fakta uang baru emisi 2022

Simak Fakta-Fakta Uang Baru 2022 yang Baru Diluncurkan BI Berikut Ini!

Bobobox.co.id — Tepat pada 17 Agustus 2022, Bank Indonesia menerbitkan uang baru emisi 2022. Agar tidak keliru, ada baiknya jika kamu mengetahui sejumlah fakta uang baru 2022.

Hal ini bukannya tanpa alasan. Mengetahui beragam fakta tersebut bisa memberikanmu gambaran awal soal uang baru ini. Jadi, kamu tidak akan kaget saat mendapatkannya pertama kali nanti.

Melansir laman finansial.bisnis.com dan kompas.com, simak ulasan lengkap yang Bob rangkum berikut ini. Sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak familiar dengan Uang Kertas Tahun Emisi 2022, ya!

Kumpulan Fakta Uang Baru 2022 yang Baru Dirilis

1. Dirilis pada HUT RI

Fakta uang baru 2022 pertama adalah soal waktu perilisannya. Bank Indonesia sendiri diketahui merilis pecahan Uang Kertas Tahun Emisi 2022 bertepatan dengan HUT RI 2022.

Peluncuran ini dianggap sebagai wujud semangat kebangsaan, nasionalisme, dan kedaulatan bangsa. Hal tersebut selaras dengan tema Hari Kemerdekaan ke-77, yakni Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

sri mulyani umumkan pecahan baru 2022

sumber: news.ddtc.co.id

2. Ada Tujuh Pecahan

Fakta uang baru 2022 selanjutnya berkaitan dengan banyak pecahan yang dikeluarkan. Soal fakta ini, Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono menyampaikannya secara langsung beberapa waktu lalu.

Ia menuturkan bahwa Uang Kertas Tahun Emisi 2022 terdiri dari 7 pecahan uang baru. Ketujuh pecahan tersebut antara lain Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2000, dan Rp1000.


Baca Juga: 3 Fakta Dibalik Cerita Mistis Hotel Sang Ratu Pantai Selatan


3. Gambar Pahlawan pada Uang Baru

Selanjutnya, Uang Kertas Tahun Emisi 2022 tetap mempertahan pahlawan nasional yang ada pada uang sebelumnya. Tak lupa juga, uang tersebut mempertahan tema kebudayaan Indonesia juga.

Pahlawan yang dijadikan gambar utama pada uang pecahan 2022 antara lain Soekarno, Mohammad Hatta, Djuanda Kartawidjaja, G S S J Ratulangi, Frans Kaisiepo, Dr KH Idham Chalid, Mohammad Hoesni Thamrin, dan Tjut Meutia.

fakta uang baru 2022 gambar pahlawan

sumber: kompas.com

4. Tiga Aspek Inovasi Penguatan

Dalam perilisan uang baru, ada beberapa inovasi yang disematkan pada uang yang dikeluarkan pada tahun 2022 ini. Setidaknya, ada tiga aspek inovasi penguatan yang diimplementasikan.

Ketiga inovasi tersebut adalah desain warna yang lebih tajam, unsur pengamanan yang lebih handal, dan juga ketahan bahan uang yang lebih baik dibanding uang keluaran 2016 yang kini masih beredar.


Baca Juga: 10 Fakta Menarik Seputar Masjid Istiqlal


5. Sulit Dipalsukan

Inovasi yang disematkan pada uang baru 2022 dimaksudkan agar uang Rupiah mudah dikenali keasliannya. Tak hanya itu, uang baru 2022 juga diharapkan aman dan nyaman digunakan serta sulit dipalsukan.

Walhasil, uang Rupiah semakin memiliki kualitas yang tingi dan terpercaya. Di samping itu, pemerintah mengharapkan uang tersebut menjadi kebanggaan bersama sebagai simbol kedaulatan tanah air.

fakta uang baru 2022 usung teknologi canggih

sumber: cnbcindonesia.com

6. Uang Lama Tetap Berlaku

Fakta uang baru lainnya berkaitan dengan uang lama 2016. Uang rupiah tersebut masih tetap berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah Indonesia sepanjang belum ditarik dari peredaran.

Biasanya, pergantian uang baru ini memakan waktu sekitar 3-4 tahun. Untuk saat ini, hanya akan ada penyetopan pencetakan uang lama 2016 sehingga uang emisi lama akan semakin berkurang ke depannya.


Baca Juga: 5 Fakta Tentang Bandara Soekarno Hatta, Salah Satu Bandara Tersibuk Di Asia Tenggara!


7. Tempat Penukaran Uang Baru

Fakta uang baru 2022 terakhir adalah soal tempat penukaran uangnya. Jika kamu ingin melakukan penukaran, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkannya.

Beberapa cara tersebut antara lain mengunjungi kantor pusat Bank Indonesia, 46 kantor wilayah BI, lewat aplikasi Pintar, dan perbankan terdekat. Selain itu, kamu juga bisa menukarnya lewat FEBRI.

FEBRI atau Festival Rupiah Berdaulat Indonesia diselenggarakan selama 19-21 Agustus di GOR Basket Indoor, Gelora Bung Karno. Jadi, jangan sampai melewatkan pagelaran ini, ya!

potret kantor Bank Indonesia BI

sumber: aa.com.tr

Menginap dengan Pengalaman Berbeda? Ya di Bobobox

Terkadang, kamu menginginkan pengalaman menginap yang berbeda saat liburan. Rasa bosan dengan hal itu-itu saja menjadi salah satu dari sekian banyak alasan mengapa kamu ingin pengalaman berbeda saat menginap.

Jika hal itu yang kamu mau, datang saja ke Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas-fasilitas keren yang sudah terbukti memberikan banyak orang pengalaman menginap yang tak terlupakan.

Penasaran seperti apa? Unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini untuk pemesanan podnya.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles