@real_adtya/Instagram

7 Wisata Alam Yogyakarta, Mulai Dari Hutan Pinus Mangunan Sampai Blue Lagoon!

Menjadi salah satu tujuan wisata favorit untuk berlibur, Yogyakarta menawarkan beragam destinasi wisata menarik untuk kamu kunjungi. Salah satunya adalah wisata alam yang bisa membantu melepas penat dan stres akibat beban kerja hingga hiruk pikuk kota. Tinggal pilih saja, mulai dari wisata hutan seperti Hutan Pinus Mangunan hingga kesejukan air Blue Lagoon. Yuk, simak lebih lanjut tujuh wisata alam Yogyakarta berikut ini!

Hutan Pinus Mangunan

via orami.co.id

HTM: Rp5.000
Jam Buka: 06.00-19.00

Alamat: Sukorame, Desa Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Hutan Pinus Mangunan merupakan sebuah kawasan ekowisata sekaligus hutan lindung di Yogyakarta yang baru dibuka pada 2014 lalu. Sesuai dengan namanya, hutan ini menyuguhkan keindahan jajaran pinus menyejukkan yang cocok menjadi latar foto untuk kamu unggah di Instagram.

Maka dari itu, pihak pengelola pun melengkapi kawasan Hutan Pinus Mangunan dengan berbagai spot menarik, seperti:

  • Rumah pohon
  • Taman bunga
  • Hammock
  • Gardu pandang dengan beragam bentuk
  • Anjungan perahu
  • Taman rumput sintetis
  • Rumah hobbit
  • Panggung teater alam yang juga bisa digunakan untuk acara sekolah alam
  • Area outbound

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Ini Ternyata Dekat Dari Stasiun Yogyakarta Lho!


Hutan Pinus Pengger

@mysda_yn/Instagram

HTM: Rp 5.000
Jam Buka: 08.00-21.00

Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Desa Terong, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Selain Hutan Pinus Mangunan, Yogyakarta juga memiliki wisata hutan pinus lainnya yang tak kalah hits, yaitu Hutan Pinus Pengger. Selain menyuguhkan kesejukan dan keindahan alam yang masih asri, hutan pinus ini juga menyediakan berbagai spot foto Instagrammable yang cocok buat kamu pecinta wisata alam kekinian.

Beberapa spot yang bisa kamu nikmati meliputi:

  • Rumah pohon
  • Latar perkotaan dengan kelap-kelip lampunya di malam hari
  • Tangan raksasa
  • Jempol
  • Sarang burung dengan lubang di bagian tengah
  • Jembatan antara dua pohon

Tak hanya itu, Hutan Pinus Pengger juga menyediakan fasilitas hammock, area perkemahan, jalur trekking, flying fox, dan sepeda hutan. Karena buka hingga malam hari, Hutan Pinus Pengger kerap dipenuhi pengunjung terutama menjelang sore untuk menikmati sunset.


Baca Juga: 6 Spot Shopping Barang Unik Untuk Oleh-Oleh Dari Jogja


Goa Pindul

via tiket.com

HTM: Rp40.000,untuk dewasa dan Rp20.000 untuk anak-anak
Jam Buka: 07.00-19.00

Alamat: Jalan Goa Pindul Gelaran 2, RT.3/RW.16, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jika kamu tidak terlalu menyukai wisata Hutan Pinus Mangunan dan Pengger, Goa Pindul bisa menjadi pilihan wisata alam lainnya untuk kamu kunjungi. Goa Pindul menawarkan wisata luar ruangan berupa cave tubing, yaitu kegiatan menyusuri aliran sungai di dalam gua dengan menggunakan sebuah ban pelampung.

Dengan ban tersebut, pengunjung akan diajak menyusuri aliran sungai gua sepanjang 350 meter selama sekitar satu jam. Sepanjang menyusuri sungai, kamu bisa menikmati keindahan khas gua, seperti batu kristal, moonmilk, stalaktit, dan stalagmit.

Di ujung perjalanan, sebuah kolam dengan lubang besar di atasnya akan menyambut kamu. Penampakannya akan tampak magis saat sinar matahari memasuki ruangan gua tersebut, terutama di jam-jam 09.00-10.00. Di tempat ini, kamu bisa berenang atau terjun bebas dari batu tinggi yang ada di dalam gua.

Sebagai informasi, selain membayar tiket masuk, kamu juga perlu menyiapkan biaya retribusi sebesar Rp10.000. Tiket masuk biasanya sudah mencakup minuman selamat datang, pemandu wisata, jaket pelampung, ban, sepatu karet dan transportasi penjemputan dari Bendungan Banyumoto (pintu keluar Goa Pindul).


Baca Juga: Termasuk Hidden Gem, Ini Dia 7 Pantai Tersembunyi Di Jogja Yang Jarang Orang Tahu


Pantai Ngamblor

via dyogya.com

HTM: Rp 5.000-10.000
Jam Buka: 24 jam

Alamat: Dusun Purwodadi, Desa Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tak hanya Goa Pindul, Pantai Ngamblor juga bisa menjadi alternatif wisata alam bagi kamu yang kurang suka wisata kekinian seperti Hutan Pinus Mangunan. Berada di kawasan Pantai Selatan, Pantai Ngamblor ternyata berbatasan langsung dengan Samudra Hindia sehingga ombaknya pun cukup besar.

Meski begitu, Pantai Ngamblor memiliki dua buah gunung karang besar yang dapat memecah ombak sehingga ombak pinggir pantai pun lebih tenang dan tidak begitu besar. Karena itu, kawasan ini bisa kamu gunakan untuk berenang dan snorkeling. Namun, kamu tentu perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk kegiatan tersebut, yaitu sekitar Rp 50.000-70.000.

Selain aktivitas air, kamu bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil menyusuri pantai atau menunggu datangnya matahari terbenam dengan cahaya keemasannya. Tak hanya itu, kamu juga bisa trekking ke atas tebing dan menikmati pemandangan dari atas. Di tempat ini juga terdapat jembatan kayu yang bisa kamu gunakan untuk menyebrang ke tebing.

Pantai Goa Cemara

@timanpenyu/Instagram

HTM: Rp 5.000
Jam Buka: 24 jam

Alamat: Jl. Lintas Selatan, Patihan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Beralih ke Bantul, kamu akan menjumpai pantai yang tak kalah eksotis dan bisa menjadi alternatif wisata alam untuk Hutan Pinus Mangunan. Sesuai dengan namanya, pantai ini ditumbuhi dengan pohon cemara yang tertata rapi hingga membentuk atap seperti gua.

Menurut penuturan warga setempat, terdapat 6.000 lebih pohon cemara yang tertanam di lahan seluas 20 hektar di pinggir pantai. Fungsinya adalah sebagai pemecah angin atau wind barrier untuk mencegah abrasi serta untuk mitigasi tsunami.

Selain bermanfaat untuk pantai, pohon cemara tersebut menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung. Deretan pohonnya yang tertata rapi kerap menjadi spot favorit untuk berfoto. Selain itu, kamu juga akan menjumpai sebuah mercusuar setinggi 40 meter yang bisa dinaiki untuk menikmati keindahan pantai dari ketinggian.

 

Air Terjun Kedung Pedut

via dinpar.kulonprogokab.go.id

HTM: Rp11.000 plus retribusi Rp2.000
Jam Buka: 08.00-16.00

Alamat: Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jika wisata Hutan Pinus Mangunan dan pantai bukan favoritmu, kamu bisa mencoba kesegaran wisata alam Air Terjun Kedung Pedut. Dalam Bahasa Jawa, kedung memiliki arti kolam sedang pedut berarti kabut. Pemberian nama tersebut berkaitan dengan derasnya air yang jatuh ke kolam hingga membuatnya berkabut.

Air terjun Kedung Pedut ini bertingkat dan aliran airnya membentuk beberapa kolam alami di bawahnya dengan kedalaman berbeda antara 2-5 meter. Warga setempat menyebut kolam tersebut sebagai waterpark alami. Kolam yang biasa dikunjungi dan telah tertata berada di lokasi paling bawah.

Derasnya air yang mengalir serta genangan kolam di bawahnya memberikan keunikan tersendiri pada Kedung Pedut. Pasalnya, air tersebut tampak memiliki dua warna, yaitu putih jernih dan biru toska. Putih jernih berasal dari aliran air terjun yang deras sementara biru toska terbentuk dari pantulan sinar matahari pada batuan di dasar sungai. Selain pemandangan airnya yang unik, Kedung Pedut juga telah dilengkapi dengan fasilitas spot foto, jembatan bambu, hammock hingga flying fox.

Blue Lagoon

@luckytoms/Instagram

HTM: Rp10.000 (sudah termasuk minuman)
Jam Buka: 08.00-17.00

Alamat: Desa Dalem, Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Blue Lagoon merupakan sebuah pemandian alami yang airnya berasal dari sumber mata air bawah tanah. Mata air di kawasan tersebut terhitung ada tiga buah yang bisa kamu buktikan sendiri saat melihat ke bawah airnya. Di dalam sana, tampak gelembung udara yang menjadi penanda adanya aliran air dari bawah tanah.

Saat berkunjung ke Blue Lagoon Yogyakarta ini, melakukan aktivitas air tentunya menjadi hal wajib. Kamu bisa berenang dan melompat dari spot yang sudah disediakan pengelola. Kendati aman untuk berenang, anak-anak sebaiknya bermain di kolam kecil yang tersedia di dekat kolam utama. Bagi kamu yang tidak terlalu pandai berenang, jangan khawatir. Pihak pengelola juga menyewakan pelampung serta peralatan renang lainnya.

Hotel Strategis? Ya, Bobobox!

Setelah seharian berwisata alam, Bobobox bisa menjadi pilihan sempurna untuk melepas lelah kamu. Hotel satu ini menawarkan lokasi strategis di tengah kota. Lebih tepatnya, Bobobox berlokasi di Jl. Malioboro No.39, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Masalah kenyamanan, tidak perlu kamu ragukan lagi. Interior pod yang cukup luas dengan kasur empuk pasti bikin kamu betah. Nggak hanya itu, Bobobox juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti Bluetooth speaker, Wi-Fi, moodlamp, pantry, shared bathroom, musala, communal space hingga vending machine yang siap memenuhi kebutuhan camilan kamu.

Harganya juga terjangkau. Kamu bahkan bisa mendapatkan kesempatan menginap dengan harga promo lewat aplikasi Bobobox! Yuk unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles