tidur berkualitas

Ingin Mendapatkan Tidur Berkualitas? Perhatikan 6 Hal Berikut!

Tidur berkualitas adalah kebutuhan yang penting untuk dipenuhi bagi semua orang, tua ataupun muda juga wanita ataupun pria. Hal ini dikarenakan tidur berkualitas sangat penting untuk regenerasi sel, organ, dan juga jaringan tubuh agar dapat bekerja secara normal.

Oleh sebab itulah, kamu perlu menjaga kualitas tidur sebaik mungkin dengan menghindari beberapa kebiasaan buruk dan mulai membangun beberapa gaya hidup yang sehat. Seperti apakah tidur yang berkualitas itu? Yuk simak informasinya seperti berikut ini!

Seperti Apakah Kualitas Tidur yang Baik?

Tidur Berkualitas:

Cara Unik Tidur Berkualitas (pixabay.com)

Faktanya orang dewasa harus memenuhi kebutuhan tidur rata-rata selama 7-9 jam per malam. Kebutuhan durasi tidur ini tentunya akan bervariasi untuk setiap individu bergantung pada kondisi kedehatan dan juga aktivitas hariannya.

Beberapa orang mungkin merasa nyaman dengan tidur 8 jam sedangkan sebagian orang lainnya nyaman dengan tidur 6-7 jam atau mungkin bahkan hingga 9 jam. Berikut adalah beberapa tanda yang bisa kamu kenali saat kamu mendapatkan tidur yang berkualitas semalam:

  • Mampu tertidur dalam waktu 15-20 menit semenjak berbaring untuk tidur.
  • Memenuhi kebutuhan tidur selama 7-8 jam per hari secara teratur.
  • Kamu tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa tidur.
  • Bangun tidur dengan perasaan segar dengan tenaga yang terisi untuk menjalani hari dan bekerja produktif sepanjang hari.
  • Tidur dengan nyenyak tanpa mendengkur, tanpa mengalami kesulitan dalam bernapas, tidak gelisah, atau tanpa mengalami masalah tidur lainnya yang membuat kamu terus terbangun tengah malam.

Baca Juga: Lakukan Kebiasaan Sehat Sebelum Tidur Berikut Ini Agar Istirahatmu Lebih Maksimal

Ini Dia Cara Meningkatkan Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

Ada beberapa alasan penting mengapa isu mengenai kualitas tidur ini menjadi sesuatu hal yang penting. Berdasarkan informasi yang dilansir dari National Health Service tidur dengan kualitas yang baik, salah satunya dapat menjaga sistem imun jadi lebih kuat. Tak hanya itu, tidur dengan kualitas baik pun dapat membuat kamu menjadi tidak mudah sakit. Memenuhi kebutuhan tidur harian juga faktanya dapat menjaga suasana hati tetap baik sehingga menjauhkan kamu dari stres.

1. Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas: Perhatikan Makanan dan Minum Sebelum Tidur

makanan membantu tidur

Unsplash/Handy Wicaksono

Hindari pergi tidur pada saat perut kamu terasa lapar! Hal ini hanya akan membuat tidur kamu menjadi terasa kurang nyaman dan membuat kamu bisa terbangun tengah malam hanya karena lapar.

Hindari juga makan mendekati waktu tidur karena hal ini hanya akan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dan menimbulkan sensasi panas di dada (heart burn) yang mengganggu tidur. Oleh karena itu biasakanlah untuk makan 4 jam sebelum tidur sehingga kondisi perut kamu tenang saat tidur yang tidak akan mengganggu kualitas tidur kamu.

2. Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas: Buat Tempat Tidur Senyaman Mungkin

Kamu akan lebih mudah untuk tidur dengan nyenyak di tempat yang nyaman, bersih, sejuk, tenang, gelap, dan juga wangi. Saat tempat tidur kamu terasa nyaman maka kamu akan merasa rileks dan situasi lingkungan ini pada akhirnya akan memberi sinyal ke otak bahwa ini waktunya bagi kamu untuk segera tidur. Pastikan juga kamu tidur dengan kasur dan bantal yang nyaman dan bersih.

3. Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas: Bentuk Kebiasaan Sebelum Tidur

Dengan memiliki kebiasaan sebelum tidur maka hal ini akan sangat memudahkan tubuh kamu dalam melakukan transisi dari periode bangun sampai waktunya tertidur. Kamu bisa coba melakukan hal-hal yang membuat kamu santai sebelum beranjak tidur, seperti mandi, membaca buku, mendengarkan musik sebelum tidur. Jangan lupa juga untuk menghindari berbagai sumber pemicu stres atau aktivitas yang menimbulkan stres sebelum tidur.

4. Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas: Buat Jadwal Tidur Rutin Bahkan di Akhir Pekan

Upaya yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan membuat jadwal tidur secara rutin bahkan saat akhir pekan. Dengan adanya waktu tidur yang konsisten maka kualitas tidur kamu akan terjaga dengan baik. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengatur kembali jam biologis tubuh agar tubuh kamu dengan sendirinya mengetahui kapan seharusnya tidur dan bangun.

5. Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas: Batasi Waktu Tidur Siang atau Hindari Sama Sekali

Penyebab Sleepwalking

@orami

Tidur siang tidak selalu membawa kebaikan bagi tubuh dan pikiran kamu. Faktanya kamu bisa mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik ataupun sebaliknya dengan melakukan tidur siang. Kamu bisa coba mempertimbangkan apakah kamu membutuhkan tidur siang atau tidak.

Bagi kamu yang memang memerlukan untuk begadang atau menjalankan kerja shift malam, maka tidur siang sangat kamu butuhkan. Jika kebutuhan tidur malam kamu sudah tercukupi atau memiliki gangguan tidur seperti insomnia maka kamu sebaiknya tidak perlu tidur siang.

6. Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas: Lakukan Olahraga Teratur

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Faktanya olahraga dengan teratur dapat meningkatkan kualitas tidur, membantu kamu lebih cepat tertidur, dan juga tidur dengan nyenyak. Hindari olahraga berat karena hanya dapat merangsang tubuh kamu dalam proses pelepasan hormon stres (kortisol) yang dapat membuat tubuh kamu tetap terjaga dan tidak mengantuk.

Baca Juga: Simak Hal-Hal yang Tetap Terjadi Dalam Tubuhmu Saat Kamu Tertidur Pulas

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles