oleh-oleh khas sumbawa

11 Pilihan Oleh-Oleh Khas Sumbawa yang Selalu Menjadi Favorit

Pulau Sumbawa adalah salah satu destinasi favorit di Indonesia selain Pulau Lombok dan Pulau Bali. Tak mengherankan jika ratusan ribu bahkan jutaan wisatawan datang ke kabupaten di NTB ini setiap tahunnya.

Jika kamu berkesempatan liburan ke Sumbawa, jangan lupa untuk membawa buah tangan untuk sanak keluarga dan teman-teman di rumah. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Sumbawa yang sayang untuk dilewatkan. Yuk, simak!

Sekilas Mengenai Sumbawa

Sumbawa adalah salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Letaknya sendiri ada di bagian barat Pulau Sumbawa. Dengan luas wilayah 6.643 kilometer persegi, kabupaten ini terdiri 24 kecamatan, 8 kelurahan, dan 157 desa.

Menurut sejarah, keberadaan Kabupaten Sumbawa ini mulai dikenal sejak zaman Dinasti Dewa Awan Kuning (1350–1389). Kala itu, corak kerajaan masih bersifat hinduistis.

Corak Hindu tersebut berakhir sejak masa kepemimpinan Raja Dewa Majaruwa, yang memeluk Islam setelah kerajaan menjalin hubungan dengan Kerajaan Demak.

11 Oleh-Oleh Khas Sumbawa

1. Madu Asli Hutan Sumbawa

Madu Asli Hutan Sumbawa

Sumber: sibakuljogja.jogjaprov.go.id

Madu asli hutan Sumbawa adalah oleh-oleh khas Sumbawa yang wajib dibawa pulang. Dibanding madu pada umumnya, madu Sumbawa sendiri berasal dari lebah jenis Apis dorsata yang sumber makanannya adalah nektar dari pohon bidara dan kopi.

Saat ini, ada dua macam madu Sumbawa yang bisa kamu beli, yakni madu putih dan madu hitam. Tinggal pilih saja sesuai selera, ya!

2. Susu Kuda Liar

Susu Kuda Liar

Sumber: Shutterstock PAUL’S LADY via Kompas Travel

Berikutnya, kamu bisa membawa oleh-oleh berupa susu kuda liar setelah liburan di Sumbawa. Produk susu kuda liar ini tak hanya sangat terkenal di Indonesia tapi juga mancanegara.

Oleh-oleh khas Sumbawa ini memang diambil dari perasan susu kuda yang tinggal di alam bebas. Alhasil, produk susu ini memiliki rasa yang gurih. Kandungan gulanya pun lebih tinggi sehingga lebih manis terasa.

Bobocabin Bobobox

3. Manjareal

Manjareal

Sumber: ISMAIL ZAKARIA via Kompas.id

Manjareal adalah kue tradisional asli Sumbawa yang punya cita rasa manis dan gurih. Makanan ini terbuat dari kacang tanah halus yang dimasak dengan gula hingga kalis. 

Bahan-bahan tersebut dicampur bersama tepung beras atau sagu. Nantinya, adonan dicetak menggunakan daun lontar dengan bentuk mirip simbol keriting pada kartu remi. Setelah itu, baru makanannya dikeringkan.

Ketika disantap, kamu bakal merasakan tekstur yang padat beremah sekaligus meleleh dalam mulut.

4. Kue Babingka

Kue Babingka

Sumber: anekakreasiresepmasakan.blogspot.co.id

Jajajan tradisional satu ini kerap jadi incaran wisatawan saat berkunjung ke Sumbawa. Kue babingka terbuat dari tepung ketan yang dicampur kelapa muda, santan, serta gula merah, lalu dipanggang. Rasanya manis, legit, dan gurih, sedangkan teksturnya kenyal dan sedikit kasar.

Kalau kamu datang ke sentra pembuatannya, dari jauh kamu akan langsung bisa mencium aroma lezat kelapa muda panggang. Selain itu, kamu bisa membeli kue babingka di pasar atau pusat oleh-oleh khas Sumbawa.

5. Terasi Udang Labuhan Botong

Terasi Udang Labuhan Botong

Sumber: Fian Aalizzwell via wishfood.id

Membuat sambal tak lengkap rasanya jika tanpa terasi. Saat berkunjung ke Sumbawa, ada baiknya membawa pulang terasi udang Labuhan Botong.

Terasi asli ini adalah produk unggulan yang menjadi favorit masyarakat lokal. Bahannya terbuat dari udang segar yang langsung dari laut Sumbawa.

6. Permen Susu Kuda Liar

Permen Susu Kuda Liar

Sumber: sajiansedap.grid.id

Sebagian orang mungkin masih merasa aneh ketika mencoba susu kuda liar untuk pertama kalinya. Kalau kamu merasakan hal serupa, ada alternatif yang bisa dicoba, yakni permen susu kuda liar.

Rasa permen ini tentu tidak sekuat jika meminum susu secara langsung karena susu sudah melalui proses pengolahan dan penambahan bahan lainnya, seperti gula.

7. Baso Siong

Baso Siong

Sumber: julia.pratiwi.12 via Facebook

Baso siong adalah camilan yang tak boleh ketinggalan dibawa pulang saat liburan ke Sumbawa. Makanan ini adalah olahan jagung yang dimasak dengan cara disangrai. Rasanya cenderung gurih asin dan renyah.

Baca Juga: Nikmati Quality Time Bersama Orang-Orang Tersayang di Spot Piknik Bali Berikut Ini!

8. Dodol Rumput Laut

Dodol Rumput Laut

Sumber: pesonanusantara.co.id

Oleh-oleh khas Sumbawa berikutnya adalah dodol rumput laut. Dibanding dodol pada umumnya, camilan ini bertekstur kenyal mirip jelly. Warnanya juga bukan cokelat, melainkan merah, kuning, hijau, dan oranye sesuai rasanya.

9. Kre’alang

Kre’alang

Sumber: umkm.sumbawakab.go.id

Kain tenun khas Nusa Tenggara sudah terkenal hingga ke mancanegara karena kualitasnya yang superior. Nah, kre’alang sendiri adalah hasil kerajinan tenun berupa sarung yang khusus dibuat dengan bahan sesek.

Kre’alang bisa kamu beli di Desa Poto, yang merupakan pusat pengrajin kre’alang. Karena proses pembuatannya membutuhkan waktu relatif lama, jangan kaget jika harga yang dipatok tergolong cukup mahal.

10. Keripik Plecing Tempe

Keripik Plecing Tempe

Sumber: lifestyle.okezone.com

Jika kamu pencinta pedas, tak ada salahnya mencoba oleh-oleh khas Sumbawa berupa keripik pelecing tempe. Makanan ini mempunyai rasa gurih dan pedas nampol. Bagi yang tidak terlalu kuat pedas, kamu bisa memakannya bersama nasi.

Hampir semua toko oleh-oleh menyediakan camilan ini, jadi kamu tidak akan kerepotan mencarinya.

11. Minyak Sumbawa

11. Minyak Sumbawa

Sumber: Harian Singgalang

Minyak Sumbawa dihasilkan melalui penyatuan 44 variasi rempah-rempah yang berbeda dan ekstrak dari jenis akar kayu tertentu. Proses pembuatannya memiliki ciri khusus, yakni dilakukan secara eksklusif selama bulan Muharram.

Keunikan ini menandai keselarasan antara komposisi bahan-bahan alami yang digunakan dan keberlangsungan tradisi pembuatan minyak ini pada periode waktu yang tertentu, menciptakan suatu produk yang memiliki nilai budaya dan spiritual yang mendalam.

Ingin glamping di Pulau Sumba? Bobocabin Umarato Sumba jawabannya!

Bobocabin Umarato

Ketika berlibur di Nusa Tenggara Timur, kamu tentu ingin menjadikan momen tersebut tak terlupakan. Selain mengunjungi tempat wisata yang memanjakan mata, kamu bisa merasakan penginapan di tengah alam Sumba bersama Bobocabin Umarato Sumba.

Perpaduan konsep alami kabin dan fasilitas teknologi modernnya akan membuat pengalaman menginapmu lebih menyenangkan. Yuk, unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

 

Penulis artikel: Emier

Foto header: Roman Odinstov via Pexels

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles