Apa itu Matriks Eishenhwoer

Tingkatkan Produktivitas: Pelajari Apa itu Matriks Eisenhower Berikut Ini!

Apa itu matriks Eisenhower? Matriks ini diciptakan untuk membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan kita. Apakah kamu pernah merasa kamu tidak produktif dalam bekerja? Seiring berjalannya waktu, beberapa tugas yang kamu abaikan akan semakin bertambah. Hal ini kemudian membuat kamu semakin sulit menjaga komitmen atas produktivitas tersebut. Lalu bagimana matriks Einsenhower dapat membantu kamu dalam masalah ini?

Apa itu Matriks Eisenhower: Memahami Matriks Eisenhower

Matriks Eisenhower dikenal juga dengan istilah kotak Eisenhower atau matriks penting dan matriks prioritas. Matriks Eisenhower adalah kerangka kerja sederhana yang digunakan untuk membantu memprioritaskan tugas-tugas dan mengelola beban kerja. Matriks ini diambil dari seseorang bernama Dwight D. Eisenhower.

Ia merupakan seorang jenderal bintang lima dan presiden Amerika Serikat yang ke-34. Ia kemudian menciptakan matriks Eisenhower yang menitikberatkan pada evaluasi tugas-tugas sesuai hal yang mendesak dan penting. Diharapkan dengan penggunaan matriks ini kita dapat lebih mudah mengelola waktu dan pekerjaan kita secara tepat waktu dengan kualitas yang terjaga.

Apa itu Matriks Eisenhower: Bagaimana Cara Kerja Kotak Eisenhower?

Apa itu Matriks Eishenhwoer

@zeniuseducation

Baiik itu unuk kebutuhan bisnis maupun kebutuhan individual, kamu bsia gunakan matriks Eisenhower ini  untuk merencanakan, mendelegasikan, memprioritaskan, dan menjadwalkan tugas harian atau mingguan. Kamu bisa mulai dengan menetapkan tugas ke salah satu dari empat kuadran di bawah ini. Dnegan begitu kamu bisa menentukan seberapa mendesak tugas itu dan mengupayakan penanganannya dengan benar:

  • Kuadran Pertama: Di kotak yang satu ini kamu bisa tulis dafatr berbagai pekerjaan yang sifatnya mendesak dan penting. Tugas-tugas di kuadran petama ini merupakan jenis tugas yang harus diselesaikan dengan segera atau tugas-tugas yang harus didahulukan. Tugas ini sangat penting untuk ditangani sesegera mungkin dan biasanya permintaan atas tugas ini muncul di menit-menit akhir karena situasi yang tidak diperkirakan. Contoh tugas di kuadran pertama ini diantaranya adalah mengambil alih pekerjaan proyek karena rekan kerja yang sakit..
  • Kuadran Kedua: Jenis tugas di kuadran ini bersifat penting namun juga tidak mendesak. Dengan kata lain, tugas-tugas yang dijadwalkan di kuadran ini bisa dikerjakan belakangan. Salah satu contoh tugas untuk kuadran ini adalah mencapai kualifikasi profesional atau merencanakan target bisnis jangka panjang, seperti pengurangan anggaran.
  • Kuadran Ketiga: Di kuadran ini kamu bisa menuliskan daftar tugas-tugas yang bersifat mendesak tetapi tidak penting. Jenis tugas-tugas ini umumnya dapat didelegasikan kepada orang lain. Meskipun sebenarnya tugas-tugas ini perlu diselesaikan dengan segera namun tugas-tugas ini mungkin tidak cukup penting untuk menyita perhatian kamu. Pada akhirnya tugas-tugas ini bisa didelegasikan kepada anggota tim yang lain. Contoh dari tugas di kuadran ini diantaranya adalah pekerjaan rutin, atau rapat/panggilan telepon yang terlalu lama dan tanpa tujuan yang jelas.
  • Kuadran Keempat: Kuadran terakhir ini memuat beberapa tugas-tugas yang bersifat tidak mendesak dan tidak penting. Jenis tugas-tugas ini yang perlu dihilangkan karena bersifat gangguan dan sebisa mungkin harus dihindari. Kamu cukup perlu mengabaikan atau membatalkan tugas-tugas seperti ini. Contoh tugas kuadran keempat ini adalah aktivitas sosial atau rehat teh/kopi yang terlalu lama.

Baca Juga: Ingin Lebih Produktif? Ubah Pola Pikir dan Kebiasaan-Kebiasaan Berikut


Apa itu Matriks Eisenhower: Bagaiman Cara Mengatur Prioritas?

Sebenarnya tidak ada rumus khusus bagi kamu dalam menentukan perbedaan antara hal yang mendesak (urgency) dan penting (important) saat kamu akan membuat matriks Eisenhower. Pada dasarnya tugas-tugas mendesak tidak bisa dihindari dan harus mendapatkan perhatian segera.

 

@Depositphotos

Di sisi lain ada juga tugas penting yang membutuhkan perencanaan ekstra dan berkontribusi pada tujuan jangka panjang. Bedakan dua jenis pekerjaan ini dan kamu bisa mulai menyelesaikannya sesuai urutan.

Apa itu Matriks Eisenhower: Apa Kelebihan dari Eisenhower Matrix?

Matriks Eisenhower dikenal dengankemudahan implementasinya. Kamu tidak perlu membeli paket software yang mahal dan kamu juga tidak perlu mengeluarkan waktu banyak untuk membuat matriks ini.

Apa itu Matriks Eisenhower: Apa Kekurangan dari Matriks Eisenhower ?

Terdapat beberapa kekurangan dari penggunaan matriks Eisenhower ini. Salah satu kekurangan yang paling signifikan adalah sulitnya bagi kamu untuk menentukan tingkat pentingnya sebuah tugas secara akurat. Hal ini pada akhirnya membuat kamu cenderung akan mendelegasikan tugas kepada sumber daya yang salah dan mengalami penurunan kualitas. Kamu juga harus ingat bahwa bertindak segera tidak selalu mungkin dilakukan saat kamumenangani aktivitas yang mendesak.

Oleh karena itu, kurangnya pengetahuan mengenai pekerjaan yang akan diselesaikan, terbatasnya waktu dan birokrasi, atau beberapa tugas mendesak/penting dapat membuatnya menjadi tidak mungkin diselesaikan. Hal ini kemudian membuat matriks Eisenhower atau matriks prioritas menjadi sedikit kurang efektif dalam urusan pengambilan keputusan dan manajemen waktu.

Apa itu Matriks Eisenhower: Bagaimana Cara Menggunakan Kotak Eisenhower?

@Imprint Design & Media

Dengan memanfaatkan matriks mendesak/penting maka hal ini bisa jadi titik awal terbaik untuk manajemen pekerjaan dan proyek kamu. Setelah kamu menetapkan tugas pada kuadran yang tepat, kamu bisa mulai mengatur proses manajemen waktu untuk membantu kamu menangani aktivitas penting dengan tepat waktu. Tak kalah penting dari ini, kamu juga bisa mempertimbangkan perpaduan kotak Eisenhower dengan pendekatan manajemen waktu lainnya untuk hasil yang lebih baik.


Baca Juga: Mengambil Tahun Jeda Sebelum Kuliah? Ini Dia Kegiatan Gap Year Produktif yang Bisa Kamu Lakukan


Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles