seru campfire dan barbeque dengan fasilitas Bobobox untuk pengalaman liburan yang lebih menyenangkan.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, langsung saja unduh aplikasi Bobobox di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles