stressed-female-2X4BDC3-min

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia: Kenapa Mental Health Begitu Penting?

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Dilansir dari laman WFMH (World Federation for Mental Health), Hari Kesehatan Jiwa Sedunia pada awalnya diperingati sebagai kegiatan tahunan Federasi Dunia untuk Kesehatan Jiwa oleh Wakil Sekretaris Jenderal saat itu, Richard Hunter.

Peringatan Hari Kesehatan Jiwa ini memiliki tujuan awal untuk mengkampanyekan advokasi kesehatan mental dan mendidik masyarakat tentang isu-isu yang relevan terkait kesehatan mental.

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia: Sadari Pentingnya Kesehatan Mental

Kesehatan mental dan fisik sama pentingnya bagi manusia. Faktanya terdapat lebih dari 450 juta orang menderita gangguan jiwa. Dilansir dari laman WHO, pada tahun 2020, depresi akan menjadi beban penyakit terbesar kedua di dunia (Murray & Lopez, 1996). Beban global kesehatan mental bahkan diprediksi akan jauh melampaui kapasitas pengobatan negara maju dan berkembang.

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia: Dampak Kesehatan Mental yang Tidak Stabil

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

feldenkrais.com

Kesehatan mental bukanlah hal sepele dan memiliki dampak besar pada kesehatan fisik dan kualitas hidup. Berikut ini adalah beberapa contoh hubungan antara kesehatan fisik dan kesehatan mental:

  • Kesehatan fisik dan kesehatan mental memiliki hubungan yang sangat erat. Faktanya depresi dapat menyebabkan penyakit jantung dan pembuluh darah.
  • Selain itu gangguan mental juga dapat memengaruhi perilaku kesehatan seseorang. Oleh karena itu penting untuk lakukan berbagai pola hidup yang sehat seperti makan dengan bijaksana, olahraga teratur, dan tidur yang cukup.
  • Kesehatan mental yang buruk juga menyebabkan masalah sosial seperti pengangguran, keluarga yang berantakan, kemiskinan, penyalahgunaan narkoba dan kejahatan terkait.
  • Kesehatan mental yang buruk memainkan peran penting karena dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh.
  • Pasien yang sakit secara medis dengan depresi memiliki kondisi kesehatan fisik yang lebih buruk daripada mereka yang tidak.
  • Faktanya beberapa penyakit kronis seperti diabetes, kanker, penyakit jantung dapat meningkatkan risiko depresi.

Baca Juga: Pelajari Kondisi Mentalmu dengan Buku Kesehatan Mental Berikut!

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia: Gejala Kesehatan Mental yang Terganggu

Penyebab Sleepwalking

@orami

Ada beberapa tanda-tanda atau gejala yang menunjukkan bahwa kesehatan mental seseorang sedang bermasalah. Tentu hal ini tidak sepenuhnya akurat dan membutuhkan konsultasi langsung dengan tenaga profesional di bidang kesehatan mental. Saat membahas tentang emosi, terkadang sulit untuk mengetahui apa yang normal dan apa yang tidak. Namun terdapat tanda-tanda peringatan bahwa Anda mungkin memiliki masalah kesehatan mental, termasuk:

  • Perubahan dalam kebiasaan makan atau tidur.
  • Menarik diri dari orang-orang dan aktivitas yang sebelumnya nikmati.
  • Turunnya energi hingga hilang sama sekali.
  • Perasaan mati rasa dan tak berarti.
  • Mengalami rasa sakit dan nyeri yang tidak dapat dijelaskan.
  • Merasa tidak berdaya atau putus asa.
  • Merokok, minum, atau menggunakan narkoba lebih dari biasanya.
  • Merasa luar biasa bingung, pelupa, marah, kesal, khawatir, atau takut.
  • Memiliki perubahan suasana hati yang parah yang menyebabkan masalah dalam hubungan sosial.
  • Terdapat pikiran dan kenangan yang terus berputar-putar dan tidak bisa keluar dari kepala.
  • Mendengar suara atau mempercayai hal-hal yang tidak benar.
  • Berpikir untuk menyakiti diri sendiri atau orang lain.
  • Tidak dapat melakukan tugas sehari-hari seperti merawat anak-anak atau pergi bekerja atau sekolah.

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia: Tantangan dalam Implementasi Program Kesehatan Mental

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

meditasi

Kesehatan mental menjadi sebuah tantangan bagi kita semua yang perlu kita perhatikan. Mengingat pentingnya kesehatan mental bagi masyarakat, terdapat beberapa poin penting yang perlu diketahui oleh banyak masyarakat sebagai salah satu upaya penggalakan program peningkatan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental. Dikutip dari laman vikaspedia.in, beberapa poin tersebut diantaranya adalah:

  • Stigma mengenai penyakit mental dan bagaimana pasien gangguan kejiwaan seringkali didiskriminasi dalam masyarakat dalam semua aspek seperti pendidikan, pekerjaan, pernikahan dll. Hal ini menyebabkan keterlambatan dalam mencari nasihat medis.
  • Ketidakjelasan dalam konsep kesehatan mental dan penyakit yang disertai dengan kurangnya tanda dan gejala definitif yang mengakibatkan kebingungan diagnostik.
  • Mayoritas masyarakat berasumsi bahwa penyakit mental terjadi pada orang-orang yang lemah mental atau karena gangguan roh halus.
  • Sebagian orang berpendapat bahwa penyakit mental tidak dapat diubah yang mengarah pada nihilisme terapeutik.
  • Banyak orang percaya bahwa tindakan pencegahan gangguan kesehatan mental tidak mungkin berhasil.
  • Obat yang digunakan untuk mengobati penyakit mental diyakini oleh sebagian besar masyarakat dapat menyebabkan banyak efek samping dan menyebabkan kecanduan. Sebagian lainnya merasa bahwa obat ini hanya menyebabkan kantuk dan tidak dapat banyak membantu.
  • Data yang dikumpulkan oleh WHO menunjukkan bahwa ada kesenjangan besar antara beban yang disebabkan oleh masalah kesehatan mental dan sumber daya yang tersedia di negara-negara untuk mencegah dan mengobatinya.
  • Faktanya di sebagian besar dunia, pengobatan penyakit mental terasing dari obat-obatan dan perawatan kesehatan lainnya sampai saat ini.
  • Pasien psikiatri dan keluarganya umumnya gagal untuk memberi tindakan yang tepat. Hal ini salah satunya karena lingkungan sekitar yang enggan untuk berkumpul lantaran stigma sosial yang parah dan kurangnya pengetahuan tentang hak-hak mereka.
  • Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) menganggap bahwa beberapa tantangan di bidang kesehatan mental ini sebagai tantangan yang sulit karena membutuhkan komitmen jangka panjang.

Baca Juga: Masih Bingung? Ini Dia Perbedaan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles