fakta keris, senjata tradisional Indonesia

Fakta Keris: Satu Senjata Tradisional Indonesia yang Diakui Dunia!

Bobobox.co.id — Siapa yang tidak kenal senjata tradisional tradisional Indonesia, keris. Untuk membakar semangat di tengah bulan kemerdekaan, tidak ada salahnya jika kamu mengetahui fakta keris.

Saat ini sendiri, keris tidak digunakan sebagai alat perang seperti pada zaman dulu. Namun, senjata asli dari tanah Jawa ini lebih sering digunakan untuk pelengkap upacara-upacara adat dan kebudayaan.

Daripada berlama-lama, mending simak saja beragam fakta keris yang sudah Bob rangkum berikut ini. Setelah mengetahui sejumlah faktanya, kamu dijamin bakal semakin bangga dengan senjata yang diakui dunia ini!

7 Fakta Keris yang Wajib Kamu Ketahui

1. Awalnya Berbentuk Lurus

Fakta keris pertama yang mesti kamu ketahui adalah awal bentuk dari senjata tradisional. Banyak yang tidak tahu jika awalnya, keris dibentuk tidak seperti sekarang dan memiliki bentuk lurus.

Seiring berjalannya waktu dan teknologi yang semakin teknologi, bentuk keris pun berubah. Kini, keris dikenal dengan bentuknya yang seperti mengular atau bisa dianggap sebagai zig zag juga.

fakta keris awalnya lurus

sumber: detik.com

2. Tiap Keris Miliki Nama Sendiri

Fakta keris berikutnya adalah tiap senjata tradisional ini memiliki nama. Jadi, tidak hanya manusia atau hewan peliharaan saja yang memiliki nama, setiap juga punya namanya masing-masing.

Beberapa contoh yang paling populer antara lain keris Empu Gandring, Kiai Setan kober, Nagasasra, Sabuk Inten, dan Taming Sari. Banyak keris ini dinamai sesuai dengan nama pemiliknya.


Baca Juga: Sambut Hari Pramuka Dengan Pelajari Makna Simbol Pramuka. Lengkap Dengan Jenis Dan Penghargaan-Penghargaannya Di Indonesia!


3. Beda Daerah, Beda Posisi

Selain tiap keris memiliki nama, fakta keris lainnya adalah setiap daerah memiliki perbedaan soal perihal posisi peletakan keris. Jadi, keris akan berbeda posisi ketika digunakan di tiap daerah.

Misalkan saja, keris diletakkan di pinggang bagian depan pada masa perang di Jawa. Hal tersebut menandakan bahwa sang pemilik siap untuk berperang atau bertarung melawan seseorang.

Sementara keris diletakkan di pinggang bagian belakang saat masa damai. Seperti yang disinggung sebelumnya, penempatan keris ini tidak berlaku di Pulau Sumatra dan Kalimantan.

Di kedua pulau tersebut, keris justru diletakkan di pinggang bagian depan. Biasanya, penempatan posisi keris ini dilakukan ketika pemilik sedang mengikuti upacara-upacara kebesaran.

sejarah senjata tradisional Indonesia

sumber: bob.kemenparekraf.go.id

4. Diakui UNESCO sebagai Warisan Dunia

Fakta keris satu ini mungkin sudah kamu ketahui. Fakta yang Bob maksud adalah senjata tradisional Indonesia ini sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai warisan dunia.

Sebagai warna negara Indonesia, kita tentu patut berbangga hati. Bukan begitu?


Baca Juga: Sambut Hari Kemerdekaan Dengan Menonton 10 Film Perjuangan Kemerdekaan Indonesia Berikut Ini!


5. Masuk Daftar Senjata di Shadow Fight

Siapa sangka jika keris sempat masuk ke dalam salah satu senjata di sebuah video game. Yup, keris sempat hadir sebagai senjata yang bisa digunakan oleh player dalam Shadow Fight.

Bagi yang belum tahu, Shadow Fight adalah game populer berbasis Android yang diciptakan perusahaan pengembang asal Rusia, Nekki. Jika tertarik, kamu bisa memainkannya di smartphonemu!

6. Pernah Muncul di Beberapa Film Asing

Tak hanya muncul di video game luar negeri, keris juga sempat beberapa kali muncul di film asing, lo. Beberapa contohnya antara lain Shanghai Knight, Idle Hand, The Kick, dan Raya and the Last Dragon.

fakta keris muncul di film

sumber: republika.co.id


Baca Juga: Kenali Seni Tato Budaya Asli 3 Suku Indonesia Berikut Ini!


7. Pengoleksi 300 Keris di Luar Negeri

Fakta keris terakhir adalah soal pengoleksi keris. Bukan sembarang kolektor asal Indonesia yang Bob maksud. Hal yang membuat unik adalah kolektor ini berasal dari Belgia.

Adalah Marc Peeters yang sangat mengagumi dan mencintai keris. Ini ia buktikan dengan memiliki koleksi sebanyak 300 buah. Terbilang luar biasa banyak bukan khususnya bagi warga asing.

Menginap dengan Pengalaman Berbeda? Ya di Bobobox

Terkadang, kamu menginginkan pengalaman menginap yang berbeda saat liburan. Rasa bosan dengan hal itu-itu saja menjadi salah satu dari sekian banyak alasan mengapa kamu ingin pengalaman berbeda saat menginap.

Jika hal itu yang kamu mau, datang saja ke Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas-fasilitas keren yang sudah terbukti memberikan banyak orang pengalaman menginap yang tak terlupakan.

Penasaran seperti apa? Unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini untuk pemesanan podnya dan menikmati virtual tour Bobobox melalui link ini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles