tidur

Ternyata, 7 Hal Ini Membuat Seseorang Mengigau Saat Tidur!

Mengigau mungkin terdengar sesuatu yang biasa, namun bagi sebagian orang mengigau adalah kebiasaan yang menganggu dan melelahkan. Ada banyak sekali faktor yang mendorong seseorang hingga tidur mengigau. Saat seseorang tidur sambil mengigau, bisa dibilang kualitas tidurnya tidak maksimal karena tubuh tidak sepenuhnya beristirahat. Lalu kira-kira apa sajakah faktor yang mendorong seseorang untuk tidur mengigau? Yuk simak informasinya berikut ini!

1. Penyebab Mengigau: Gangguan Perilaku REM (Rapid Eye Movement)

mata lelah

Mengigau

REM atau Rapid Eye Movement adalah sebuah tahapan tidur REM. yang biasanya kamu alami selama 20-25% total dari tidur setiap malamnya. Pada saat kamu memasuki fase ini mata kamu akan cenderung bergerak dengan cepat dalam keadaan tertutup, tekanan darah meningkat, jantung berdetak lebih cepat, dan gelombang aktivitas otak hampir sama dengan saat sedang terbangun.

Di tahap tidur ini tubuh kamu beristirahat sehingga meski sedang bermimpi pun kamu tidak akan menggerakkan tubuh atau mengeluarkan suara yang berkaitan dengan mimpi. Namun berbeda halnya bagi seseorang yang memiliki gangguan perilaku REM saat tidur. Ia bisa saja mengeluarkan suara terkait mimpi seolah sedang berbicara saat sedang tidur.

Baca Juga: Lakukan Kebiasaan Sehat Sebelum Tidur Berikut Ini Agar Istirahatmu Lebih Maksimal

2. Penyebab Mengigau: Sleep Terror

Kondisi ini umum terjadi pada anak-anak meskipun bukan berarti orang dewasa tak bisa mengalaminya. Saat kamu sedang mengalami sleep terror, kamu akan mengalami sebuah teror seolah sedang dalam keadaan terbangun. Hal inilah yang kemudian membuat kamu secara tidak sadar berteriak, menendang, atau melakukan sesuatu akibat rasa takut. Padahal semua perasaan tersebut terbentuk dari apa yang kamu lihat dalam mimpi.

3. Penyebab Mengigau: Nocturnal Sleep-related Eating Disorder

Kamu mungkin masih asing dengan istilah yang satu ini. Kondisi ini meruapakan salah satu penyebab mengigau yang umum terjadi. Kondisi ini terjadi saat kamu  bisa mengonsumsi makanan walau sedang tidur.Tidak hanya itu, kamu juga bahkan bisa memasak dan menyiapkan makanan dalam kondisi tidur. Kok bisa sih, Bob?

makanan membantu tidur

Unsplash/Handy Wicaksono

Saat kamu mengalami hal ini biasanya orang lain yang tidak menyadari bahwa kamu sebenarnya sedang tidur sambil memasak dan tentunya kamu pun tidak akan menyadarinya. Alhasil, ada kemungkinan orang tersebut mengajak kamu untuk berbicara dengan kamu dan hal ini membuat kamu memiliki kemungkinan untuk memberikan respons yang sesuai.

Oleh sebab itu, pada saat memberikan respons dan melakukan percakapan tersebut bsia dibilang kamu sebenarnya sedang mengigau. Hal ini dikarenakan kamu berbicara dalam keadaan tidur. Gangguan tidur ini dikenal juga dengan istilah gangguan parasomnia. Gangguan inilah yang membuat kamu bahkan bisa makan hingga memasak meski dalam keadaan tidur.

4. Penyebab Mengigau: Stres

Sering mengigau ketika pikiran kamu sedang kusut alias stres? Hal ini sangat wajar terjadi karena faktanya stres merupakan salah satu sumber dari mengigau. Rasa stres yang kamu alami dapat membuat kamu kurang tidur hingga mengalami perubahan pola tidur. Hal ini kemudian dapat mempengaruhi kinerja otak yang mengalami kesulitan untuk ikut tertidur pada malam hari.

Kondisi ini pada akhirnya dapat mengganggu siklus tidur kamu dan membuat otak tetap bekerja saat kamu sedang tertidur. Pada saat itulah, potensi kamu mengigau saat sedang tidur semakin besar. Untuk mengatasi kondisi ini, kamu harus mencoba untuk mengatasi stres yang sedang kamu alami dengan bercerita kepada keluarga atau sahabat, beristirahat, meditasi, menjalani hobi, atau berlibur.

5. Penyebab Mengigau: Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Faktanya beberapa jenis penggunaan obat memiliki efek samping tersebut terhadap tubuh. Maka dari itu sangat penting bagi kamu untuk mengonsultasikan penggunaan obat-obatan kepada dokter sebelum mengonsumsinya. Kamu bisa tanyakan kepada dokter apakah ada risiko mengigau saat tidur jika mengonsumsi obat tersebut. Jika iya maka kamu bisa meminta kepada dokter untuk menyesuaikan dosis obat agar mengigau yang kamu alami tidak semakin parah.

6. Penyebab Mengigau: Demam

Mengigau

Berdasarkan pernyataan dari Sleep Advisor, demam adalah salah satu penyebab paling umum dari mengigau. Hal ini terjadi karena saat sedang tidur dalam keadaan demam, tubuh dan otak sebenarnya sedang kelelahan. Tubuh penderita sakit demam kelelahan karena baik tubuh dan otak berusaha keras menghasilkan energi untuk meningkatkan sistem imun.

Dalam arti lain, tubuh sedang bekerja lebih keras saat kamus sedang sakit demam dibandingkan saat kamu sedang dalam keadaan sehat. Hal inilah yang kemudian menyebabkan kamu lebih rentan mengigau saat sedang tidur.

7. Penyebab Mengigau: Penggunaan Obat-obatan dan Alkohol

Penyebab yang terakhir adalah penggunaan obat-obatan dan konsumsi alkohol. Baik obat-obatan dan alkohol keduanya merupakan stimulan yang dapat membuat kamu tetap terjaga meski sedang mengantuk. Setelah mengonsumsi obat-obatan dan alkohol maka hal ini akan mengubah ritme sirkadian tubuh yang tentu saja berpotensi mengacaukan pola tidur sehari-hari.

Hal ini kemudian akan membuat tubuh kamu mudah merasa lelah, kurang tidur, dan risiko mengigau akan semakin tinggi. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya kamu bisa coba untuk menghindari mengonsumsi kedua zat tersebut agar kesehatan kamu dapat meningkat secara menyeluruh.

Baca Juga: Ingin Mendapatkan Tidur Berkualitas? Perhatikan 6 Hal Berikut Ini!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles