Wingko Babat

Habis Liburan, Jangan Lupa Membeli 25 Oleh-Oleh Khas Jawa Timur Ini

Ada beragam kota yang patut dijadikan destinasi liburan di Jawa Timur, seperti Malang, Surabaya, Mojokerto, Kediri dan lain-lain. Dengan banyaknya kota yang bisa kamu kunjungi, pilihan oleh-oleh yang ada pun juga beragam macamnya.

Nah, kalau kamu ada agenda berlibur ke kota-kota di Jawa Timur dan sedang mencari pilihan oleh-oleh yang tepat, kamu datang ke tempat yang tepat. 

25 Oleh-Oleh Khas Jawa Timur

Berikut adalah beragam pilihan oleh-oleh khas Jawa Timur yang bisa kamu beli.

1. Keripik Buah

Keripik Buah

Sumber: sedaprasa.com

Salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli saat berlibur ke Jawa Timur adalah keripik buah. Awalnya, Malang hanya memproduksi keripik buah apel saja. Namun kemudian, Malang mulai memproduksi keripik dari buah-buahan lain yang juga dibudidayakan. Kamu bisa mendapatkan keripik varian apel, nangka, nanas, mangga, salak, dan masih banyak lagi.

2. Kue Bagiak

Kue Bagiak

Sumber: laros.id

Bagiak terbuat dari tepung kanji, telur, susu, dan kelapa parut. Bagiak dijual dalam berbagai varian rasa, di antaranya rasa keju, vanila, durian, cokelat, jahe, dan masih banyak lagi.

3. Jeruk Tuban

Jeruk Tuban

Sumber: Graphic Node via Unsplash

Jawa Timur memiliki Kabupaten Tuban yang terkenal dengan perkebunan jeruknya. Maka dari itu, jika berlibur ke daerah Jawa Timur ini, jangan sampai ketinggalan membawa oleh-oleh jeruk Tuban.

4. Apel Malang

Apel Malang

Sumber: Dan Gold via Unsplash

Saking melimpahnya perkebunan apel di Malang, kota ini bahkan diberi julukan Kota Apel. Di Malang, kamu bisa berkunjung langsung ke perkebunan apel dan memetik apelnya sendiri. Saking terkenalnya, apel Malang sudah menjadi oleh-oleh khas Jawa Timur yang wajib dibeli wisatawan.

5. Bolu Kuwuk

Bolu Kuwuk

Sumber: banyuwangitourism.com

Bolu kuwuk adalah jajanan khas Banyuwangi yang berbentuk bundar kecil. Rasanya manis khas gula aren, sedangkan teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam. Kue ini cocok dijadikan teman minum teh pada sore hari.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Jawa Timur Paling Populer Wajib Dijajal

6. Lapis Surabaya

Lapis Surabaya

Sumber: endeus.tv

Siapa yang tak kenal kue lapis Surabaya? Teksturnya yang sangat lembut dan rasanya yang manis selalu berhasil membuat ketagihan.

7. Getuk Pisang Kediri

Getuk Pisang Kediri

Sumber: bisnisukm.com

Oleh-oleh khas Jawa Timur yang satu ini berasal dari Kediri. Cita rasa getuk ini adalah manis, sedikit asam, dan memiliki aroma pisang yang khas.

8. Sale Anggur

Sale Anggur

Sumber: keluyuran.com

Diberi nama sale anggur bukan karena terbuat dari anggur, tapi karena bentuknya menyerupai anggur. Bahan dasar sale anggur sendiri adalah buah pisang. Kudapan ini bisa tahan hingga 5 bulan, jadi sangat cocok untuk dijadikan buah tangan.

9. Enting-Enting Geti

Enting-Enting Geti

Sumber: TOSERDAS Spicy Snacks Mart via Bukalapak

Enting-enting geti juga tak kalah menarik untuk dicoba. Oleh-oleh khas Jawa Timur yang satu ini terbuat dari kacang tanah, gula merah, dan taburan biji wijen.

10. Dumbleg

Dumbleg

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Dumbleg merupakan jajanan tradisional dari Nganjuk yang berbentuk lonjong seperti lontong, tapi teksturnya lengket seperti dodol.

11. Kain Batik Trenggalek

Kain Batik Trenggalek

Sumber: Graha Batik Tulis Rahayu Trenggalek

Kain batik yang terkenal di wilayah Jawa Timur adalah batik dari Trenggalek. Produk ini selalu jadi incaran wisatawan domestik maupun mancanegara. Kamu dapat membelinya di pusat perbelanjaan maupun dengan mengunjungi pusat pembuatan batiknya langsung di Dukuh Jampi.

12. Keripik Tempe Malang

Keripik Tempe Malang

Sumber: jhon_sports via Lazada

Tak hanya keripik buah, Malang juga memproduksi keripik tempe yang gurih dan renyah. Keripik tempe ini dijual dengan berbagai varian rasa, seperti jagung manis, jagung bakar, ayam bakar, balado, ayam bawang, dan banyak lainnya.

Baca Juga: Hobi Wisata Alam? Berikut 5 Gunung di Jawa Timur dengan Pemandangan Mengagumkan!

13. Wingko Babat

Wingko Babat

Sumber: Resep Bunda Yustin via Youtube

Wingko babat terbuat dari tepung ketan yang dicampur kelapa muda parut dan gula pasir. Kudapan ini biasanya berbentuk bundar berukuran kecil. 

14. Prol Tape

Prol Tape

Sumber: cookingwithhel via resepkekinian.com

Prol tape adalah kue bolu yang berbahan dasar tape. Kue ini biasanya diberi topping parutan keju atau cokelat. Teksturnya lembut dan cita rasanya manis khas tape. Sekali cicip, pasti ketagihan!

15. Jubada

Jubada

Sumber: carica.id

Camilan unik ini berasal dari Sumenep, Madura. Jubada terbuat dari campuran gula siwalan, tepung jagung, dan tepung tapioka. Jubada berbentuk gulungan kecil sebesar kacang tanah yang diikat dengan tali dari daun siwalan.

16. Brem

Jubada

Sumber: Brem

Brem terbuat dari fermentasi sari ketan. Bentuknya persegi panjang pipih, dan walau warnanya sebetulnya beragam, brem umum dijumpai dalam warna putih. Teksturnya pun menggoda; kudapan ini akan meleleh begitu masuk mulut. 

17. Pudak

Pudak

Sumber: budaya-indonesia.org

Pudak diolah dari tepung beras, gula pasir, dan santan. Adonannya dibungkus dengan pelepah daun pinang lalu dikukus hingga matang. Karena tak dapat ditemui di daerah lain, pastikan kamu membeli oleh-oleh khas Jawa Timur ini ketika berkunjung ke sana, ya. 

18. Sambal Pecel

Sambal Pecel

Sumber: PastiSipStore via Tokopedia

Beberapa daerah di Jawa Timur memiliki kebiasaan makan pecel sebagai sarapan. Maka dari itu, sambal pecel dari daerah Jawa Timur mudah ditemukan dan rasanya sangat lezat.

Kamu bisa membawa pulang sambal pecel instan sebagai oleh-oleh saat berlibur ke Jawa Timur. Cara menyajikannya cukup mudah, tinggal campurkan sambal pecel instan dengan air panas lalu aduk hingga cair.

19. Ledre 

Ledre 

Sumber: camilan_kerajinan_bojonegoro via Instagram

Ledre adalah jajanan tradisional berupa olahan pisang. Makanan ini terbuat dari tepung terigu, tepung beras, gula, dan pisang raja.

20. Madumongso

Madumongso

Sumber: diskominfo.kaltimprov.go.id

Madumongso adalah jajanan manis yang terbuat dari ketan hitam. Kudapan ini biasanya dibentuk bulat, dibungkus plastik kecil bening, dan diikat dengan pita kecil di atasnya.

21. Manco

Manco

Sumber: goumkm.com

Manco adalah kue kering renyah, lengket, dan manis yang dibalut dengan biji wijen. 

22. Sambal Bu Rudy

Sambal Bu Rudy

Sumber: amki.or.id

Oleh-oleh khas Jawa Timur yang asalnya dari Surabaya ini sudah sangat terkenal dan legendaris. Pedasnya bikin ketagihan!

23. Kopi Banyuwangi

Kopi Banyuwangi

Sumber: Mike Kenneally via Unsplash

Banyuwangi, Jawa Timur adalah salah satu kota penghasil kopi terbaik di Indonesia bahkan dunia. Bagi pencinta kopi, wajib untuk membawa pulang kopi Banyuwangi sebagai oleh-oleh.

24. Sari Apel

Sari Apel

Sumber: wisataku.id

Selain buah apel, sari apel juga merupakan oleh-oleh favorit wisatawan yang berlibur ke daerah Jawa Timur.

Bobocabin Bobobox

25. Keramik Malang

Keramik Malang

Sumber: Shinta Alifia C.H. via Tugu Jatim

Selain berbagai olahan apel, Malang juga terkenal dengan kerajinan keramiknya. Kamu bisa mengunjungi Kampung Wisata Keramik Dinoyo untuk melihat langsung proses pembuatan kerajinan keramik dan membeli produk-produknya langsung.

Baca Juga: Air Terjun Kapas Biru; Pesona Wisata Alam di Lumajang, Jawa Timur

Sensasi Menginap Modern Dikelilingi Alam Hijau

Sensasi Menginap Modern Dikelilingi Alam Hijau

Ingin istirahat tanpa gangguan setelah asyik menjelajahi Jawa Timur? Nikmati sensasi menginap modern dikelilingi alam hijau di Bobocabin Jawa Timur!

Berbekal konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin siap menemani kamu menikmati keasrian alam dengan cita rasa modern.

Tentunya, kabin-kabin yang tersedia sudah dilengkapi fasilitas khas Bobocabin, seperti Smart Window dan B-Pad. Tersedia pula fasilitas camp fire, BBQ, dan Wi-Fi untuk menunjang pengalaman menginapmu di tengah alam hijau.

Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles