danau di pangalengan

7 Danau di Pangalengan yang Indah dan Asri, Cocok untuk Healing

Pangalengan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung yang terletak di selatan Kota Bandung.

Selain terkenal sebagai penghasil susu dan wisata perkebunannya, kawasan ini juga memiliki sejumlah danau indah yang bisa menjadi pilihan wisata saat penat melanda.

Sebagai wilayah bekas danau purba, tidak mengherankan jika kawasan Bandung Raya, termasuk Pangalengan, menyuguhkan banyak danau indah.

Pangalengan sendiri setidaknya memiliki tujuh danau, baik alami maupun buatan, dengan panorama indah yang memanjakan mata.

Yuk, simak ketujuh danau di Pangalengan tersebut berikut ini!

7 Danau di Pangalengan

1. Situ Cileunca

Situ Cileunca

Sumber: @saragih_erick via Instagram

Jam buka: 07.00–17.00

Harga tiket: Rp6.000

Situ Cileunca merupakan sebuah danau buatan yang memiliki luas sekitar 1.400 hektar.

Berdiri di ketinggian 1.550 mdpl, Situ Cileunca memang menyuguhkan kesejukan udara dan pemandangan alam hijau. Lanskap ini seolah menawarkan ketenangan dan kedamaian pada para pengunjung.

Di samping itu, kamu juga akan dimanjakan dengan hamparan air berwarna biru jernih yang akan membuat tubuh semakin rileks.

Selama berada di sana, kamu bisa menikmati berbagai kegiatan menarik, baik di darat maupun di air. Beberapa di antaranya adalah:

    • arung jeram
  • river tubing
  • lake tour
  • paintball
  • flying fox
  • offroad land rover
    • panahan
  • fun games
    • wisata berkebun
  • team building
    • berkuda
  • camping

Kalau kamu tidak suka aktivitas outdoor, kamu bisa bersantai sambil mencicipi berbagai makanan yang dijajakan banyak warung di sini.

Baca Juga: Intip Keindahan Hutan Pinus Rahong yang Segar dan Asri!

2. Situ Cipanunjang

Situ Cipanunjang

Sumber: @saragih_erick via Instagram

Situ Cipanunjang adalah danau kedua terbesar di Pangalengan setelah Situ Cileunca, Lokasinya juga tidak begitu jauh dari Situ Cileunca dengan posisi 100 meter lebih tinggi dari danau tersebut.

Nama Cipanunjang sendiri berarti penyokong atau penunjung. Ini sesuai dengan fungsinya sebagai cadangan air masyarakat sekaligus lahan untuk budidaya ikan.

Dengan suasananya yang masih asri dan alami, danau ini bisa menjadi pilihan untuk merilekskan tubuh dan pikiran.

Para pengunjung biasanya datang ke area DAM Cipanunjang tanpa dipungut biaya, alias gratis, dengan jam buka 24 jam.

Selain sekadar berkunjung sambil menikmati dan memotret keindahan alamnya, kamu juga memiliki pilihan untuk bermalam di camping ground yang tersedia di sana.

Jika kamu ingin berkemah di Pulau Nusa Manona, pulau kecil di tengah danau Cipanunjang, berikut adalah rincian biayanya:

  • Rp20.000: piknik (sudah termasuk tiket, akses perahu, dan pelampung)
  • Rp60.000: tiket masuk, akses perahu pulang pergi, tetapi tenda dan perlengkapan bawa sendiri
  • Rp650.000 per 4 orang: tiket masuk, tenda kapasitas empat orang, sleeping bag dan matras, kasur dan bantal, dan akses perahu pulang pergi

Baca Juga: 5 Belantara Hutan Pinus Bandung untuk Agenda Trip Kamu Berikutnya

3. Situ Gede Pangalengan

Situ Gede Pangalengan

Sumber: Asmar Ayung via Google Maps

 

Situ Gede Pangalengan merupakan salah satu danau kecil yang akan kamu jumpai di Kecamatan Pangalengan. Danau satu ini merupakan buatan manusia untuk keperluan pertanian dan perikanan.

Meski begitu, pemandangan alam yang tersaji di Situ Gede Pangalengan tetap indah karena suasananya masih asri dan alami. Kamu akan menjumpai perpaduan hamparan air, kebun teh, pepohonan hijau, dan pegunungan di kejauhan.

Jika dibandingkan dengan Situ Cileunca, Situ Gede memang tidak begitu populer. Namun, kini kawasan sekitar danau sudah mulai dikelola oleh pemerintah untuk meningkatkan tarif hidup masyarakat sekitar.

4. Situ Cicoledas

Situ Cicoledas

Sumber: @hendramessa via Instagram

Tak jauh dari Situ Gede, kamu akan menjumpai danau kecil di Pangalengan lainnya bernama Situ Cicoledas.

Terletak di area perkebunan teh PTPN VIII Nusantara, danau satu ini berada di tengah kebun teh dan hamparan rumput hijau yang estetik abis, apalagi saat kabut sedang turun.

Selain itu, tempat ini juga menyediakan beberapa spot foto menarik, seperti jembatan kayu dan garud pandang di pinggir danau.

Sayangnya, kondisi fasilitas tersebut mulai rapuh dan terbengkalai karena minimnya perawatan dari pihak pengelola.

5. Situ Gayonggong

Situ Gayonggong

Sumber: @situ_gayonggong via Instagram

Situ Gayonggong merupakan danau pecahan dari Situ Cileunca. Meski tidak sepopuler Cileunca, danau di Pangalengan ini juga menyuguhkan berbagai keseruan yang sayang dilewatkan.

Selain menyuguhkan pemandangan danau yang berpadu dengan pepohonan hijau di sekitarnya, tempat wisata ini juga menyediakan:

  • area untuk berkemah di pinggir danau
  • wisata air (seperti kano dan perahu rakit dari bambu)
  • tempat berfoto dengan konsep sunrise dan danau
  • dan wahana menarik lainnya (seperti paintball, arung jeram dan flying fox)

6. Situ Cukul

Situ Cukul

Sumber: @arsalbahtiar via Instagram

Situ Cukul merupakan danau kecil yang berlokasi di tepian jalan di dalam area Perkebunan Teh Cukul.

Salah satu pemandangan epik saat berkunjung ke Situ Cukul adalah perpaduan antara latar danau, kebun teh yang berbukit, dan vila Jerman di atasnya.

Karena bukan termasuk tempat wisata yang dikelola pemerintah maupun pribadi, akses jalan menuju Situ Cukul terbilang kecil dan tidak ada ruang untuk parkir.

Jika membawa kendaraan roda dua, kamu bisa memarkirnya di bahu jalan atau membawanya masuk melalui jalanan kecil menuju perkebunan teh.

Perlu diingat, kamu tidak diperkenankan mendekat ke area vila. Kamu cukup berkeliling saja di sekitar danau sambil menikmati dan mengabadikan keindahannya lewat kamera.

7. Situ Datar

Situ Datar

Sumber: @sandiwahyudi97 via Instagram

Situ Datar merupakan danau alami kecil yang berlokasi di tengah Perkebunan Teh Pasir Malang, Pangalengan.

Mulanya, pemerintah memanfaatkan Situ Datar sebagai lahan memancing serta sumber air untuk keperluan mencuci bagi warga setempat.

Namun, kawasan sekitar danau ini kini telah beralih fungsi menjadi tempat wisata sekaligus camping ground yang digandrungi banyak pengunjung.

Jika kamu hanya datang untuk menikmati keindahan danau tanpa berkemah, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp10.000.

Namun, bagi yang hendak berkemah, tiketnya sebesar Rp25.000 per orang dengan tambahan sewa lokasi Rp25.000.

Selain itu, ada juga biaya parkir sebesar Rp10.000 untuk motor dan Rp25.000 untuk mobil.

Perlu diingat, meski Situ Datar terbilang dangkal dengan kedalam delapan meter, para pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang.

Sebagai gantinya, kamu bisa menikmati aneka kegiatan yang tersedia di sana, seperti berfoto, bersantai, memancing ikan, atau untuk bermain sepeda air, rakit, serta perahu dengan membayar sekitar Rp25.000 per tiga orang untuk durasi tiga menit.

Baca Juga: 7 Spot Wisata Murah Meriah di Bandung: Alun Alun Bandung sampai Taman Hutan Raya!

Tubuh Lelah Setelah Berwisata di Pangalengan? Recharge Energi di Bobocabin Saja!

bobobox aja

Sebagai kawasan wisata populer, Pangalengan menyediakan berbagai macam penginapan untuk recharge energi setelah seharian berjalan-jalan. Salah satunya adalah Bobocabin

Bobocabin siap menemani tidurmu di tengah sejuk serta tenangnya alam dalam balutan teknologi canggih. Liburan di tengah alam akan terasa mudah, aman dan menyenangkan.

Agar keseruan semain lengkap, Bobocabin juga dilengkapi fasilitas campfire & barbeque.

Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobocabin Bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles