kumpulan simbol pada obat

Wajib Tahu! Ini Dia Kumpulan Simbol Pada Obat-Obatan Serta Maknanya!

Bobobox.co.id — Saat membeli obat, kamu pasti menemuklan simbol di kemasannya. Nah, bagi kamu yang belum tahu, simbol pada obat tersebut mempunyai makna tersendiri.

Agar kamu tidak salah dalam membeli obatnya, kamu wajib memahami simbol-simbol tersebut. Untuk hal ini, kamu tidak perlu khawatir karena Bob sudah merangkum informasinya untukmu.

Melansir dari berbagai sumber, simak ulasan lengkapnya pada artikel berikut ini! Demi menghindari kesalahan pemakaian.

Kumpulan Simbol pada Obat-obatan Beserta Artinya

1. Simbol Tiga Bintang

Simbol pada obat obatan pertama adalah simbol tiga bintang berwarna hijau. Jika kamu menemukan simbol ini, maka obat yang sedang kamu lihat adalah obat herbal terstandar atau OHT.

OHT sendiri berbeda dengan jamu yang nanti akan Bob bahas. Perbedaan keduanya terletak pada proses pengolahannya. OHT diolah dengan teknologi tinggi dan teruji toksisitas dan kronisnya.

Sebelum diproduksi, OHT sudah melalui penelitan pre-klinik untuk mengetahui standarnya. Contoh obat di pasaran yang tergolong OHT adalah Kiranti yang biasa dikonumsi wanita saat haid.

simbol pada obat herbal terstandar

sumber: klikdokter.com

2. Simbol Pohon

Simbol berikutnya yang kerap kamu jumpai di berbagai kemasan obat adalah simbol pohon berwarna hijau. Nah, obat yang memiliki simbol ini adalah obat berbahan dasar herbal atau jamu.

Bahkan, untuk mempertegas bahwa oba tersebut adalah jamu, banyak obat yang menuliskan kata ‘jamu’ di bawah simbolnya. Contoh obat yang mempunyai simbol ini adalah Tolak Angin.

simbol pada obat herbal jamur

sumber: klikdokter.com


Baca Juga: Cuaca Pancaroba Gini Rawan Sariawan! Pakai Obat Sariawan Alami Berikut Ini Agar Cepat Sembuh!


3. Serpihan Salju Berwarna Hijau

Simbol lainnya adalah simbol yang mirip seperti salju berwarna hijau. Jika kamu menemukannya dalam sebuah kemasan, berarti kemasan tersebut adalah obat fitofarmaka.

Mirip dengan obat herbal terstandar, fitormarka juga berbahan dasar alami yang diolah dengan teknologi tinggi. Bedanya, fitofarmaka sudah disetarakan dengan obat-obatan modern.

Fitofarmaka sendiri diolah dengan proses terstandar yang telah diuji klinis pada manusia dengan kriteria yang telah ditetapkan. Contoh obatnya adalah Stimunoo, obat untuk memperbaiki imun.

gambar salju berwarna hijau dalam lingkaran

sumber: klikdokter.com

4. Simbol Huruf ‘K’ dalam Lingkaran Merah

Jika kamu menemukan obat dengan simbol K pada kemasannya, kamu patut berhati-hati. Pasalnya, obat dengan simbol K dalam lingkaran merah tersebut tergolong obat keras dan psikotropika.

Untuk memeroleh obatnya, diperlukan resep dokter. Oleh karena itu, jangna heran jika obat ini tak bisa dibeli dengan bebas. Contoh obat keras ini adalah pereda nyeri seperti asam mefenamat, spaminal, dan lainnya.

Bagi kamu yuang belum paham, obat psikotropika sendiri bukanlah golongan narkotika. Pasalnya, obat ini berbeda secara alamiah dan sintesisnya walau menimbulkan ketergantungan bagi pemakainya.

huruf K dalam lingkaran

sumber: klikdokter.com


Baca Juga: Kamu Perlu Tahu! Ini Dia Fakta Mata Ikan, Mulai Dari Penyebab Hingga Pengobatannya!


5. Simbol Hijau dengan Lingkaran Hitam

Setiap harinya, mungkin kamu kerap menemukan simbol hijau dengan lingkaran ini. Obat dengan simbol tersebut tergolong obat-obatan yang diperbolehkan untuk beredar bebas.

Artinya, obat tersebut dapat dijual atau dibeli tanpa batasan dengan adanya petunjuk penggunaan dan penyimpanan. Contoh obatnya adalah paracetamol seperti Paramex, Panadol, Oskadon, dan lainnya.

simbol pada obat bebas

sumber: klikdokter.com

6. Simbol Biru dengan Lingkaran Hitam

Selain hijau, kamu juga bisa menemukan simbol biru dengan lingkaran hitam. Berbeda dengan simbol hijau, obat dengan simbol ini justru adalah obat yang bebas terbatas.

Untuk membelinya, kamu tidak perlu resep dokter. Hanya saja, kamu perlu berhati-hati saat menggunakannya karena tergolong obat keras.

Contoh obat bebas terbatas ini adalah obat untuk influenza. Obat tersebut dapat menyebabkan kantuk sehingga harus berhati-hati ketika dikonsumsi saat sibuk dengna aktivitasmu.

simbol pada obat terbatas

sumber: klikdokter.com


Baca Juga: Ampuh Turunkan Gula Darah, Ini Dia 10 Tanaman Obat Diabetes Alami


7. Simbol ‘Palang Medali Merah’

Simbol di kemasan terakhir adalah simbol palang medali merah. Dibanding simbol lainnya, kamu wajib waspada dengan simbol yang kamu temukan di kemasan obat ini.

Pasalnya, simbol ini menandakan obat golongan narkotika. Obat tersebut dapat menyebabkan pengaruh tertentu bagi yang mengonsumsinya dan mengubah tingkat kesadaran serta berpotensi menimbulkan efek ketergantungan.

simbol pada obat narkotika

sumber: klikdokter.com

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Kenyamanan tentu menjadi salah satu hal yang wajib kamu prioritaskan selama menginap. Salah satu yang bakal menjamin kenyamanan tiap pengunjungnya adalah Bobobox.

Pasalnya, hotel kapsul ini menyediakan berbagai fasilitas keren seperti pod yang luas dengan kasur yang empuk sebagai fasilitas yang menjamin kenyamananmu selama beristirahat.

Informasi soal pemesanan bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles