@jarosphoto/Unsplash

Jaga Rambut Keritingmu Tetap Sehat dan Menawan dengan Melakukan Langkah-Langkah Perawatan Rambut Keriting Berikut Ini!

Rambut keriting merupakan salah satu jenis rambut yang cenderung kurang kelembapan. Akibatnya, rambut pun mudah kering, kusut dan sulit diatur. Hal tersebut tentunya menjadi hambatan untuk tampil dengan rambut sehat dan menawan. Untuk mengatasi hal tersebut, perawatan rambut keriting berikut ini mungkin bisa menjadi solusi.

Pilih Sampo yang Tepat

Sumber: Rattankun Thongbun via iStockphoto

Karena cenderung kering, perawatan rambut keriting perlu kamu fokuskan pada produk yang bisa membantu menambah kelembapan. Kamu juga perlu menghindari produk yang bisa membuat rambut kering dan lesu. Maka dari itu, pemilihan sampo dan kondisioner perlu menjadi perhatian.

Dalam hal ini, sebaiknya pilih sampo dan kondisioner khusus rambut keriting. Umumnya, produk terbaik untuk perawatan rambut keriting mengandung:

  • Minyak alami atau esensial seperti minyak kelapa, minyak jojoba, minyak alpukat dan minyak bunga matahari
  • Lidah buaya
  • Keratin
  • Shea butter
  • Protein hydrolyzed silk dan hewani
  •  Panthenol dan provitamin
  • Ekstrak tumbuhan

Selain itu, hindarilah sampo yang mengandung detergen. Detergen memang bisa kamu jumpai pada sebagian besar sampo yang beredar di pasaran. Detergen sendiri bertindak sebagai bahan pembersih yang bekerja dengan mengikat kotoran dan sebum. Sayangnya, hal tersebut justru bisa merusak rambut. Agar rambut kamu terhindar dari kerusakan, sebaiknya pilih sampo nondetergen yang biasanya mencantumkan keterangan bebas SLS (sodium lauryl sulfate) di bagian komposisi.


Baca Juga: Jaga Keindahan Dan Kesehatan Rambutmu Dengan Rangkaian Perawatan Rambut Berikut Ini!


Aplikasikan Sampo di Kulit Kepala

Terletak jauh dari kulit kepala, ujung rambut merupakan bagian yang lebih mudah kering dan bercabang. Agar rambut tidak semakin kering, sebaiknya aplikasikan sampo hanya di bagian kulit kepala atau akar rambut. Setelah itu, kamu bisa membersihkan ujung rambut saat membilas sampo dengan air bersih.

Jangan Terlalu Sering Keramas

Keramas setiap hari bukanlah perawatan rambut keriting yang tepat. Meski bertujuan untuk membersihkan kelebihan minyak pada kulit kepala, sampo juga bisa menghilangkan minyak alami rambut dan membuatnya menjadi lebih rapuh dan kering jika kamu menggunakannya setiap hari.

Kamu bisa bereksperimen dengan jadwal keramas untuk menentukan kapan saja waktu terbaik untuk membersihkan rambut. Jadwal keramas sendiri biasanya dilakukan dua atau tiga hari sekali.

Sejumlah kondisi bisa saja memaksa kamu untuk keramas setiap hari. Sebut saja karena faktor paparan polusi, cuaca atau aktivitas berkeringat yang membuat rambut kotor dan berminyak.

Di saat seperti itu, kamu perlu menggunakan sampo ringan dengan kandungan bahan pembersih yang lembut serta bahan conditioning tambahan. Meski begitu, rambut berminyak dan kotor juga tetap memerlukan clarifying shampoo yang lebih kuat setiap seminggu atau dua minggu sekali.


Baca Juga: Ikuti 7 Tips Terbaik Merawat Rambut Berwarna Ini Agar Tetap Lembut Dan Sehat!


Jangan Lupakan Conditioner

Dalam perawatan rambut kering, jangan lupa untuk mengaplikasikan conditioner setiap sehabis keramas. Penggunaan conditioner ini bisa membantu mengunci kelembapan dan mengembalikan kelembutan rambut setelah memakai sampo. Aplikasikanlah conditioner mulai dari batang hingga ujung rambut dan hindari bagian kulit kepala.

Dua Kali Conditioning

Hal berikutnya yang bisa kamu coba adalah penggunaan dua kali conditioner. Jika biasanya kamu mengaplikasikan conditioner setelah keramas dengan sampo, maka dalam perawatan rambut keriting terutama yang sangat kasar, conditioning bisa kamu lakukan dua kali. Dengan kata lain, kamu mengaplikasikan conditioner sebelum dan sesudah menggunakan sampo.

Caranya, basahi rambut seperti biasa lalu aplikasikan conditioner pada rambut. Setelah beberapa menit, bilas kembali rambut dan kamu bisa mulai menggunakan sampo kamu. Selanjutnya, bersihkan sampo dan kembali gunakan conditioner.

Rambut keriting kasar biasanya kehilangan kelembapan dengan cepat. Maka dari itu, penggunaan conditioner sebelum sampo bisa membantu melindungi helaian rambut sehingga sampo tidak akan menghilangkan minyak alami pada rambut.

Air Panas atau Dingin

sumber: skynesher via iStockphoto

Suhu air juga perlu kamu perhatikan dalam perawatan rambut keriting sebab penggunaan air panas biasanya bisa menghilangkan kelembapan pada rambut dan membuatnya mudah kering. Sementara itu, keramas dengan air dingin justru membantu mempertahankan kelembapan dan kekuatan rambut.

Keringkan Rambut dengan Lembut

Kebiasaaan menggosok-gosokkan handuk pada kulit kepala dan helaian rambut bisa membuat rambut rentan patah dan mudah kusut. Karena itu, sebaiknya kamu mulai meninggalkan kebiasaan tersebut. Sebagai gantinya, tekan-tekan handuk pada kulit kepala dan rambut. perawatan rambut keriting satu ini akan membantu menyerap kelebihan air.

Pilih Jenis Sisir atau Brush yang Tepat

Dalam perawatan rambut keriting, kamu juga perlu memperhatikan sisir atau brush (sikat rambut) yang kamu gunakan. Mengingat sifatnya yang rapuh dan mudah kering, rambut keriting bisa mudah patah saat kamu sisir. Agar terhindar dari hal tersebut, kamu bisa mencoba menyisir rambut setelah mengeringkannya dengan handuk.

Selain setelah keramas, kamu juga bisa menyisir saat conditioner masih menempel pada rambut. Perawatan rambut keriting satu ini akan memudahkan kamu menyisir serta memastikan conditioner melapisi semua helaian rambut.

Untuk jenisnya, sebaiknya pilih sisir bergigi renggang sebab sisir tersebut bisa memudahkan kamu mengurai kekusutan. Sementara itu untuk brush, kamu dianjurkan memilih jenis brush berkualitas dengan bulu berbahan alami, bukan dari plastik. Brush berbulu alami bisa membantu menyebarkan minyak alami rambut dari kuli kepala hingga ke ujung rambut.

Pilihan lainnya adalah dengan sama sekali tidak menggunakan sisir ataupun brush, terutama jika rambut kamu termasuk keriting dengan pola elastis. Meski tidak menggunakan sisir, kamu bisa memakai leave-in conditioner setelah keramas lalu menyisirkan jari-jari kamu pada rambut. Sebagai informasi, leave-in conditioner ini merupakan produk conditioner yang bisa kamu gunakan tanpa perlu membilasnya.


Baca Juga: Rekomendasi Jenis Sisir Dengan Manfaat Berbeda Untuk Jenis Rambut


Bagaimana dengan Heat Styling?

Melansir Healthline, para stylist umumnya merekomendasikan pemilik rambut keriting untuk membiarkan rambut kering dengan sendirinya. Pasalnya, penggunaan blow-dryer bisa membuat rambut kusut dan rusak.

Namun, jika kamu memang ingin menggunakan alat tersebut atau sesekali meluruskan rambut dengan alat catok, sebaiknya aplikasikan semprotan pelindung panas (heat protectant spray) atau semacamnya terlebih dahulu. Pilihlah semprotan yang mengandung silikon atau keratin untuk mengunci kutikula dan membuat rambut tahan pada kerusakan akibat panas. Kamu juga bisa menambahkan diffuser attachment untuk membatasi panas yang langsung mengenai rambut kamu.

Posisi Tidur

Posisi tidur juga menjadi pertimbangan dalam perawatan rambut keriting. Tidur telentang biasanya akan memberi beban terlalu berat pada folikel rambut. Akibatnya, rambut pun menjadi kusut, berantakan dan sulit diurai.

Maka dari itu, kamu bisa membungkus kepala kamu dengan hair bonnet atau headscarf sehingga rambut terlindungi saat tidur. Selain itu, kamu juga bisa memilih untuk tidur dengan posisi tengkurap atau menyamping agar rambut tidak tertimpa oleh berat tubuh kamu.

Penggunaan Hair Mask hingga Minyak Esensial

Untuk menjaga kelembapan dan menjinakkan rambut, kamu bisa menambahkan hair mask, leave-in conditioner atau minyak esensial pada perawatan rambut keriting sebelum tidur. Jika ingin mencoba hair mask, kamu tidak perlu pusing dengan bahan-bahannya. Cukup gunakan bahan dapur untuk kamu aplikasikan sebelum tidur lalu cuci keesokan harinya.

Beberapa bahan dapur yang dapat menambah kelembapan pada rambut adalah madu, minyak kelapa, pisang, dan alpukat. Jika rambut kamu terlampau kering, hair mask sebaiknya kamu rutinkan setiap satu atau dua kali seminggu.

Sementara itu, minyak esensial yang cocok kamu pakai semalaman dan bisa menghidrasi rambut meliputi minyak:

  • Kelapa
  • Zaitun
  • Alpukat
  • Jojoba
  • Argan
  • Castor
  • Grapeseed

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan leave-in conditioner yang mengandung keratin sebelum tidur. Perawatan rambut keriting satu ini bisia membantu meluruskan rambut yang rusak dan memudahkan kamu menata rambut keesokan harinya.

Usir Penatmu di Bobobox!

bobobox luas

Selain dengan perawatan rambut keriting, kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan serta tingkat stres kamu. Konsumsilah makanan yang dapat menyehatkan rambut dan lakukanlah hal-hal yang bisa membantu menghilangkan penat kamu. Salah satunya adalah dengan berlibur dan memanjakan diri agar kamu tetap merasa bahagia.

Masalah akomodasi, serahkan saja pada Bobobox! Selain menawarkan harga yang terjangkau, hotel kapsul satu ini memang dirancang demi kenyemanan pengunjung. Kamu bisa menikmati fasilitas moodlamp yang tersedia untuk memastikan kualias tidur tetap terjaga.

Moodlamp ini menyediakan banyak pilihan warna cahaya yang bisa kamu ubah sesuai dengan suasana hati kamu, dari remang hingga terang. Selain itu, fitur satu ini juga bisa menambahkan nilai estetik di dalam pod sehingga kamu bisa mengubah suasana di dalam seperti studio foto dadakan. Yuk unduh dulu aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles