Jed Villejo/Unsplash

Sambut Hari Pemuda Internasional dengan Mulai Melakukan Hal-Hal Positif Berikut Ini Selagi Muda!

International Youth Day atau Hari Pemuda Internasional setiap tahunnya diperingati pada tanggal 12 Agustus. Melansir laman PBB, dalam resolusi 54/120 Tahun 1999, Majelis Umum PBB mendukung rekomendasi dari World Conference of Ministers Responsible for Youth di Lisbon pada 8-12 Agustus 1998 tentang penetapan 12 Agustus sebagai Hari Pemuda Internasional.

Tujuan peringatan Hari Pemuda Internasional ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah-masalah yang dihadapi pemuda di seluruh dunia kepada masyarakat global. Selain itu, peringatannya juga bisa membantu mengangkat tentang pentingnya pemuda di masyarakat.

Nah, untuk menyambut Hari Pemuda Internasional ini, yuk mulai lakukan hal-hal positif berikut ini selagi masih muda untuk masa depan yang lebih baik.

Mencari Banyak Pengalaman

DragonImages/iStockphoto

Bagi banyak orang, masa muda adalah masa paling menyenangkan saat kamu belum memiliki banyak beban atau tanggungan. Masa muda memang tidak datang dua kali, karena itu, sebaiknya kamu manfaatkan untuk hal-hal positif agar tidak menyesal di kemudian hari. Salah satunya adalah dengan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.

Di masa muda, umumnya kamu masih memiliki banyak waktu luang dan energi. Karena itu, mencari pengalaman yang banyak bisa membantu kamu di kemudian hari. Hal itu juga bisa menjadi pengalaman tak terlupakan dan kamu banggakan di masa mendatang.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah pengalaman. Contohnya, dalam menyambut Hari Pemuda Internasional, kamu bisa bergabung dengan komunitas tertentu atau mengikuti kegiatan sukarela. Selain menambah pengalaman, kamu juga bisa menunjukkan komitmen, belajar menyuarakan pendapat hingga berkontrbusi pada kemajuan pemuda di masyarakat.


Baca Juga: Investasi Selain Uang Agar Hidupmu Lebih Bahagia


Meningkatkan Kemampuan

Banyaknya waktu dan energi yang kamu punya di masa muda bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan skill atau kemampuan. Skill tersebut nantinya tidak hanya berguna di masa sekolah kamu. Kamu juga bisa menerapkannya di dunia kerja yang terkadang menuntut para pekerja untuk serba bisa. Selain itu, dengan meningkatnya skill, maka meningkat pula nilai yang kamu punya.

Untuk menyambut Hari Pemuda Internasional ini, kamu bisa mulai dengan mengasah kemampuan dasar seperti berbahasa asing dan public speaking atau berbicara di depan umum. Selain itu, kamu juga bisa mencoba hal-hal baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

Di antaranya adalah mempelajari bahasa asing lain, membuat vlog atau video bermanfaat (misal video DIY atau do it yourself, hingga menekuni hobi baru (misal belajar memasak, berkebun, menjahit, membuat kerajinan, dan sebagainya).

Membangung Relasi yang Luas

Selagi masih muda, sebaiknya kamu segera mulai membangun relasi atau jaringan. Caranya tentu beragam. Kamu bisa mengikuti seminar, pameran hingga kegiatan organiasi. Namun, pastikan kegiatan-kegiatan yang kamu ikuti itu adalah kegiatan yang positif dan mendatangkan manfaat.

Selain menambah pengalaman, ikut organisasi bisa membuat kamu berpartisipasi dalam banyak acara seru. Kegiatan positif ini juga akan membawa kamu menemui banyak orang dengan berbagai karakter dan asal usul.

Dengan bertemu banyak orang, baik dalam kegiatan organiasi, seminar, pameran atau kegiatan positif lainnya, kamu juga bisa melatih kemampuan berkomunikasi. Dengan semakin terasahnya kemampuan tersebut, rasa percaya diri juga ikut meningkat. Hal ini kemudian bisa kamu manfaatkan untuk membangun relasi atau jaringan pertemanan. Teman-teman baru tersebut bisa saja menjadi relasi bisnis kamu di masa mendatang.

Belajar Investasi

@austindistel/Unsplash

Di masa muda, orang-orang biasanya tidak terlalu mengenal apa itu investasi. Namun, dengan masifnya penyebaran informasi masa kini, investasi mungkin bukan lagi hal asing bagi anak muda zaman sekarang.

Maka dari itu, untuk menyambut Hari Pemuda Internasional, yuk mulai investasi untuk kehidupan yang lebih baik di masa tua. Namun, investasi ini tentu bukan sekadar untuk gaya-gayaan. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada baiknya kamu pahami terlebih dulu seluk-beluknya, mulai dari cara berinvestasi yang tepat, ketersediaan dana, risiko kerugian hingga keuntungan.


Baca Juga: Berniat Untuk Investasi Saham? Coba Baca 7 Rekomendasi Buku Investasi Untuk Pemula Berikut Ini!


Olahraga

Banyak orang yang kurang menyukai olahraga di masa muda mereka, bisa karena faktor malas, capai atau ketidaksukaan pada mata pelajaran tersebut. Namun, olahraga sebaiknya jangan kamu remehkan atau abaikan sebab kegiatan satu ini sangat bermanfaat bagi tubuh dan bisa berpengaruh pada kesehatan di masa depan. Fisik kamu tentu akan lebih kuat dan kamu bisa terhindar dari sait-sakitan di masa tua. Selain mendapat kesehatan, kamu juga bisa sekalian membentuk tubuh atau mempertahankan berat badan ideal.

Untuk olahraganya sendiri, kamu bisa memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan kamu. Ada banyak pilihan yang bisa kamu coba. Sebut saja jogging, kelas gym, kelas bela diri, yoga, pilates, senam, dan lain sebagainya.


Baca Juga: Tak Disangka-Sangka! Inilah 7 Olahraga Bikin Panjang Umur Yang Wajib Kamu Lakukan


Melakukan yang Baik dan Benar

Di masa muda, kamu juga bisa mulai melakukan hal positif yang menurut keyakinan kamu baik dan benar. Cakupannya memang cukup luas dan bisa kamu praktikkan dalam berbagai hal. Salah satu yang cukup sederhana adalah dengan menunjukkan prinsip kamu.

Misal, sebagai pejalan kaki, kamu kerap terintimidasi oleh kendaraan bermotor yang menyerobot trotoar. Ketika tengah berjalan di trotoar dan pemotor memaksa kamu untuk minggir, maka sebaiknya kamu hiraukan saja sebab kamu meyakini bahwa kamu melakukan hal yang benar.

Di era digital ini, aksi kamu bisa saja menarik perhatian orang lain yang kemudian memvideokan dan mengunggah aksi tersebut ke media sosial. Kamu pun kemudian dikenal karena tindakan tepat kamu dan hal ini juga bisa menjadi sarana untuk meningkatkan kesadaran akan hak pejalan kaki.

Catat Hal Penting

Mencatat mungkin bukan favorit banyak orang sebab hal ini terdengar kuno, merepotkan atau bahkan menyita waktu.Tidak jarang, orang-orang juga beranggapan bahwa otak mereka mampu mengingat informasi apapun. Selain itu, banyak orang juga tidak menyadari bahwa mencatat bisa saja  mendatangkan manfaat.

Padahal, kegiatan mencatat, misal to-do list, akan menghindarikan kamu dari insiden kelupaan apalagi dengan agenda yang sudah mepet. Selain bermanfaat, catatan juga bisa menjadi kenangan yang menghibur saat kamu kembal membukanya di masa mendatang.

Temukan Passion-mu

Dalam menyambut Hari Pemuda Internasional, hal positif lain yang bisa mulai kamu lakukan adalah menemukan passion dalam diri kamu. Dalam menemukan passion, sebaiknya hindari ikut-ikutan orang lain atau mencoba menjadi orang sebab kamu bisa saja menyesalinya di kemudian hari.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk menemukan passion-mua adalah mencoba hal-hal yang membuat kamu tertarik, senang dan menunjukkan aura positif dalam diri kamu. Setelah mencoba berbagai banyak hal, cermati apa saja yang bisa kamu optimalkan.

Misalnya, kamu suka memasak. Maka tidak mustahil di masa depan kamu bisa membuka bisnis seperti catering, restoran, kafe, bakery dan semacamnya. Jika kamu suka bahasa, kamu bisa memaksimalkannya dan di masa depan kamu mungkin bisa menjadi seorang penerjemah, interpreter atau bahkan bekerja di pemerintahan hingga kancah internasional seperti PBB.

Di tengah berbagai kegiatan positif yang kamu lakukan, jangan lupa untuk beristirahat dan mengambil jeda agar tubuh dan pikiran tetap fresh. Saat bingung harus ke mana, pintu Bobobox terbuka lebar untuk memberi kamu pengalaman menginap yang asyik dan menyenangkan.

Masalah kenyamanan, tidak perlu kamu ragukan lagi. Interior podnya cukup luas dengan kasur empuk yang dijamin bikin kamu betah. Nggak hanya itu, Bobobox juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti Bluetooth speaker, Wi-Fi, moodlamp, pantry, shared bathroom, musala, communal space hingga vending machine yang siap memenuhi kebutuhan camilan kamu.

Harganya juga terjangkau. Kamu bahkan bisa mendapatkan kesempatan menginap dengan harga promo lewat aplikasi Bobobox! Yuk unduh aplikasinya untuk informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles