kota tertua di indonesia

Penuh Misteri dan Konspirasi! Ini Dia 7 Kota Tertua di Indonesia dan Fakta Uniknya!

Saat ini, Indonesia telah mencapai umur 77 tahun sejak kemerdekaan bangsa. Namun, di dalam bagian negara ini ternyata ada kota-kota yang jauh lebih tua umurnya dari bangsa Indonesia. Beberapa kota tertua di Indonesia ini bahkan telah mencapai usia ratusan bahkan ribuan tahun!

Penasaran dengan misteri dan konspirasi di balik sejarah kota-kota tertua di Indonesia? Yuk simak informasi lengkap tentang 7 kota tertua di Indonesia di bawah ini.


Baca Juga: 9 Kota Mati Yang Terlihat Seperti Set Film-Film Post Apocalyptic Dan Cerita Dibaliknya


7 Kota Tertua di Indonesia

1. Palembang

palembang

Source: Hadi Utama via Unsplash

Kota yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan ini tercatat sebagai kota tertua di Indonesia. Hal ini sehubungan dengan sejarah Kota Palembang sebagai pusat kota Kerajaan Sriwijaya yang berdiri sejak abad ke-7.

Keberadaan Kota Palembang tertera dalam prasasti Kedukan Bukit di Bukit Siguntang yang bertanggal 16 Juni 682 Masehi. Sehingga Kota Palembang sekarang berumur setidaknya 1340 tahun.

Karena sudah berumur sangat panjang, maka tidak aneh apabila ada beberapa spot penuh misteri di kota ini. Salah satu tempat angker yang dikenal oleh masyarakat adalah Jembatan Ampera dan sungai yang mengalir di bawahnya, Sungai Musi. Masyarakat setempat mempercayai bahwa ada Hantu Banyu (wujudnya dipercayai sebagai siluman) yang mencari calon korban di perairan.

2. Salatiga

salatiga

Source: Visual Karsa via Unsplash

Selanjutnya di daftar kota tertua di Indonesia ada Kota Salatiga. Kota ini telah berdiri sejak 24 Juli 750 Masehi, membuatnya berusia sekitar 1.272 tahun. Tanggal tersebut bahkan telah diakui sebagai Hari Jadi Kota Salatiga.

Sejarah Kota Salatiga tertuang dalam Prasasti Plumpungan yang terletak di Desa Plumpungan. Saat ini, Kota Salatiga termasuk ke dalam wilayah bebas pajak.

Salah satu tempat yang menyimpan misteri di Kota Salatiga adalah Rumah Dinas Wali Kota yang merupakan tempat Mantan Presiden Soekarno pertama kali bertemu Hartini. Sudah menjadi cagar budaya, kebanyakan ruangan di gedung ini masih digunakan saat ini, tetapi beberapa dikunci karena terkenal angker. Kabarnya, para staf seringkali melihat perempuan Belanda bergaun putih yang berkeliaran lalu hilang sendiri.

3. Kediri

kediri

Source: Adrian Hartanto via Unsplash

Berdasarkan temuan arkeolog melalui Prasasti Kwak, Kota Kediri ternyata sudah berdiri sejak 27 Juli 879 Masehi. Lalu pada abad ke-11, kota ini sempat menjadi pusat Kerajaan Kediri.

Balai Kota Kediri merupakan salah satu tempat yang menyimpan misteri di Kota Kediri. Hal ini disebabkan oleh keberadaan pohon beringin yang menjulang tinggi di halamannya. Masyarakat setempat percaya bahwa pohon tersebut telah menjadi tempat tinggal berbagai makhluk gaib.


Baca Juga: Tidak Hanya Bogor, Ini Dia Kota-Kota Di Dunia Yang Dijuluki Sebagai Kota Hujan


4. Magelang

magelang

Source: Mario La Pergola via Unsplash

Masyarakat Indonesia mengenal Kota Magelang sebagai rumah dari Candi Borobudur yang telah berdiri sejak ribuan tahun lalu. Kota Magelang telah berdiri sejak 11 April 907 Masehi menurut Prasasti Mantyasih. Tertera bahwa kota ini didirikan pada masa pemerintahan Sri Maharaja Rakai Watukura Dyah Balitung di Kerajaan Mataram Kuno.

Salah satu misteri Kota Magelang yang sudah berumur 1.115 tahun ini ternyata berhubungan dengan candi ikonik yang kita kenal. Kamu bisa melihat patung singa yang berada di sebelah kanan dan kiri tangga masuk ke Candi Borobudur. Kabarnya, pengunjung yang telah berbuat buruk akan dihantui singa-singa tersebut di dalam mimpinya.

5. Banda Aceh

banda aceh

Source: Gabut Production via Unsplash

Kota selanjutnya di daftar kota tertua di Indonesia adalah Kota Banda Aceh. Kota ini didirikan oleh Sultan Johan Syah pada 1 Ramadhan 601 Hijriah atau 22 April 1205 Masehi. Hal ini membuat Kota Banda Aceh sebagai kota Islam tertua di Asia Tenggara.

Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan ternyata merupakan salah satu tempat yang terkenal misterius di Kota Banda Aceh. Meski memiliki alam yang indah, ternyata kabarnya sering ada penampakan perempuan Belanda di rumah Scooby Doo. Perempuan ini sering mengganggu petugas yang tertidur, sementara warga pun mengaku bahwa mereka sering mendengar suara aneh datang dari rumah tersebut.

6. Surabaya

surabaya

Source: Rasyid Maulana via Unsplash

Kota Surabaya yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur ini telah berdiri sejak 31 Mei 1293 Masehi. Penetapan hari jadi ini merupakan tanggal kemenangan Kerjaan Majapahit yang dipimpin oleh Rade Wiajaya atas pasukan Mongol.

Salah satu spot di Kota Surabaya yang menyimpan misteri adalah Kota Tua. Area ini berada di sekitar Jalan Karet, Jalan Panggung, Jalan Gula, dan Kembang Jepun. Masyarakat sekitar merasa bahwa di sekitar Jembatan Merah yang terletak di Kembang Jepun, sering tercium bau anyir darah yang misterius.


Baca Juga: Simak Daftar Kota Yang Memiliki Keunikan Yang Luar Biasa Berikut Ini!


7. Baubau

kota tertua di indonesia

Source: via kebudayaan.kemdikbud.go.id

Meski baru diakui undang-undang pada 21 Juni 2001, Kota Baubau ternyata sudah ada sejak abad ke-15. Kota yang terletak di sebuah pulau di Sulawesi Tenggara ini merupakan bekas ibu kota Kerajaan Buton, rumah dari suku Buton yang merupakan salah satu suku terbesar di kawasan Indonesia Timur.

Salah satu peninggalan Kerajaan Buton ternyata telah menjadi spot misterius terkenal di Kota Baubau. Benteng Sorawolio didirikan pada masa Sultan Buton XIX yaitu Sultan Skiyuddin Darul Alam pada tahun 1712-1750. Seorang penjaga benteng mengaku bahwa ia pernah melihat sosok yang besar, tinggi, dan hitam yang kemudian membantingnya ke tanah. Ia juga percaya bahwa benteng ini menjadi tempat yang gaib karena keberadaan pohon tua yang hidup di atas salah satu benteng.

Bebaskan Diri Dari Rasa Penat, Staycation Tenang di Bobobox!

kota tertua di indonesia

Kerjaan dan rutinitas kadang bisa terasa kayak penjara. Terlalu sering melakukan hal yang sama, sampai lupa caranya istirahat tanpa ngerasa bersalah. Kalau begini, memang udah waktunya buat healing lewat Staycation di Bobobox biar kamu bisa kembali segar lagi!

Istirahat dengan tenang tanpa terganggu. Setiap pod memiliki desain yang modern dan dapat kamu atur sesuka hati. Langsung atur pencahayaan yang tepat biar menginap jadi lebih nyaman. Jangan lupa foto-foto untuk selalu mengingat pengalaman staycation kamu ya.

Nggak percaya? Gak masalah. Supaya kamu punya gambaran nyata soal pengalaman menginap di Bobobox, langsung aja keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Perhatikan suasana apa yang bakal kamu dapat dan buktikan sendiri sebelum datang langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan istirahat dengan gaya.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles