Kabar Banten - Pikiran Rakyat

Mau Menato Tubuhmu? Ini Dia Fakta Tato yang Menarik Untuk Diketahui!

Fakta tato berikut ini mengungkapkan berbagai informasi menarik mengenai tato yang unik. Meskipun masih banyak ditentang oleh segelintir orang, saat ini tato dinilaii sebagai salah satu bentuk seni mengekpresikan diri. Tato memiliki sisi sejarah yang panjang hingga bisa berevolusi menjadi tato yang sekarang kita kenal. Ingin tahu informasi lebih lengkap mengenai tato? Simak informasinya berikut ini!

1. Fakta Tato: Memiliki Sejarah Panjang

Menilik catatan arkeologi dan benda-benda peninggalan sejarah, tato faktanya sudah berkembang setidaknya sejak zaman neolitikum. Hal ini dibuktikan dengan penemuan tato pada tubuh mumi ini berupa desain titik dan garis sederhana yang diperkirakan hidup antara 3370 dan 3100 SM.

Selain itu para ilmuwan pun menemukan mumi manusia bertato lainnya di 49 lokasi. Mumi-mumi bertato ini ditemukan diantaranya berada di kawasan Alaska, Mesir, Greenland, Rusia hingga Cina dan Filipina yang berasal dari tahun 2000 SM.

2. Fakta Tato: Mesin Tato Merupakan Inovasi dari Teknologi Terdahulu

Fakta Tato

Hello Sehat

Berbeda dengan alat tato yang saat ini umum digunakan, pada awalnya tato dibuat dengan menggunakan palu, tulang serta cangkang penyu atau tiram. Selain itu ada juga yang membuat tato hanya dengan berbekal jarum dan benang. Saat ini alat tato yang umum digunakan adalah pena listrik yang pertama kali dibuat oleh Samuel O’Reilly pada tahun 1891.

3. Fakta Tato: Proses Pembuatan yang Kompleks

Saat kamu menato tubuh kamu dalam satu menit maka yang terjadi adalah jarum tato akan menusuk kulit sebanyak 50 hingga 3000 kali. Jarum tersebut mampu menembus tubuh sedalam satu milimeter hingga ke lapisan kedua kulit yang dikenal dengan sebutan dermis. Dengan begitu banyaknya tusukan yang dihasilkan tato pun dianggap dan diperlakukan seperti luka terbuka selama 24 hingga 48 jam pertama.

Baca Juga: Apa itu Terapi Seni? Cara Baru Atasi Stres dan Kecemasan

Meskipun demikian krim mati rasa dapat digunakan untuk membantu mengatasi rasa sakit. Namun sayangnya pengaplikasian  krim mati rasa ini dapat mengganggu proses masuknya tinta ke dalam kulit yang berpengaruh pada visualisasi desain. Hal ini dikarenakan krim mati raa dapat membuat kulit membengkak dan berubah bentuk.

4. Fakta Tato: Pemilihan Tinta yang Tidak Boleh Asal

Ada banyak sekali jasa tato yang bisa kamu temukan di berbagai daerah. Satu hal yang penting untuk di[perhatikan sebelum menato tubuh kamu adalah untuk memerhatikan jenis pemilihan tinta yang akan digunakan. Pigmen tato umumnya dibedakan berdasarkan lokasi tatonya. Hal ini dikarenakan bagian tubuh tertentu biasanya memiliki ketahanan yang berbeda dalam menyimpan pigmen, contohnya seperti buku jari, lutut, kaki, dan siku yang merupakan tempat tato lebih cepat memudar.

Fakta Tato

Lifestyle Kompas

Fakta yang perlu kamu ketahui mengenai tato lainnya adalah tinta hitam tato adalah warna yang paling mudah dihilangkan pada proses penghilangan dengan laser. Hal ini dapat terjadi karena tinta hitam menyerap lebih banyak gelombang laser sedangkan tinta hijau dan kuning adalah yang paling sulit untuk dihilangkan.

5. Fakta Tato: Penanda dan Simbol Status Sosial

Faktanya di masa lalu tato merupakan penanda atau simbol status sosial. Tato diambil dari kata tatau, yang merupakan kata dalam bahasa Tahiti memiliki arti menandai. Contohnya di masyarakat Yunani Kuno, mereka menggunakan tato untuk menandai para budak dan penjahat sehingga  mereka mudah diidentifikasi jika melarikan diri. Selain itu yakuza di Jepang juga terkenal dengan tato di tubuh mereka. Berbeda dengan yunani, tato yakuza ini merupakan simbol dari kesetiaan.

Hal ini kemudian membuat tato biasanya mewakili status dan kekuatan mereka di dalam organisasi. Ada juga tato digunakan untuk melambangkan kesuburan dan peremajaan. Tato seperti ini umumnya terlihat pada mumi-mumi wanita di Mesir. Raja Harold II dari Inggris juga memiliki beberapa tato yang digunakan untuk mengidentifikasi tubuhnya setelah Pertempuran Hastings pada 1066.

6. Fakta Tato: Ada yang Diawetkan

Fakytanya ada beberapa orang yang ingin kulit bertatonya diawetkan setelah mereka meninggal. Sebagai contohnya Museum Nasional Australia menyimpan kulit bertato milik Geoff Ostling yang bermotif bunga. Di penjuru dunia yang lain seperti di Museum Mütter di Philadelphia juga menyimpan tato kulit manusia diantara koleksi aneh lainnya.

Dunia Tempo.co

Ada juga segelintir orang yang emnawarkan jasa mengawetkan kulit bertato dari orang-orang yang telah meninggal. Salah satu bisnis ini dilakukan oleh Michael Sherwood dan putranya, Kyle. Bisnis ini tentunya menimbulkan kontroversi. Namun ada juga beberapa orang yang justru menggunakan jasa mereka sebagai salah satu cara mengenang orang yang mereka cintai.

7. Fakta Tato: Hindari Membuat Tato Saat Tidak Enak Badan

Berdasarkan penelitian dari BMJ Case Reports, disebutkan bahwa menato dalam keadaan badan tidak dalam kondisi sehat membuat kulit berisiko terkena infeksi Mycobacterium. Hal ini dapat terjadi karena kadar kortisol yang dikenal juga sebagai hormon stres mengalami peningkatan yang tajam ketika sedang membuat tato. Hormon stres ini muncul sebagai reponn tubuh saat masuknya benda asing ke kulit. Saat tubuh kamu sedang sakit maka sistem kekebalan tubuh tidak kuat untuk melawan respon tersebut.

Baca Juga: Butuh Penyegaran Pikiran dari Kepenatan Hari Senin? Ini Dia Rekomendasi Film Rom-Com 2000an Untuk Ringankan Beban Pikiranmu

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles