via cafebatavia.com

Sambil Menginap di Bobobox Kota Tua, Jangan Lupa Kunjungi 7 Restoran Tua nan Legendaris Berikut Ini!

Berwisata di Kota Tua Jakarta akan terasa lebih lengkap jika kamu menginap di hotel di sekitar kawasan tersebut. Salah satu pilihan terbaik adalah Bobobox Kota Tua yang lokasinya tepat di depan Taman Fatahillah. Saat keluar dari Bobobox, kawasan Kota Tua pun serasa menjadi spot wisata pribadi. Agar wisata tempo doeloe kamu semakin mengasyikkan, jangan lupa untuk mengunjungi restoran tua nan legendaris yang ada di Jakarta. Berikut ini adalah tujuh di antaranya.

Cafe Batavia – Restoran Legendari di Dekat Bobobox Kota Tua

restoran legendaris dekat Bobobox kota tua

via cafebatavia.com

Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No. 14, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Jakarta Barat

Sekitar 140 meter dari Bobobox Kota Tua, kamu akan menjumpai sebuah restoran tua nan legendaris bernama Cafe Batavia. Berlokasi tepat di seberang Museum Fatahillah, restoran satu ini menempati gedung tua yang dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1805 sebagai akomodasi bagi para pejabat tinggi VOC dan kantor administrasi mereka.

Seiring berjalannya waktu, seorang berkebangsaan Perancis, Paul Hassan, membeli gedung tersebut dan menjadikannya galeri seni. Namun, orang Australia bernama Graham James kemudian mengajukan pembuatan restoran pada Hassan. Cafe Batavia pun akhirnya terlahir dan mulai beroperasi pada tahun 1993.

Restoran satu ini menawarkan menu beragam termasuk Western, Asian dan Indonesia. Jenisnya juga cukup lengkap, mulai dari appetizer, main course, dessert dan minuman. Beberapa di antaranya adalah nasi goreng roa, lontong balap, mie kangkung bebek, laksa betawi, kerak telor, lumpia basah, rujak kepiting, sop buntut, pasta, sate, ronde, bir pletok, dan masih banyak lagi. Harga per porsinya mulai dari Rp40.000 hingga Rp300.000-an.


Baca Juga: Menginap Di Bobobox Kota Tua? Ini Dia 7 Wisata Kota Tua Terdekat Yang Wajib Kamu Kunjungi!


Bakoel Koffie

restoran legendaris untuk wisata di Bobobox kota tua

@life_in.indonesia/Instagram

Alamat: Jalan Cikini Raya No.25, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat

Untuk melengkapi wisata tempo doeloe kamu selama menginap di Bobobox Kota Tua, ngopi di Bakoel Koffie bisa menjadi pilihan. Keberadaan restoran ini bermula dari produksi biji kopi oleh Liauw Tek Soen pada tahun 1878.

Produk tersebut kemudian berkembang menjadi merek biji kopi ternama ‘Tek Sun Ho’ yang kemudian berubah nama menjadi Warung yang Tinggi hingga akhirnya menjadi Bakoel Koffie. Penamaan Bakoel Koffie ini berkaitan dengan awal mula Liauw merintis usaha. Ia memutuskan untuk menjual kopi setelah ditawari biji kopi oleh penjual perempuan yang membawa bakul.

Sesuai dengan namanya, kedai kopi satu ini menawarkan beragam menu kopi panas maupun dingin, seperti kopi hitam, Americano, espresso, cappuccino, kopi kampong hingga kopi tubruk. Selain itu, kedai ini juga memiliki pilihan menu makanan Western dan Indonesia. Di antaranya adalah gorengan, jajanan pasar, chicken wings, pasta, nasi goreng, ayam bakar, ketoprak, gado-gado, aneka mi, soto, tongseng, dan masih banyak lagi. Harganya dimulai dari Rp35.000-130.000.

Tugu Kunstring Paleis – Fine Dining Mewah Saat Menginap di Bobobox Kota Tua

restoran mewah nan legendaris untuk wisata Bobobox kota tua

via tuguhotels.com

Alamat: Jl. Teuku Umar No.1, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat

Agenda menginap kamu di Bobobox Kota Tua akan semakin lengkap dengan fine dining di tengah kemegahan gedung peninggalan era kolonia, Tugu Kunstring Paleis. Bangunan ini mulanya disebut Bataviasche Kunstring yang pertama kali dibuka pada 17 April 1914 untuk kelompok seni Hindia Belanda. Kini, bangunan tersebut bertransformasi menjadi pusat pameran seni, galeri/toko untuk perhiasan, karya seni, dan produk desain lainnya, venue pernikahan, tea house dan tentunya restoran fine dining.

Selain menawarkan arsitektur khas kolonial yang membuat siapapun yang datang berdecak kagum, restoran Tugu Kunstring Paleis menyediakan aneka hidangan dari berbagai negara, termasuk menu hidangan Indonesia. Ada Ayam Goreng Lengkuas, Sate Lembut Betawi, Sate Ayam Madura, Kippen Batavia Tangkar, Tahoe Telor, Nasi Goreng Nyonya Old Recipe, dan masih banyak lagi. Harga makanannya mulai dari Rp74.000 – Rp294.000.


Baca Juga: Berencana Menginap Di Bobobox Kota Tua? Jangan Lupa Kunjungi 10 Tempat Kuliner Legendaris Kota Tua Ini Ya!


Bunga Rampai

@bungarampai.restaurant/Instagram

Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro No.35, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat

Selama menginap di Bobobox Kota Tua, kamu juga bisa menikmati fine dining dengan menu khas Nusantara berbalut nuansa kolonial di Bunga Rampai. Restoran tersebut menempati sebuah rumah khas Eropa berwarna putih yang dibangun sejak tahun 1925 dan berfungsi sebagai gedung pertemuan para tokoh nasional, termasuk Presiden Soekarno. Setelah mengalami renovasi tanpa mengubah bentuk aslinya, rumah itu bertransformasi menjadi restoran Bunga Rampai yang resmi dibuka pada 2007 lalu.

Di dalam restoran dengan interior gabungan klasik dan etnik ini, kamu bisa menikmati beragam menu khas Nusantara. Sebut saja soto alamanda, udang saus madani, tumis pare telor asin, ayam tangkap, lodeh gedongan, sate maranggi, mendoan urap gulung, nasi hui, ikan bakar parape, dan masih banyak lagi. Harga per porsinya berada di kisaran Rp44.500 – Rp385.000.

Kikugawa – Mencicipi Rasa Autentik Jepang Saat Menginap di Bobobox Kota Tua

@kikugawa_jkt/Instagram

Alamat: Jl. Cikini IV No.13, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat

Ingin mencicipi cita rasa hidangan Jepang autentik dan legendaris? Kikugawa adalah pilihan yang tepat. Beroperasi sejak tahun 1969, Kikugawa merupakan restoran Jepang tertua di Indonesia yang kerap menjadi langganan Ibu Ratna Sari Dewi Soekarno serta para diplomat, dubes, tamu politik dan pengusaha Jepang.

Mantan prajurit Jepang bernama Terutake Kikuchi bersama istrinya yang merupakan keturunan Manado, Amelia Paat, adalah orang di balik berdirinya Kikugawa. Restoran ini sendiri menyuguhkan interior vintage dengan lampu temaram, meja kayu sederhana, kursi ruton kuno dan lukisan khas Jepangnya.

Untuk menunya, total ada sekitar 50 menu khas Jepang yang terbagi menjadi beberapa pilihan, seperti set menu, noodle dan curry rice. Beberapa di antaranya adalah tempura zaru soba, yakitori, salmon gyoza, beef yaki udon, kiku set, ume set, dan masih banyak lagi. Harga makanannya berada di kisaran Rp36.000 – Rp169.000.


Baca Juga: 7 Restoran Unik Di Jakarta Yang Sedang Hits! Sudah Tahu Belum?


Restoran Trio

@_ianhugen_/Instagram

Alamat: Jl. RP. Soeroso No.29A, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat

Agar pengalaman menginap di Bobobox Kota Tua semakin lengkap, kamu juga perlu mencicipi menu khas Kanton di Restoran Trio. Meski tidak semegah restoran-restoran sebelumnya, Restoran Trio termasuk salah satu tempat makan bersejarah dan legendaris di Jakarta.

Lam Khay Tjioe, Tan Kim Po, dan Tan Lung mendirikan Restoran Trio pada 1947 lalu dengan bangunan awal yang beratapkan terpal. Kini, kamu bisa menjumpainya dalam bentuk bangunan hijau yang kental dengan nuansa negeri tirai bambu di bagian dalamnya. Untuk semakin memperkuat nuansa Chinanya, menu hidangan juga berisi tulisan dalam huruf Mandarin.

Secara keseluruhan, terdapat sekitar 320 menu makanan. Ada sop sirip ikan, lumpia udang ala Restoran Trio, sup sarang burung wallet, mie bihun, sup asparagus telur kepiting, babi hong, angsiu pauw hie, dan masih banyak lagi. Harganya berada di kisaran Rp30.000 – Rp375.000.

Ragusa Es Italia

@ragusa.jkt/Instagram

Alamat: Jl. Veteran I No.10, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat

Setelah puas dengan makanan berat, kamu bisa melanjutkan wisata masa lalu dengan menyambangi toko es krim tertua di Jakarta yang sudah ada sejak tahun 1932. Kabarnya, pemilik awal restoran meruapakan dua bersaudara asli Italia bernama Luigie dan Vincenzo Ragusa.

Setelah puluhan tahun berjalan, mereka memutuskan untuk kembali ke Italia tanpa menjual took es krim tersebut. Namun, mereka justru memberikan Ragusa kepada salah satu karyawannya yang bernama Guntoro yang kini menjadi pemilik restoran bersejarah tersebut. Guntoro dan istrinya kemudian meneruskan usaha tersebut.

Restoran Ragusa ini menyediakan menu es krim klasik tanpa pengawet yang terbagi ke dalam empat kategori, yaitu:

  • Regular (vanila, cokelat, stroberi dan moka)
  • Mixed (special mix dan coup de maison)
  • Premium (mint raisin, nougat dan durian medan)
  • Fancy (spaghetti ice cream, banana split, tutti fruttti, cassata siciliana, dan chocolate sundae)

Harganya mulai dari Rp20.000 hingga Rp40.000.

Hotel Modern di Tengah Wisata Masa Lalu

Bobobox Kota Tua

Berdiri tepat di depan Taman Fatahillah, Bobobox Kota Tua hadir untuk memberi kamu kenyamanan modern di tengah wisata masa lalu. Hotel kapsul satu ini melengkapi diri dengan berbagai fasilitas canggih yang pasti bikin kamu betah berlama-lama. Ada Wi-Fi kencang dan B-Pad yang bisa kamu gunakan untuk mengunci pintu serta mengatur Bluetooth speaker dan moodlamp. Rasa lelah pun langsung terbayarkan karena kamu tetap bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu yuk aplikasi Bobobox di sini!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles