tempat wisata di jakarta pusat

20 Pilihan Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Paling Populer Saat Ini

Selain berfungsi sebagai pusat pemerintahan dan bisnis, Jakarta Pusat juga menawarkan banyak destinasi wisata menarik.

Karena lokasinya strategis dan sarana transportasi umumnya pun baik, tidak salah kalau Jakarta Pusat pun menjadi salah satu tujuan favorit wisata. 

Dengan banyaknya destinasi yang bisa dipilih, mungkin kamu bingung harus memilih yang mana. Nah, agar tidak pusing-pusing lagi, Bob sudah merangkum 15 rekomendasi tempat wisata di Jakarta Pusat yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak!

20 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Pusat

1. Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional (Monas)

Sumber: RedDoorz

Perjalanan ke Jakarta tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Monas. Monumen tinggi yang memiliki puncak berlapis emas ini adalah salah satu ikon utama Jakarta serta simbol Indonesia.

Jika berkesempatan mengunjungi tempat wisata di Jakarta Pusat ini, sangat disarankan untuk masuk ke dalamnya dan naik hingga ke puncak monumen. Kamu akan dapat menikmati pemandangan Kota Jakarta dari ketinggian yang spektakuler!

2. Museum Nasional Indonesia

Kota Jakarta adalah salah satu tempat yang kaya akan sejarah kemerdekaan, jadi tidak heran kalau ada banyak museum yang bisa kamu kunjungi.

Salah satu museum ini adalah Museum Nasional, yang sering disebut juga sebagai Museum Gajah. Museum ini mengoleksi berbagai artefak sejarah dari Indonesia dan juga dunia.

3. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki

Sumber: kcic.co.id

Taman Ismail Marzuki adalah destinasi wisata yang menawarkan hiburan rakyat dan pertunjukan menarik.

Di tempat wisata di Jakarta Pusat ini, kamu akan menemukan berbagai spot dan bangunan khusus yang digunakan untuk pertunjukan seni. Kamu juga dapat menjelajahi fasilitas edukasi seperti planetarium dan perpustakaan.

Berbeda dengan taman konvensional, Taman Ismail Marzuki didominasi oleh bangunan-bangunan seni dengan taman yang dirancang dengan baik di depannya.

4. Galeri Nasional Indonesia

Kalau kamu memiliki minat dalam bidang seni seperti lukisan, kamu dapat mengunjungi Galeri Nasional Indonesia.

Kamu akan menjumpai berbagai pameran seni rupa yang mencakup lukisan, patung, seni instalasi, dan patung-patung karya seniman lokal dan internasional.

Selain itu, terdapat banyak spot foto menarik seperti mural tiga dimensi yang berada di bagian belakang galeri gedung A.

5. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

Sumber: rumah.com

Masjid Istiqlal termasuk tempat wisata Jakarta yang tidak memungut biaya masuk. Masjid ini sendiri dibangun sebagai rasa syukur atas keberhasilan Indonesia melawan penjajah yang datang ke tanah Indonesia khususnya Batavia kala itu.

Masjid yang mulai dibangun tahun 1961 ini akan memberikan wisata spiritual di antara nuansa gaya arsitektur modern. Momen terbaik untuk berkunjung adalah sore menjelang malam hari.

6. Museum Sejarah Jakarta

Museum Sejarah Jakarta kerap disebut juga Museum Fatahillah Kamu dapat melihat berbagai koleksi benda yang berhubungan dengan sejarah Kota Jakarta di sini.

Bangunan museum ini dulunya adalah Balai Kota Batavia yang memiliki arsitektur klasik. Karena terletak di Kota Tua Jakarta, kamu akan menjumpai berbagai bangunan unik di sekitarnya.

7. Gereja Katedral

Gereja Katedral

Sumber: Kompas

Gereja Katedral memiliki interior bangunan yang menarik. Pasalnya, gereja ini memadukan gaya klasik dan modern sehingga tampak berbeda dengan gereja pada umumnya.

Di samping itu, ketika mengunjungi tempat wisata ini, kamu juga akan mempelajari tentang agama Katolik dan toleransinya dengan Islam karena lokasinya yang berada di dekat Masjid Istiqlal.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Jakarta yang Keren dan Asyik untuk Liburan Keluarga

8. Museum Taman Prasasti

Pada dasarnya, museum ini adalah situs pemakaman yang berasal dari masa penjajahan Belanda. Kamu akan menemukan makam-makam kuno dengan batu nisannya yang khas. 

Di samping itu, juga terdapat ornamen-ornamen lain, seperti replika makam, prasasti, dan bahkan kereta jenazah dalam gaya kuno. Suasana di museum ini akan membawa kamu merasakan sensasi berada pada zaman lampau.

9. Taman Suropati

Foto: nativeindonesia.com

Selanjutnya, ada Taman Suropati yang masuk rekomendasi Bob. Taman ini menawarkan suasana segar di tengah hiruk pikuk kota. Suasana sejuk taman ini kian diperkaya dengan hiburan musik yang kerap diputar oleh anggota komunitas pada hari Minggu.

Selain menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, Taman Suropati juga kerap menjadi pilihan untuk piknik bersama keluarga.

10. Museum Sumpah Pemuda

Selanjutnya, kamu bisa mengunjungi Museum Sumpah Pemuda yang didirikan tahun 1973. Koleksi yang disimpan di sini berupa foto dan benda-benda terkait sejarah Sumpah Pemuda dan pergerakan nasional kepemudaan Indonesia.

Bagi yang tertarik mengunjungi museum ini, kamu bisa mengunjunginya pada hari Selasa hingga Minggu.

11. Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi

Sumber: jakarta-tourism.go.id

Tugu Proklamasi di Jakarta Pusat merupakan tempat bersejarah yang dibangun untuk memperingati pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Terdapat dua monumen besar yang menggambarkan Soukarno-Hatta berdiri berdampingan, menyerupai saat mereka membacakan naskah proklamasi pertama kali

Di tengah-tengah kedua monumen tersebut, ada replika naskah proklamasi yang dibuat dari batu marmer hitam. Replika ini dirancang menyerupai tampilan naskah asli.

12. Gedung Kebangkitan Nasional

Wisata sejarah berikutnya adalah Gedung Kebangkitan Nasional, tempat yang menjadi saksi pergerakan modern para pemuda Indonesia untuk pertama kalinya.

Gedung ini secara resmi diresmikan pada tahun 1974 oleh Presiden Soeharto. Selain kisah sejarahnya yang berharga, kamu juga akan menjumpai berbagai koleksi foto, replika peristiwa, dan sejumlah alat perang.

13. Pecenongan

Pecenongan

Sumber: senibudayabetawi.com

Bagi pengunjung yang datang dari luar kota, Pecenongan merupakan destinasi yang sempurna untuk menikmati berbagai hidangan lokal.

Di sini, kamu dapat merasakan beragam kuliner khas Jakarta atau makanan tradisional lain yang telah tersedia di lokasi ini selama bertahun-tahun.

14. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) termasuk tempat wisata yang jarang sekali sepi pengunjung. Saat datang ke sini, kamu harus bersabar untuk menikmati tiap-tiap wahana yang ada.

Meski lama mengantre, pengalaman menikmati setiap wahananya bakal tak terlupakan. Beberapa wahana ini meliputi museum, wahana rekreasi, taman burung, dunia air tawar dan serangga, suseum fauna, dan masih banyak lagi.

Bobobox Maximum Comfort Banner

15. Istana Merdeka

Istana Merdeka

Sumber: DPRD Indramayu

Kalau ingin mengunjungi kantor pemerintahan dan stafnya, kamu dapat pergi ke Istana Merdeka. Namun, penting untuk diingat bahwa kunjungan hanya dapat dilakukan hari Sabtu dan Minggu. Kamu dapat menjelajahi beberapa area seperti wisma negara dan masjid. 

16. Taman Menteng

Tempat wisata di Jakarta Pusat lainnya adalah Taman Menteng. Taman kota ini terkenal dengan rumah kacanya yang memamerkan lukisan para seniman Indonesia.

Tak hanya itu, rumah kaca tersebut mempunyai tampilan yang Instagramble. Tidak heran kalau kerap dijadikan spot pemotretan pre-wedding atau kegiatan fotografi lainnya.

Selain mengunjungi rumah kaca tersebut, kamu bisa berolahraga di lapangan futsal, basket, dan jalur joging yang ada di sini.

17. Pasar Baru

Pasar Baru

Sumber: Kompas Travel

Jika ingin merasakan atmosfer pasar tertua di Jakarta, kunjungi Pasar Baru yang telah ada sejak zaman VOC ini. Kamu dapat menemukan berbagai macam produk tekstil, mulai dari sepatu, tas, hingga pakaian. Harganya pun cukup terjangkau.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Makan di Kota Tua dan Sekitarnya

18. Galeri Indonesia Kaya

Galeri Indonesia Kaya memiliki ruangan edukasi budaya berbasis teknologi digital. Pengunjung dapat berada lebih dekat dengan ekspresi seni kreatif generasi muda. 

Selain itu, pada beberapa hari tertentu, Galeri Indonesia Kaya juga menampilkan pertunjukan seni yang mengagumkan.

19. Taman Situ Lembang

Taman Situ Lembang

Sumber: Kompas Megapolitan

Taman Situ Lembang memiliki taman bunga, padang rumput hijau, dan kolam yang cukup besar. Terdapat pula kolam ikan buatan bagi pengunjung yang ingin memancing.

Banyak orang yang datang ke destinasi wisata alam ini bersama keluarga untuk piknik, bersepeda, dan lainnya.

20. Perpustakaan Nasional

Tidak terlalu jauh dari Monas, kamu dapat mengunjungi Perpustakaan Nasional. Perpustakaan ini adalah lembaga yang mengelola koleksi lengkap buku dan arsip dari berbagai sumber, baik dari Indonesia maupun mancanegara.

Gedungnya terdiri dari 25 lantai dan menyimpan banyak koleksi menarik, seperti buku, manuskrip, dan banyak lagi. 

Butuh Menginap di Jakarta Pusat? Yuk, ke Bobobox Juanda!

Bobobox Juanda

Mengunjungi banyak tempat wisata di Jakarta Pusat tidak cukup hanya satu hari. Untuk mengisi energi kembali sebelum lanjut jalan-jalan, kamu wajib memilih penginapan dengan fasilitas mumpuni.

Salah satu yang bisa kamu pilih adalah Bobobox Juanda. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas lengkap seperti WiFi, bluetooth speaker, hingga kasur yang empuk untuk beristirahat.

Untuk pemesanannya, unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini, ya

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles