snorkeling pulau seribu

5 Spot Terbaik untuk Snorkeling di Pulau Seribu

Berlibur ke Pulau Seribu memang kurang lengkap tanpa menyaksikan keindahan panorama bawah lautnya. Untuk melihat langsung keindahan bawah laut di Pulau Seribu, kamu bisa melakukan kegiatan snorkeling.

Di Pulau Seribu, terdapat banyak tempat-tempat yang bagus untuk snorkeling. Bahkan, tempat-tempat ini sudah menyediakan fasilitas dan peralatan snorkeling yang aman dan nyaman.

Berikut ini adalah rekomendasi beberapa tempat snorkeling di Pulau Seribu beserta tips snorkeling untuk kamu yang mungkin belum berpengalaman.

5 Rekomendasi Tempat Snorkeling di Pulau Seribu

Maksimalkan pengalaman snorkelingmu di lima rekomendasi tempat terbaik untuk snorkeling di Pulau Seribu berikut:

1. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka untuk Snorkeling

Gambar: SeanesiaTrip via tiket.com

Rekomendasi spot snorkeling di Pulau Seribu yang pertama adalah di Pulau Pramuka. Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau yang menjadi tempat tujuan favorit wisatawan Pulau Seribu.

Daya tarik utama snorkeling di Pulau Pramuka ada pada lautnya yang beragam dan cantik. Namun, tak hanya biota laut saja, hamparan pasir putih serta air lautnya yang biru jernih juga menjadi daya tarik pulau ini.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Pulau di Kepulauan Seribu yang Wajib Kamu Kunjungi

2. Pulau Pari

Pulau Macan untuk Snorkeling

Gambar: tropis.co

Pulau Pari memiliki panorama bawah laut yang luar biasa indah. Sebab, masih banyak terumbu karang alami yang dapat kamu nikmati keindahannya di sini. 

Keasrian wilayah Pulau Pari sangat terjaga karena tempat ini juga merupakan lokasi kegiatan penelitian dari lembaga riset LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

3. Pulau Macan

Pulau Pari untuk Snorkeling di Jakarta

Gambar: pulaumacan.id

Rekomendasi spot snorkeling di Pulau Seribu berikutnya yaitu di Pulau Macan. Pulau Macan mengusung konsep eco resort yang tenang dan juga eksklusif. Jadi, kamu harus reservasi dari jauh hari karena jumlah wisatawan di pulau ini sangat dibatasi.

Karena konsep yang diterapkan Pulau Macan ini, kamu bisa menikmati momen liburan dan snorkeling dengan tenang dan nyaman.

4. Pulau Sepa

Pulau Sepa untuk Snorkeling

Gambar: pulauseributraveling.com

Spot snorkeling di Pulau Seribu yang satu ini bisa disebut sebagai hidden gem. Pasalnya, belum banyak orang mengetahui keindahan bawah laut yang ditawarkan Pulau Sepa. Maka dari itu, kamu dapat dengan puas healing di pulau yang sepi dan tenang ini.

Tak hanya snorkeling, kamu juga bisa berlatih scuba diving, bermain banana boat, jet ski, dan menikmati macam-macam olahraga air lainnya di Pulau Sepa.

5. Pulau Dolphin

Pulau Dolphin untuk Snorkeling di Jakarta

Gambar: travelwisataindonesia.com

Pulau Dolphin adalah pulau kecil tak berpenghuni di Kepulauan Seribu yang letaknya berdekatan dengan Pulau Harapan.

Meski tak berpenghuni, pulau ini cukup ramai dikunjungi wisatawan. Pulau Dolphin merupakan salah satu spot snorkeling dan camping favorit bagi para wisatawan Pulau Seribu.

Baca Juga: 20 Pilihan Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Paling Populer Saat Ini

7 Tip Snorkeling di Pulau Seribu

Tip Snorkeling di Pulau Seribu

Gambar: Kindel Media via Pexels

Untuk memastikan kegiatan snorkeling di Pulau Seribu berjalan lancar, pastikan untuk mengikuti tip-tip berikut:

1. Menyewa Jasa Pemandu

Pemandu memiliki dua peran, yaitu membantumu mengenakan peralatan snorkeling dengan baik dan benar, dan bertindak sebagai tour guide. Mereka juga dapat diandalkan jika terjadi hal-hal darurat, seperti jika kamu mengalami kram atau kecelakaan lainnya.

Dengan menyewa pemandu, kamu tak perlu khawatir tentang keselamatanmu selama snorkeling.

2. Cek Peralatan Sebelum Digunakan

Pastikan bahwa peralatan yang akan kamu gunakan sudah sesuai ukuran dan layak pakai. Jika kamu tidak yakin, lebih baik meminta petunjuk langsung dari pemandu.

3. Lindungi Diri dari Sinar Matahari

3. Lindungi Diri dari Sinar Matahari

Sumber: rey.id

Meski snorkeling dilakukan di dalam air, sinar matahari yang terik tetap saja bisa mengancam kesehatan kulit, terlebih bagi kamu yang memiliki kulit sensitif.

Maka dari itu, pakailah sunscreen untuk melindungi kulitmu dari jahatnya sinar matahari. Kamu juga bisa mengenakan pakaian renang lengan panjang agar kulit lebih terlindungi.

4. Snorkeling di Pagi Hari

4. Snorkeling di Pagi Hari

Sumber: Shopify.com

Snorkeling ternyata lebih direkomendasikan pada pagi hari. Pasalnya, air laut akan cenderung lebih jernih dan angin berembus lebih tenang. Dengan demikian, snorkeling jadi lebih aman dan kamu dapat melihat biota laut dengan lebih baik.

5. Jangan Tegang

Agar tak panik saat berada di dalam air, pastikan kamu sudah terbiasa bernapas menggunakan snorkel. Posisikan tubuh agar telungkup dan menghadap ke bawah sehingga tubuh akan lebih seimbang dan mampu mengapung di permukaan air.

6. Jangan Sembarangan Menyentuh Biota Laut

Meskipun indah, tahan dirimu agar tak sembarangan menyentuh biota laut. Jangan sampai kamu mengganggu keseimbangan ekosistem laut hanya karena rasa penasaran, ya!

Baca Juga: Mari Liburan Singkat di 7 Hidden Gem Pulau Seribu Ini!

7. Latihan Pernapasan Dengan Benar

Kenali cara bernapas melalui snorkel sebelum memasuki air. Latihan terlebih dahulu di area yang dangkal untuk membangun kemampuan menampung oksigen dalam waktu yang lama, cara menggunakan alat snorkeling dan untuk kepercayaan diri selama snorkeling.

Istirahat Nyaman dengan Harga Terjangkau di Bobopod!

Jaga Ketenangan di Lingkungan Bobobox

Hotel Kapsul Bobopod adalah solusi buat kamu yang mencari penginapan yang nyaman, dekat pusat perbelanjaan, dan harganya terjangkau. Cukup dengan berjalan kaki saja, kamu dapat mengunjungi berbagai tujuan kuliner dan wisata di sekitar area penginapan dengan mudah.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh aplikasinya di sini.

 

 

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: John Cahil Rom via Pexels

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles