Photo: Taman Safari News

Liburan Sambil Edukasi Satwa Lewat Berbagai Aktivitas di Taman Safari Bogor

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat belajar jadi makin menyenangkan. Salah satunya adalah menyelipkannya di tengah-tengah aktivitas liburan yang seru. Dengan mengunjungi Taman Safari Bogor, misalnya.

Siapa yang enggak tahu Taman Safari Indonesia Bogor? Tempat ini merupakan salah satu dari sekian banyak taman safari yang tersebar di seluruh Indonesia.

Taman Safari Bogor adalah salah satu opsi tempat liburan keluarga di Bogor yang populer khususnya untuk masyarakat di sekitar Jakarta. Tentunya bukan hanya karena letaknya yang mudah dijangkau, tapi juga karena memiliki nilai edukasi di dalamnya.

Di sana, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru bersama berbagai jenis hewan. Mulai dari binatang-binatang asli Indonesia, sampai binatang unik dari penjuru dunia bisa kamu temui secara langsung.

Penasaran ingin berinteraksi dengan hewan-hewan tersebut? Memangnya apa saja sih, aktivitas edukasi yang bisa kamu lakukan di Taman Safari Bogor? Apakah semuanya kids friendly atau tidak? Simak rekomendasi Bob berikut ini:

1. Masuk ke Alam Liar dengan Safari Siang

Photo: Tiket.com

Tentunya kamu enggak bisa ke Taman Safari Puncak, Bogor tanpa melakukan Safari Siang. Kamu akan merasa seakan dibawa masuk ke alam liar, tepat ke tengah-tengah habitat para satwa di sana.

Selama 45 menit, kamu bisa melintasi jalur yang dibuat khusus melewati tempat tinggal para hewan. Kamu bisa menggunakan mobil pribadi atau pun bus wisata khusus yang tersedia.

Tenang saja, karena ada rambu-rambu dan papan penanda kapan kamu bisa membuka jendela kendaraan untuk memberi makan para hewan, mengambil foto mereka yang lucu, atau sekadar berinteraksi dengan mengelus hewan yang jinak.

Trek perjalanannya juga enggak membosankan, karena mobilmu akan dibawa melintasi bukit, bahkan membelah kolam. Kamu bisa bertemu rusa, alpaca, banteng, gajah, jerapah, dan lainnya.

Psst, hati-hati saat lewat rumah hewan buas macam singa, beruang, harimau, dan macan, ya!

2. Safari Trek & Outbound untuk Uji Kekompakan

Photo: Taman Safari Bogor

Mau yang lebih menantang, melibatkan aktivitas fisik seru, dan bisa dilakukan bersama grup besar seperti teman kantor atau keluarga besar? Kamu bisa coba aktivitas Safari Trek & Outbound.

Pengunjung akan diajak menyusuri trek khusus sambil mempelajari aneka tanaman obat. Kamu juga bisa mengunjungi lokasi Safari Poo Paper & Composting, lalu melakukan outbound yang seru.

Kamu memang harus membayar lebih untuk aktivitas Safari Trek & Outbound ini. Tapi tenang saja, masih ramah di kantong, kok. Untuk grup minimal 25 orang, kamu harus melakukan reservasi dahulu dengan harga tiket Rp150.000 per orang berlaku setiap hari, termasuk hari libur dan weekend.

Harga Safari Trek & Outbound tersebut sudah termasuk aktivitas hiking (menyusuri Gedung Gede Pangrango), wahana outbound, pemandu, SFC lunch box, dan snack box. Worth it banget, kan?

Loket dan pemberangkatan Safari Trek dibuka setiap hari pukul 08.00 – 11.00 WIB, ya. Pastikan kamu sudah melakukan reservasi dan deposit terlebih dahulu.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Puncak Bogor, Tempat Wisata Favorit Sejak Dahulu Kala

3. Melihat Trik Hewan yang Pintar di Animal Edutainment Show

Photo: Taman Safari Bogor

Setelah puas berkeliling melihat langsung para satwa di habitat asli mereka, kamu bisa ajak anak-anak melihat total 8 pertunjukan satwa yang edukatif dan menghibur. Mulai dari lumba-lumba pintar, burung menakjubkan, harimau ganas, dan masih banyak lagi bisa jadi pilihan.

Berikut jadwal pertunjukan yang tersedia:

  • Pertunjukan Dolphins(Lumba-lumba): Setiap Hari pukul 14.00 WIB. Extra Show di Weekend pukul 11.00 dan 14.00 WIB di area Dolphin
  • Bird of Prey (Burung pemangsa): Setiap Hari pukul 14.00 WIB di Lapangan Burung Pemangsa.
  • Cowboy Show: Setiap Hari pukul 16.00 WIB. Extra Showdi Weekend pukul 14.00 dan 16.00 WIB di Panggung Cowboy.
  • Tiger Show: Setiap Hari pukul 11.30 WIB. Extra Showdi Weekend pukul 11.30 dan 16.00 WIB di Panggung Raja Rimba.
  • Sea Lion(Atraksi dan interaksi Singa Laut yang pintar): Setiap Hari pukul 13.30 WIB. Extra Show di Weekend pukul 11.30 dan 13.30 WIB di area Sea Lion.
  • Safari Theater(Atraksi akrobatik menakjubkan dari Oriental Circus Indonesia): Setiap Hari pukul 11.30 WIB. Extra Show di Weekend pukul 11.30 dan 16.00 WIB di Safari Theater.
  • Various Animals Show: Setiap Hari pukul 11.00 WIB. Extra Showdi Weekend pukul 11.00 dan 14.30 WIB di Panggung Terbuka.

4. Jalan-jalan ke Tiongkok di Istana Panda

Photo: Info Radar

Kamu pasti sudah familiar sama hewan khas negeri Tirai Bambu ini. Tuan rumahnya bernama Cai Tao dan Hu Chun, sepasang giant panda dari Tiongkok yang menggemaskan.

Keduanya memang hanya bisa kamu lihat dari balik kaca, tapi kamu ternyata bisa  berinteraksi secara langsung sama panda lainnya, lho. Kamu bisa memberi makan dan berfoto bersama panda merah asli Tiongkok yang lucu dan menggemaskan.

Dengan bangunan berarsitektur ala Tiongkok, kamu bakalan merasa seperti benar-benar bertelportasi ke sana. Ada juga aktivitas Animals Ride di mana kamu bisa menunggangi satwa seperti kuda poni dan unta. Anak-anak pasti suka! Harga tiketnya Rp50.000 untuk sekali putaran, ya.

Baca Juga: Yuk, Liburan ke 5 Tempat Wisata Kebun Teh Puncak Bogor Berikut ini!

5. Main dengan Bayi Hewan yang Lucu di Baby Zoo

Photo: Taman Safari Bogor

Memangnya ada yang lebih menggemaskan dari satwa-satwa tadi? Ada! Bayi-bayi hewan jawabannya.

Di wahana Baby Zoo ini, kamu bisa bertemu dan berinteraksi langsung sama bayi-bayi satwa dari yang jinak sampai yang liar! Enggak perlu takut, karena ada petugas yang bakal memandumu.

Kamu bisa bertemu dengan Australian Outback, hewan berkantung asal Australia yang bebas dibiarkan berkeliaran. Ada pula area Big Cat khusus untuk kucing besar seperti jaguar, leopard, kucing mas, dan macan tutul.

Penghuni lainnya ada White Lion, si singa putih yang gagah. Lalu ada harimau putih dari India di kawasan Taj Mahal, dan juga orangutan imut. Jangan lewatkan kesempatan berfoto bersama mereka untuk kenang-kenangan, ya!

6. Berfoto Bersama Ratusan Burung yang Bebas di Kubah Burung

Photo: Taman Safari Bogor

Tentunya kamu bisa bertemu dengan berbagai jenis burung dari seluruh penjuru dunia. Di sana, kamu bisa mendengarkan kicauan burung yang merdu dan melihat mereka terbang di pepohonan.

Kubah Burung alias Bird Aviary memang didesain khusus menyerupai habitat asli burung. Ada sekitar 350 ekor burung dari 50 spesies berbeda di sana. Burung Cendrawasih, Jalak Bali, Pelikan Australia, Mandar Besar, burung Hantu, Kakatua, burung Elang, hingga kelelawar besar pun ada di sana!

Kamu juga bisa memberi makan burung, lho. Cukup membayar Rp25.000 saja untuk membeli pakannya. Jangan lupa foto bersama juga di momen unik itu!

Read Also: 7 Tempat Wisata Kuliner Puncak yang Hits dan Dijamin Maknyus

7. Uji Adrenalin di Amusement Ride

Photo: Tiket.com

Buat anak-anak yang gampang bosan, kamu bisa mengajak mereka ke lokasi Amusement Ride, yakni zona dengan berbagai wahana permainan seru dan menantang.

Enggak cuma anak-anak, tapi remaja dan orang dewasa juga bisa mencoba sekitar 20 wahana permainan yang memacu adrenalin, lho.

Kamu bisa main sepeda layang, gajah terbang, samba balloon, bom-bom car, rumah hantu 3D, bumper boat, hingga roller coaster. Jangan lupa bawa baju renang, ya. Soalnya ada Safari Waterpark dengan beragam wahana air yang seru!

Harga Tiket Masuk Taman Safari Bogor & Jadwal Buka

Sebelum berangkat, siapkan dulu budget untuk biaya tiket Taman Safari Bogor terbaru 2023 berikut ini:

Weekday (Senin – Jumat):

  • Domestik Dewasa Rp230.000
  • Domestik Anak di bawah 5 tahun Rp200.000
  • Internasional Dewasa Rp450.000
  • Internasional Anak di bawah 5 tahun Rp400.000

Weekend (Sabtu – Minggu) dan Hari Libur Nasional:

  • Domestik Dewasa Rp255.000
  • Domestik Anak di bawah 5 tahun Rp225.000
  • Internasional Dewasa Rp450.000
  • Internasional Anak di bawah 5 tahun Rp400.000

Harga tiket tersebut sudah termasuk Safari Journey, Istana Panda Indonesia, Presentasi Edukasi Satwa, Wahana Permainan, Baby Zoo, Kubah Burung, Komodo Dragon Island, Penguin House, Reptile House, Primate Center, Kampoeng Papua, dan Air Terjun Curug Jaksa.

Biar kamu memiliki waktu yang maksimal saat berkunjung ke sana, catat dulu jam buka Taman Safari Bogor berikut ini, ya:

Safari Siang Weekday (Senin – Jumat):

  • Loket Buka: 09.00 WIB
  • Loket Tutup: 17.00 WIB
  • Waktu Operasional 09.00 – 17.30 WIB

Safari Siang Weekend (Sabtu – Minggu):

  • Loket Buka: 08.30 WIB
  • Loket Tutup: 17.00 WIB
  • Waktu Operasional 08.30 – 17.30 WIB

Baca Juga: 10 Inspirasi OOTD Liburan ke Puncak ala Influencer

Bobocabin The Tavia Puncak

Liburan ke Taman Safari Bogor memang enggak bisa sebentar. Kamu harus menghabiskan seharian penuh untuk bisa menikmati semua keseruannya.

Untuk istirahat malam yang nyaman, Bobocabin The Tavia Puncak adalah pilihan yang tepat. Lokasinya bisa ditempuh dalam waktu 30 menit aja dari Taman Safari Indonesia, Bogor!

Bobocabin The Tavia Puncak adalah spot glamping yang menawarkan sensasi menginap di tengah pemandangan alam pegunungan yang indah dan sejuk, tapi dengan beragam fasilitas modern yang nyaman.

Kabin-kabin yang mewah tapi tetap terlihat menyatu dengan alam terletak di antara pepohonan rindang, dan di pinggir sungai yang sejuk. Lepaskan lelahmu setelah berwisata dengan quality time sambil makan BBQ di tengah hutan atau relaksasi sambil berendam di hot tub.

Reservasi kabinmu sekarang dengan unduh aplikasi Bobobox di sini.

 

Photo for the cover by Taman Safari News

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles