oleh oleh khas bogor di cibinong

25 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Bogor di Cibinong

Bogor merupakan tujuan tepat bagi keluarga yang berniat melakukan wisata edukasi. Dikenal juga dengan sebutan Kota Hujan, Bogor menyimpan nilai sejarah yang tinggi, salah satunya karena banyaknya destinasi museum yang dapat kamu kunjungi untuk memperkaya ilmu.

Tak hanya itu, Bogor juga kaya akan aneka oleh-oleh khas yang unik. Oleh-oleh yang tersedia pun terbilang cukup mudah didapatkan; kamu bisa mengunjungi berbagai pusat oleh-oleh yang terletak di Cibinong.

Yuk, intip informasi selengkapnya seputar oleh-oleh khas Bogor di Cibinong di bawah ini!

25 Oleh-Oleh Khas Bogor

1. Ubi Bakar Cilembu

Ubi Bakar Cilembu

Sumber: menukuliner.net

Cuaca daerah Puncak yang dingin menjadikan ubi bakar Cilembu menu populer yang disukai banyak pengunjung. Nikmat disantap saat masih panas, ubi bakar Cilembu memiliki rasa semanis madu yang pasti bikin nagih.

Jika kamu berniat membawa ubi bakar Cilembu sebagai oleh-oleh, makanan satu ini dapat kamu temukan dengan mudah di sepanjang jalan menuju Puncak.

2. Talas Bogor

Talas Bogor

Sumber: bogorraincake.com

Selain ubi, Bogor juga terkenal sebagai penghasil talas, terutama talas ketan yang saat matang teksturnya menjadi lembut (seperti ketan). Berkat teksturnya yang lembut, talas bogor cocok diolah menjadi berbagai dessert lezat untuk kamu nikmati bersama keluarga.

3. Asinan Bogor

Asinan Bogor

Sumber: Pak_Dudung via ShutterStock

Jika kamu lebih suka menu makanan segar dan pedas, maka kamu tidak boleh melewatkan asinan bogor. Asinan Bogor adalah kumpulan buah dan sayuran yang diberi bumbu cabe merah kuah yang segar dan pedas.

Tak hanya bikin nagih, menu yang satu ini juga tentunya dapat membantu meningkatkan kesehatan!

Baca Juga: Cocok untuk Liburan Keluarga! 10 Tempat Liburan di Puncak Bogor yang Menyenangkan

4. Kacang Bogor Istana

Kacang Bogor Istana

Sumber: alodokter.com

Kacang Bogor memiliki warna yang unik dan tak seperti kacang pada umumnya. Berbentuk bulat dengan warna ungu di dalamnya, kacang rebus ini umumnya dijajakan pedagang keliling dengan berbagai pilihan rasa seperti keju, balado, dan barbeku.

5. Roti Unyil Venus

Roti Unyil Venus

Sumber: paxel.co

Liburan ke Bogor akan terasa kurang tanpa roti kecil berukuran tidak lebih dari 5 cm ini. Cocok dinikmati sebagai kudapan sore, Roti Unyil Venus menawarkan berbagai varian rasa asin maupun manis, mulai dari keju, sosis, bakso, abon, cokelat, susu, hingga pisang coklat.

6. Kue Cubit

Kue Cubit

Sumber: tin.tinkitchen via Instagram

Makanan manis lainnya yang wajib kamu coba adalah kue cubit. Yang membuat kue cubit di Bogor lebih unik adalah variasi rasanya yang jauh lebih beragam. Tak hanya menawarkan rasa orisinal, kamu juga bisa membeli rasa red velvet, green tea, taro, hingga bubblegum.

7. Bolu Lapis Sangkuriang

Bolu Lapis Sangkuriang

Sumber: lapisbogor.co.id

Bogor adalah salah satu daerah penghasil talas yang terkenal. Maka, tidak heran jika banyak oleh-oleh khas Bogor yang merupakan olahan talas, seperti Bolu Lapis Sangkuriang. Dengan warna ungu dan kuning yang menggoda, bolu ini juga dilengkapi berbagai topping lezat.

8. Bogor Raincake

raincakebogor via Instagram

Sumber: raincakebogor via Instagram

Jika kamu mencari oleh-oleh yang lebih kekinian, jangan lupa mengunjungi Bogor Raincake—bisnis yang didirikan oleh aktris Shireen Sungkar.

Bogor Raincake menyajikan berbagai bolu lapis dengan topping melimpah. Terdapat 6 varian rasa yang dapat kamu pilih, meliputi black cheese, green tea ovomaltine, blueberry cheese, crispy chocolate, cheese vanilla, dan red taro.

Baca Juga: Dijamin Betah, Kunjungi 10 Cafe di Bogor dengan Nuansa Alam Ini!

9. Strudel Bogor

Strudel Bogor

Sumber: jumpabogor via Instagram

Bogor juga memiliki oleh-oleh pastri berlapis yang gurih dan menggugah selera. Strudel khas Bogor dapat kamu temukan di Pusat Oleh-Oleh Jumbo (Jumpa Bogor) dengan pilihan rasa seperti apel, asinan, talas, nanas, martabak, hingga asinan!

10. Spikoe Roll

Spikoe Rollo

Sumber: bogoreatery via Instagram

Tak hanya strudel Bogor, Pusat Oleh-Oleh Jumbo juga memiliki produk unggulan lain yang tak kalah menarik. Spikoe Roll adalah bolu gulung lembut dengan tekstur padat dan isian yang nikmat, mulai dari keju cranberry, srikaya durian, ovomaltine, nougat nutella, hingga skippy.

11. Brownies Pisang

Brownies Pisang

Sumber: yudistira ishak abrar via pergikuliner.com

Oleh-oleh dessert lainnya yang tak boleh kamu lewatkan selama liburan di Bogor adalah brownies pisang. Sesuai namanya, brownies ini memiliki potongan pisang dalam adonannya.

Selain rasa orisinal, nikmati juga sensasi unik perpaduan pisang dengan berbagai rasa lain seperti cokelat, keju, dan green tea. Kue satu ini juga cocok sebagai kue ulang tahun, lho!

12. Mr. Brown Co

Mr. Brown Co

Sumber: mr.brownco via Shopee

Tak hanya brownies isi pisang, Bogor juga menawarkan brownies dari singkong. Terdapat berbagai jenis pilihan topping lezat yang dapat kamu pilih, seperti cokelat dan keju. Semuanya pasti akan bikin kamu ketagihan!

13. Bika Bogor

Bika Bogor

Sumber: christina_leny via Instagram

Berbeda dengan bika ambon yang berbahan baku tepung terigu, bika Bogor terbuat dari talas. Bika lembut ini tersedia dalam beberapa varian rasa, seperti coeklat, kokopandan, green tea, dan nangka. Kamu bisa menyantap bika ini sebagai teman ngopi yang nikmat.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Tempat Makan dengan View Bagus di Bogor

14. Klappertaart

Klappertaart

Sumber: iStock

Dessert lainnya yang dapat kamu nikmati di Bogor adalah klappertaart. Kue manis ini terbuat dari campuran susu, mentega, telur, dan kelapa. Kamu bisa memilih topping seperti stroberi, oreo, durian, dan keju untuk penyajiannya.

15. PIA Apple Pie

PIA Apple Pie

Sumber: Andre Joesman via pergikuliner.com

Jika kamu mencari hidangan yang homey, maka apple pie dari PIA Apple Pie adalah oleh-oleh yang tak boleh kamu lewatkan. Perpaduan tekstur garing dan renyah di luar dan selai apel yang lumer di dalam, pasti dapat memberimu kehangatan tersendiri saat dinikmati bersama keluarga.

16. Macaroni Panggang Bogor

Macaroni Panggang Bogor

Sumber: indonesiakaya.com

Penggemar pasta yuk merapat! Jangan sampai lewatkan oleh-oleh nikmat serupa macaroni schotel di Bogor, pastikan untuk mencoba Macaroni Panggang Bogor dengan tekstur garing di luar dan lembut di dalam yang bikin nagih.

17. Risollaku

Risollaku

Sumber: astronauts.id

Menu hidangan asin lainnya yang wajib kamu coba adalah Risollaku, yang menyajikan risoles nikmat dengan berbagai varian isian. Kamu dapat memilih isian ragout, tuna, keju, smoked beef, ayam, atau mayones.

18. Papapia

Papapia

Sumber: Papapia

Bukan hanya Yogyakarta dan Bali yang punya bakpia, Bogor juga ternyata memiliki menu bakpianya sendiri. Papapia merupakan oleh-oleh bakpia khas Bogor dengan pilihan rasa seperti keju, coklat, dan kacang hijau.

19. Keripik Mbah Gugel

Keripik Mbah Gugel

Sumber: enaknyakemana.com

Tak hanya menawarkan dessert dan pastri, Bogor juga memiliki oleh-oleh keripik untuk camilan di perjalanan pulang. Keripik Mbah Gugel menyediakan keripik singkong dan basreng yang menggugah selera. Level kepedasannya pun bisa kamu pilih sesuai selera.

20. Keripik Pisang Kepok

Keripik Pisang Kepok

Sumber: banafam_official via Instagram

Ternyata, keripik tidak selamanya dominan asin. Bogor juga memiliki oleh-oleh manis yang unik berupa pisang kepok setengah matang. Cara pembuatannya, pisang diberi bumbu berupa garam dan gula sebelum diolah menjadi keripik.

21. Ngo Hiang

Ngo Hiang

Sumber: Indra Mulia via pergikuliner.com

Ngo hiang merupakan makanan khas Bogor yang awal mulanya berasal dari Tiongkok. Kini, ngo hiang ala Bogor telah menjadi salah satu kuliner yang legendaris. 

Ngo hiang khas Bogor terbuat dari campuran lobak, wortel, kentang rebus, tahu, dan rolade ayam (untuk versi halal) atau rolade babi (untuk versi nonhalal). Makanan ini disajikan dengan saus asam manis khas ngo hiang.

22. Bir Kotjok

Bir Kotjok

Sumber: Muhammad Irzal Adiakurnia via travel.kompas.com

Meski ada “bir” dalam namanya, minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Bir kotjok adalah minuman herbal yang terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, cengkeh, dan kayu manis. Minuman ini bermanfaat untuk menghangatkan badan dan meningkatkan kesehatan.

23. Batik Bogor

Batik Bogor

Sumber: tribunnews.com

Selain deretan makanan dan minuman yang menggugah selera, Bogor juga memiliki 90 motif batik yang mencerminkan budaya kota ini. Kain batik merupakan oleh-oleh sempurna karena dapat dikreasikan sesuai selera kerabat atau temanmu.

24. Kaos Unchal

Kaos Unchal

Sumber: rakyatbogor.net

Jika kamu penggemar kaos berdesain unik, maka kamu harus mengunjungi toko Kaos Unchal. Desain berbagai tulisan lucu campuran bahasa Sunda, Inggris, dan Indonesia telah tersablon rapi di atas kaos-kaos yang tersedia.

25. Suvenir Bogor

Suvenir Bogor

Sumber: Danumurthi Mahendra via flickr.com

Untuk selalu mengingat kenangan liburan di Bogor, jangan lupa membawa berbagai oleh-oleh suvenir Bogor seperti gantungan kunci atau magnet kulkas, ya!

Bobocabin Bobobox

Rekomendasi Tempat Membeli Oleh-Oleh Khas Bogor di Cibinong

Jika kamu mengunjungi daerah Cibinong, kamu dapat membeli oleh-oleh di tempat-tempat berikut:

  • Lapis Bogor Sangkuriang Cibinong
  • Toko Oleh-Oleh Pakan Sari D. Mancung
  • Royal By By Hanada

Yuk, Healing dengan Menginap di Tengah Alam Hijau!

Yuk, Healing dengan Menginap di Tengah Alam Hijau!

Ingin istirahat tanpa gangguan setelah asyik menjelajahi Kota Bogot? Nikmati sensasi menginap modern dikelilingi alam hijau di Bobocabin Puncak Gunung Mas!

Berbekal konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin siap menemani kamu menikmati keasrian alam dengan cita rasa modern.

Kabin-kabin yang tersedia sudah dilengkapi fasilitas khas Bobocabin, seperti Smart Window dan B-Pad. Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati demi privasi dan kenyamanan maksimal.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh aplikasi Bobobox dulu, ya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles