10 hewan langka khas Indonesia

Hari Hewan Sedunia: Ini Daftar Hewan yang Hanya Ada di Indonesia!

Hari Hewan Sedunia rutin diselenggarakan setiap tahunnya pada tanggal 4 Oktober di berbagai negara. Hari Hewan Sedunia merupakan sebuah momen yang tepat bagi kita untuk membangkitkan kembali kepedulian dan kesadaran untuk merawat dan menjaga berbagai hewan yang ada di sekitar kita.

Hal yang bisa kita lakukan untuk membangun kesadaran ini adalah dengan menyebarkan kampanye peduli hewan di sosial media. Kamu bisa sampaikan rasa sayang kamu terhadap hewan dan juga kegelisahan kamu tentang bagaimana banyak hewan di sekitar kamu menjalani hidup yang tidak layak dan membutuhkan pertolongan kita sebagai manusia.

Faktanya, hewan adalah makhluk hidup yang paling sering mengalami kekerasan dan ketidakadilan. Berdasarkan laporan dari The Humane Society jumlah kasus kekejaman terhadap hewan yang dilaporkan setiap harinya hanyalah puncak gunung es. Hal ini menandakan bahwa ada lebih banyak lagi  kasus kekerasan hewan yang tidak dilaporkan. Di Indonesia, hak asasi hewan diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2009 yang meliputi 5 hak asasi hewan:

  • Kebebasan dari rasa haus dan lapar.
  • Kebebasan dari rasa tidak nyaman.
  • Kebebasan mengekspresikan tingkah laku alami hewan.
  • Kebebasan dari rasa stres dan takut.
  • Kebebasan dari rasa sakit maupun dilukai.

Untuk dapat memenuhi kelima hak dasar hewan ini, kita dan pemerintah harus bekerja sama secara simultan dalam melindungi hewan disekitar kita terutama satwa langka. Dnegan begitu populasi hewan langka dapat terhindar dari kepunahan. Faktanya Indonesia merupakan negara dengan berbagai hewan eksotis yang tidak ditemui di negara lain. Hewan apa sajakah itu? berikut adalah 9 hewan diantaranya.

1. Peringatan Hari Hewan Sedunia: Harimau Sumatera

Hari Hewan Sedunia

Langgam.id

Hewan langka yang hanya ada di Indonesia yang pertama adalah Harimau Sumatera yang kini memasuki masa kritis karena terancam punah. Kondisi populasi Harimau Sumatera ini sangat memprihatinkan sekali karena jumlahnya kini hanya tinggal sekitar 500 ekor.

Kelangkaan populasi Harimau Sumatera ini tak lain dikarenakan ulah manusia yang melakukan penebangan hutan secara serampangan. Tak hanya itu,  pemburuan liar juga dituding sebagai penyebab langkanya harimau ini. Sesuai dengan namanya, harimau jenis ini hanya terdapat di hutan Sumatera.

2. Peringatan Hari Hewan Sedunia: Badak Jawa

Selain hewan langka asal Pulau Sumatera, Indonesia juga memiliki hewan langka yang hanya ada di Indonesia tepatnya di Pulau Jawa. Hewan langka tersebut adalah Badak Jawa yang saat ini juga terancam punah sebab populasinya dari tahun ke tahun semakin menyusut. Kondisi kelangkaan ini terjadi karena banyak Badak Jawa mengalami kesulitan untuk berkembang biak dan mereka hanya hidup selama 80 tahun.

Baca Juga: Mengenal Animal Communicator, Profesi dan Komunikasi dengan Hewan

3. Peringatan Hari Hewan Sedunia: Burung Elang Jawa

Indonesia juga memiliki burung yang tak bisa kamu temukan di negara lain. Jenis burung tersebut adalah Burung Elang Jawa yang memiliki bentuk tubuh yang gagah. Sayangnya, populasi burung ini hanya tinggal 250 ekor saja. Burung Elang Jawa tersebar hampir merata di sekitar hutan di Pulau Jawa seperti di Gunung Slamet, Gunung Salak, Gunung Anjasmoro, Gunung Kawi, Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Alas Purwo, Taman Nasional Gunung Halimun, Taman Nasional Gede Pangrango dan Taman Nasional Muara Betiri.

4. Peringatan Hari Hewan Sedunia: Cenderawasih

Hari Hewan Sedunia

1001 Indonesia

Siapa yang tidak tahu burung yang satu ini? Cenderawasih merupakan spesies endemik yang penuh warna dan hanya bisa ditemukan di Papua. Burung Cenderawasih ini, terutama spesies jantannya, memiliki bulu yang sangat berornamen. Bulunya pun dikenal halus dengan warna-warna yang cerah dan ekor panjang yang menggantung dengan anggun di tubuh mereka. Super cantik!

5. Peringatan Hari Hewan Sedunia: Orang Utan

Orang Utan merupakan salah satu satwa langka lainnya yang hanya bisa kamu temukan di Indonesia. Orang Utan memiliki ciri khas rambut yang sangat panjang jika dibandingkan jenis kera lainnya. Wilayah penyebaran Orang Utan adalah dataran rendah dan hutan hujan tropis di Pulau Kalimantan.

6. Peringatan Hari Hewan Sedunia: Musang Congok

Musang Congok adalah hewan langka lainnya di Indonesia yang bisa memiliki berat mencapai 5 kg dan memiliki panjang sekitar 71 cm. Musang Congok cukup gesit untuk memanjat pepohonan dan dapat ditemukan di wilayah pegunungan Aceh dan Sumatera Barat.

7. Peringatan Hari Hewan Sedunia: Komodo

Indonesia memiliki kadal raksasa yang tak bisa kamu temukan di negara lain bernama Komodo. Hewan yang satu ini bisa kamu temukan di pulau-pulau eksotis Indonesia, seperti Pulau Komodo, Rinca, Padar, dan Flores. Kadal raksasa ini memiliki panjang yang mencapai hingga tiga meter.

8. Peringatan Hari Hewan Sedunia: Singapuar

Alamendah’s Blog

Singapuar dikenal sebagai salah satu hewan langka terkecil di dunia. Hewan yang satu ini memiliki berat tubuh antara 80-140 gram dan panjang 12-15 cm. Tak heran jika ia kerap kali disebut primata terkecil. SIngapuar memiliki sepasang mata yang besar yang ukurannya melebihi volume otaknya dan hanya bisa digunakan pada malam hari saja.

9. Peringatan Hari Hewan Sedunia: Merak

Hewan terakhir yang ini hanya bisa kamu temukan di Indonesia. Merak faktanya bisa kamu temukan di beberapa negara seperti di India dan Malaysia. Namun Merah di Indonesia memiliki perbedaan dibanding merak yang lain salah satunya adalah bulunya yang berwarna-warni. Merak umumnya dapat kamu temukan di sekitar Pulau Jawa dan juga di sekitar Pulau Sumatera.

Baca Juga: Apa itu Fostering Hewan? Berikan Mereka Perlindungan yang Layak!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles