makna simbol pramuka

Sambut Hari Pramuka dengan Pelajari Makna Simbol Pramuka. Lengkap dengan Jenis dan Penghargaan-Penghargaannya di Indonesia!

Bobobox.co.id — Untuk merayakan Hari Pramuka yang dilaksanakan pada 14 Agustus, tak ada salahnya untuk mengetahui beberapa hal soal pramuka, termasuk makna simbol pramuka.

Makna simbol ini sendiri untuk memahami lebih jaul soal tanda penghargaan yang biasanya diperuntukkan bagi anggota pramuka. Tanda penghargaan ini sendiri diatur pada SK Kwartir Nasional No. 175 tahun 2012.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan Bob mengenai makna simbol pramuka pada artikel di bawah ini!

Apa Itu Tanda Penghargaan?

Tanda penghargaan sendiri merupakan tanda dengan nilai kebanggan bagi seorang anggota Pramuka. Anggota yang mampu mendapatkannya berarti memiliki banyak jasa, kesetian, dan lainnya.

Oleh karena itu, tidak semua anggota bisa memerolehnya secara cuma-cuma. Hanya anggota dengan kinerja, pengabdian, dan prestasi tertntu yang memajukan kepramukaan yang mendapatkannya.

beragam tanpa penghargaan

sumber: ensiklopediapramuka.com


Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Dia Kumpulan Simbol Pada Obat-Obatan Serta Maknanya!


Fungsi dan Tujuan Tanda Penghargaan

Pada dasarnya, sebuah tanda penghargaan berfungsi untuk memberikan suntikan semangat. Tak hanya itu, pemberian penghargaan ini juga bisa digunakan sebagai cara memotivasi anggota pramuka.

Lewat tanda penghargaan, anggota pramuka diharapkan bisa lebih bersemangat lagi dalam menjalankan baktinya. Ia juga diharapkan untuk bisa terus belajar untuk menjadi anggota pramuka yang lebih handal.

Dengan adanya semangat ini, manfaatnya pun bisa sangat besar. Selain untuk kebaikan anggota pramuka itu sendiri, manfaatnya bisa saja dirasakan oleh lingkungan masyarakat sekitarnya.

Makna Simbol Pramuka soal Tanda Penghargaan

Dalam praktiknya, terdapat beberapa tanda penghargaan yang mungkin sering kamu jumpai. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasan lengkap seputar makna simbol pramuka tersebut berikut ini!

1. Bintang Tahunan Pramuka

Makna simbol pertama adalah bintang tahunan pramuka.Tanda ini ditujukan untuk anggota muda sebagai penghargaan atas kesetiaan kepada organisasi dan juga atas keaktifannya.

Biasanya, kesetian serta keaktifan yang dijadikan pertimbangan sendiri terlihat dari satu tahun. Sejauh ini, ada 4 lambang bintang tahunan, yakni penegak, siaga, pandega, dan penggalang.

makna simbol pramuka bintang tahunan

sumber: slideplayer.info

2. Lencana Pancawarsa

Makna simbol pramuka selanjutnya untuk lencana pancawarsa. Tanda penghargaan ini diberikan bagi anggota dewasa pramuka sebagai kesetian dan keaktifannya dalam kegiatan orang dewasa.

Anggota dewasa yang mendapatkan ini biasanya dikalkulasikan selama lima tahun atau kelipatannya. Penghitungan tersebut dilakukan secara terus menerus.

makna simbol pramuka lencana pancawarsa

sumber: ensiklopediapramuka.com

3. Lencana Karya Bakti

Makna simbol pramuka lainnya adalah untuk tanda lencana karya bakti. Tanda penghargaan bisa diperoleh oleh seorang anggota yang memiliki keikhlasan, pengorbanan, disiplin, dan keberanian.

Mereka yang mendapatkannya dianggap telah terlibat langsung dan aktif dalam upaya penanggulanan bencana. Hal tersebut tak hanya bermanfaat bagi kepramukaan tetapi juga masyarakat, bangsa, dan negara.

makna simbol pramuka lencana karya bakti

sumber: pramukadiy.or.id


Baca Juga: Cat Lovers Wajib Tahu! Ini Dia 7 Makna Gerakan Ekor Kucing


Makna Simbol Pramuka Lainnya

Dalam pelaksanaannya, pemberian tanda penghargaa menyesuaikan dengan usia anggota yang aktif. Anggota pramuka yang aktif ini biasanya terbagi ke dalam dua kategori, muda dan dewasa.

Adapun, lencana dan tanda penghargaan bagi anggota muda ada 3. Ketiga tanda penghargaan tersebut antara lain bintang tahunan, lencana wiratama, dan teladan bagi anggota pramuka.

Sementara itu, untuk anggota dewasa, ada setidaknya 4 tanda penghargaan. Keempat penghargaan tersebut antara lain pancawarsa, karya bakti, wiratama, dan juga jasa.

lencana wiratama

sumber: ensiklopediapramuka.com

Menginap untuk Mengusir Rasa Bosan? Datang aja ke Bobobox

Jika kamu memang sedang merasa bosan saat sendirian di rumah, kamu bisa mencoba untuk melakukan staycation. Tempat staycation yang paling asyik untuk hal tersebut adalah Bobobox.

Bobobox sendiri merupakan hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik. Sehingga, kamu bakal menemukan fasilitas-fasilitas kekinian selama staycation di Bobobox.

Walaupun fasilitas yang ditawarkan tidak kalah dengan hotel bintang lima, harga inap per malamnya terbilang murah dan akan cocok untuk yang sedang staycation dengan bujet minimal.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan dan podnya bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles