tokoh dunia kidal

Happy International Left-Hander Day! Simak Fakta Tentang Orang Kidal Hingga Tokoh Tokoh Dunia Kidal!

Bobobox.co.id — Hari kidal sedunia diperingati setiap tanggal 13 Agustus. Agar semakin meriah, kamu tentu wajib mengetahui beragam fakta seputar orang kidal dan tokoh dunia kidal terkenal.

Perayaan Hari Kidal Sedunia terbilang unik. Pasalnya, perayaannya sendiri awalnya diperingati pada tahun 1976. Adalah Dead Campbell, sosok pendiri Lefthanders International, Inc yang menginisasi hari ini.

Hari Kidal Sedunia sengaja diciptakan untuk merayakan sinistralitas dan meningkatkan kesadaran akan kelebihan dan kekurangan orang kidal. Keunikan perayaannya tak hanya berhenti sampai di situ saja.

Perayaan ini terbilang unik dan berbeda karena hanya ada 7-10 persen orang kidal dari total populasi dunia. Angka tersebut tentu terbilang sangatlah kecil, yakni hanya sekitar 708 juta saja.

Daripada berlama-lama, langsung saja simak ulasan lengkap Bob mengenai fakta orang kidal dan tokoh dunia kidal berikut ini. Pasti kamu tahu beberapa nama tokoh-tokoh yang Bob sebutkan!

5 Fakta tentang Orang Kidal

fakta tentang orang kidal

sumber: pexels.com/@anthonyshkraba-production

1. Memiliki Keuntungan dalam Olahraga

Fakta tentang orang kidal pertama adalah adanya keuntungan yang bisa mereka dapat saat melakukan olahraga. Salah satu olahraga yang memberi keuntungan bagi orang kidal adalah olahraga baseball.

Dalam olahraga tersebut, sebagian besar pertandingannya menggunakan tangan kiri. Hal ini terlihat dari pemakaian sarung tangan hingga melempar bola yang menggunakan tangan kiri.

2. Mempunyai IQ yang Tinggi

Fakta tentang orang kidal selanjutnya adalah mempunyai IQ yang tinggi. Fakta ini sendiri sebenarnya tidak bisa digeneralisasikan karena banyak orang bertangan kanan miliki IQ tinggi.

Namun, fakta tersebut mempunyai alasannya tersendiri. Beberapa orang berpikir bahwa orang kidal dipaksa menggunakan kedua sisi otak lebih sering sehingga lebih mudah menangkap informasi baru.

3. Mampu Multitasking

Karena dipaksa menggunakan orang kidal menggunakan kedua sisi otak, orang kidal memiliki kelebihan lain. Keuntungan tersebut adalah mempunyai kemampuan otak yang lebih cepat.

Adanya keuntungan ini membuat orang kidal mampu berpengaruh terhadap kebiasaan multitasking orang kidal. Dalam sebuah penelitian, percakapan antara otak kiri dan kanan terjadi lebih cepat pada orang kidal.


Baca Juga: Sambut Hari Donor Darah Sedunia Dengan Sejarah Awal Mula Donor Darah Berikut Ini!


4. Mempunyai Memori Ingatan yang Kuat

Fakta tentang orang kidal lainnya adalah kemampuan mengingat orang bertangan kiri yang kuat. Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah studi yang sempat dilakukan beberapa waktu yang lalu.

Pada studi tersebut, orang kidal mempunyai kemampuan ingatan yang lebih daripada orang normal. Bagi kamu yang termasuk orang kidal, apakah kamu bisa mengonfirmasi fakta di atas?

Studi menunjukkan bahwa orang kidal memiliki kemampuan ingatan yang lebih baik daripada orang normal.

5. Ahli di Bawah Air

Fakta tentang orang kidal terakhir adalah memiliki kemampuan otak yang lebih dominan. Fakta ini sendiri masih menjadi perdebatan tetapi ini sudah sering menjadi bahan pembicaraan para ilmuwan.

Mereka merasa bahwa kemampuan otak orang kidal lebih dominan. Dengan kondisi tersebut, mereka mampu mengerahkan mata untuk dapat melihat lebih cepat dan baik saat berada di bawah air.

Daftar Tokoh Dunia Kidal

1. Bill Gates

Tokoh dunia kidal pertama adalah Bill Gates. Bagi kamu yang belum tahu, pria bernama lengkap ini merupakan seorang milyader yang menjadi pendiri salah satu perusahaan komputer ternama, Microsoft.

Bill Gates sendrii sejak dari kecil mempunyai kecerdasan yang cukup tinggi. Walhasil, ia kerap mengalami kesulitan selama berada di bangku sekolah karena semangatnya yang lebih tinggi dibanding temannya.

Kejeniusan Bill Gates ini yang membuat dirinya terbilang sangat pintar dan pandai soal urusan bidang akademis. Tak heran jika sempat mengenyam pendidikan di Universitas Harvard sebelum keluar.

tokoh dunia kidal Bill Gates

sumber: kompas.com

2. Barack Obama

Tokoh dunia kidal selanjutnya adalah Barack Obama. Pria kelahiran 4 Agustus 1961 ini dikenal sebagai presiden Amerika Serikat pertama yang berkulit hitam dan berasal dari keturunan Afrika.

Selama ini, Obama sendiri mempunyai popularitas yang cukup tinggi di Indonesia. Hal ini terjadi karena Obama kecil yang sempat tinggal di Indonesia sat ibunya menikah kembali dengan WNI, Lolo Soetoro.

Di luar dunia politik, Barack memiliki sitri Michelle LaVaughn Robinson. Setelah menikah pada 1992, keduanya dikaruniai dua orang anak perempuan bernama Malia Ann dan Natasha Obama.

barack obama

sumber: kompas.com


Baca Juga: Sambut Hari Anak Dengan Nostalgia Lagu Anak Tahun 90an Berikut!


3. Bill Clinton

Bill Clinton merupakan tokoh dunia kidal lainya. Lahir pada 19 Agustus 1946, Bill merupakan Presiden Amerika Serikat yang menjabat pada tahun 1992 dan berakhir pada tahun 2001.

Selama menjabat sebagai presiden, Bill Clinton sebenarnya banyak berjasa dalam memulihkan ekonomi Amerika Serikat. Sayangnya, ia juga kerap diselimuti oleh beragam intrik selama perjalanan kariernya.

Misalkan saja, ia dituduh korupsi dan skandal perselingkuhan. Clinton juga sempat dituduh telah melakukan sumpah palu serta menghalangi proses peradilan sebagai usahanya menutupi skandal yang ditujukan kepadanya.

bill clinton

sumber: holopis.com

4. Leonardo da Vinci

Bagi penikmat karya seni, kamu tentu tidak asing dengan tokoh dunia kidal ini. Pasalnya, pelukis asal Italia ini terkenal akan karya-karya yang begitu mengagumkan dan mempunyai popularitas tinggi.

Salah satu karyanya yang paling fenomenal adalah Mona Lisa dan The Last Supper. Kira-kira, Sahabat Bob, sudah mengetahui siapa sosok yang Bob jabarkan barusan?

Yap, sosok tersebut adalah Leonardo da Vinci. Ia diketahui menghasilkan banyak mahakarya dengan menggunakan tangan kiri. Ini diperkuat dengan cedera yang muncul di tangan kanan da Vinci saat dewasa.

tokoh dunia kidal leonardo da vinci

sumber: sains.kompas.com


Baca Juga: Diperingati Sebentar Lagi, Ini Sejarah Hari Pasar Modal Indonesia!


5. Lionel Messi

Tokoh dunia kidal terakhir adalah Lionel Messi. Jadi, Messi tidak hanya menggunakan kaki kirinya sebagai kaki dominan dalam mencetak gol, ia juga ternyata menggunakan tangan kirinya untuk kegiatan sehari-hari.

Pemain yang kini membela Paris Sain-Germain dikenal sebagai pesepakbola handal sekaligus olahraga terkaya. Ia mendapatkan total bayaran 130 juta USD per tahunnya, Sahabat Bob!

Angka tersebut sebagian besar bersumber dari penghasilannya di lapangan. Sementara, sisanya berasal dari brand yang mensponsori pemain asal Argentina ini seperti Adidas, Pepsi, dan Budweiser.

tokoh dunia kidal lionel messi

sumber: alinea.id

Menginap dengan Harga Terjangkau? Ya di Bobobox

Kamu kesulitan mencari penginapan nyaman yang pas di dompet? Kamu tidak usah khawatir, karena ada Bobobox yang menawarkan harga terjangkau untuk kamu yang sedang liburan bujet.

Harga inap yang murah tidak membuat fasilitas yang ditawarkan pun murahan. Malahan, kamu akan dimanjakan dengan fasilitas keren yang sudah disediakan oleh pihak Bobobox di setiap podnya.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain WiFi yang bisa diandalkan untuk menonton film dan series favorit, kamar mandi yang bersih, dan kasur dalam pod yang empuk untuk beristirahat.

Untuk informasi lebih lanjut soal pemesanan, unduh aplikasi Bobobox untuk versi Android dan iOS terlebih dahulu di sini.

Bob tunggu kehadiranmu di cabang Bobobox terdekat di kotamu, ya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles