traveling sendiri

Pertama Kali Traveling Sendiri? Hati-Hati, Jangan Sampai Lakukan 7 Hal Ini!

Kegiatan traveling sendiri yang juga dikenal sebagai solo traveling kini kian marak dilakukan. Saat berpergian sendiri, kita dapat mendapatkan lebih banyak kebebasan dalam menentukan jadwal perjalanan dan tujuan. Selain itu, traveling sendiri juga mendorong kita belajar banyak hal serta bertemu dengan orang-orang baru.

Meski demikian, traveling sendiri juga membawa risiko yang lebih besar. Karena sendirian, kamu tidak dapat bergantung pada teman traveling dan harus mengandalkan insting sendiri. Tapi tak perlu khawatir, hal ini dapat kamu atasi dengan perencanaan yang baik, kok.

Bagi para pemula yang masih bingung harus mulai bersiap dari mana, berikut Bob rangkum tujuh hal yang harus kamu hindari selama traveling sendiri!


Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Solo Traveling Sebelum Umur 30 Tahun


Pergi Tanpa Melakukan Riset

traveling sendiri

Sumber: freepik via Freepik

Traveling sendiri adalah kegiatan yang melibatkan banyak perencanaan. Jika kamu pergi tanpa melakukan riset, bisa-bisa kamu tidak siap mengatasi berbagai situasi muncul di tempat tujuan.

Saat melakukan riset, cari tahu medan yang kamu tuju: cuaca yang akan kamu hadapi, area kota yang berbahaya, hingga pilihan transportasi umum yang dapat kamu gunakan. Dengan demikian, kamu dapat membuat keputusan yang lebih bijak terkait tujuan dan akomodasi selama liburan.

Packing Berlebihan

Berkaitan dengan poin sebelumnya, riset juga dapat membantumu menentukan jenis barang yang akan kamu butuhkan selama liburan nanti.

Saat traveling sendiri, kamu harus membawa semua barangmu sendiri. Pastikan untuk membawa barang sesuai kebutuhan dengan mempertimbangkan cuaca tempat tujuan. Dengan demikian, kamu tidak akan kerepotan saat harus membawa banyak barang bawaan dari satu tempat ke tempat lain.

Terlalu Antusias

Kamu memang bebas merencanakan semua perjalananmu, tapi jangan sampai kelewat semangat, ya.

Hindari merencanakan agenda per hari yang terlalu padat. Tubuh kita pasti butuh istirahat dan menyimpan tenaga selama masa perjalanan. Jika tidak, hari-hari liburan dapat terasa berat dan justru tidak refreshing.

Pastikan untuk meluangkan waktu istirahat di tengah perjalananmu. Kalau memaksakan diri, bisa-bisa berdampak pada kondisi kesehatanmu.


Baca Juga: Liburan Aman, 9 Safety Gear Ini Harus Kamu Bawa Saat Pergi Berlibur!


Memakai Perhiasan Mencolok

Sumber: Godisable Jacob via Pexels

Ketika kamu menggunakan perhiasan yang mencolok, dikhawatirkan kamu akan mengundang kejahatan. Apalagi kamu akan bepergian sendiri.

Untuk menghindari hal tersebut, pilihlah barang yang tidak menarik terlalu banyak perhatian. Jika memungkinkan, tinggalkan barang berharga di kamar hotel yang terkunci.

Tidak Membawa Uang Tunai

Di era digital, memang sudah banyak dompet tunai yang dapat kamu gunakan. Namun saat bepergian, kamu harus selalu memiliki uang tunai untuk transaksi yang akan kamu lakukan.

Hal ini karena tempat yang akan kamu kunjungi belum tentu memiliki pilihan cashless. Selain itu, di saat-saat darurat, kamu dapat selalu menyelesaikan masalah tanpa harus terhambat perihal dana.

Malu Bertanya

Ada peribahasa yang berbunyi “malu bertanya, sesat di jalan”. Artinya, jika kamu segan bertanya, maka kamu tidak akan menemukan jalan keluar.

Hal ini juga berlaku saat traveling sendirian. Sekarang kamu memang dapat menemukan berbagai informasi secara online, tapi terkadang, terdapat perubahan-perubahan yang tidak dapat kamu temukan di internet.

Di saat-saat inilah kamu harus berani bertanya pada warga sekitar. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan informasi yang lebih akurat. Tak hanya itu, mungkin kamu dapat menemukan teman baru atau mendapatkan rekomendasi hidden gem untuk dikunjungi.


Baca Juga: Leisure Tips Untuk Perempuan Yang Mau Solo Traveling


Tidak Siap dengan Hal Darurat

traveling sendiri

Source: Oleksandr Pidvalnyi via Pexels

Hal terakhir yang perlu kamu hindari saat traveling sendirian adalah menganggap enteng persiapan hal darurat.

Untuk memastikan keamananmu selama bepergian sendiri, kamu dapat menyiapkan asuransi perjalanan dan menyimpan uang darurat di tempat aman. Selain itu, pastikan untuk memberikan kabar kepada orang terdekatmu secara berkala, dan menentukan emergency contact yang bisa langsung kamu hubungi di saat-saat genting.

Yuk, Liburan di Tengah Alam dengan Sensasi Modern di Bobocabin!

Ingin liburan di tengah alam dengan aman dan nyaman? Dengan konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin siap menemani kamu menikmati keasrian alam dengan cita rasa modern.

Kabin-kabin yang tersedia sudah dilengkapi fasilitas khas Bobocabin, seperti Smart Window dan B-Pad. Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati agar mendapatkan privasi dan kenyamanan maksimal. Nikmati juga pemandangan indah dan sensasi sejuk perbukitan saat kamu keluar kabin di pagi hari.

Kapan lagi bisa menikmati alam dengan internet yang kencang? Bobocabin menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial. Abadikan momen seru campfire dan barbeque dengan fasilitas Bobobox untuk pengalaman liburan yang lebih menyenangkan!

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, langsung saja unduh aplikasi Bobobox di sini, ya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles